Friday, February 24, 2012

AYO MULAI BISNIS PERTAMA ANDA. BAGIAN-1

Salam wirausaha sahabat semua, terutama sahabat-sahabat muda yang bercita-cita menjadi Entrepreneurs, semoga tulisan saya kali ini bisa menjadi ice breaking untuk sahabat semua memulai bisnis pertama anda sebagai tahapan paling penting menapaki kesuksesan menjadi Entrepreneurs. 
Sahabat yang masih sekolah, kuliah, belum bekerja atau pegawai yang masih bingung bisnis apa yang pertama akan dijalankan, berikut ini beberapa bisnis yang bisa dijalankan, selamat menyimak:
Basic bisnis pertama saya paling mudah dijalankan oleh pemula sekalipun dan menjadi pondasi semua bisnis di segala bidang adalah TRADING, seperti tulisan saya sebelumnya tentang  Sukses Bisnis Cara Muhammad SAW,  bisnis beliau adalah Trading. Kenapa Trading? menurut analisis saya ini alasannya?
  1. Muara dari seluruh bisnis apapun adalah Penjualan/Trading, sebagus-bagusnya produk yang kita produksi tapi bila tidak bisa menjual tidak ada artinya.
  2. Trading adalah bisnis yang langsung berhubungan dengan customer/pembeli yang menjadi sumber pendapatan, sehingga kita terlatih mengelola keuangan.
  3. Trading adalah bisnis yang berhubungan langsung dengan produsen/supplier yang memasok product yang akan kita jual, sehingga kita bisa belajar selak beluk dunia produksi dan supplier.
  4. Karena bisnis Trading berhubungan langsung dengan customer, maka kualitas pelayanan dan kepuasaan customer memegang kunci sukses tidaknya bisnis ini, sehingga kita di tuntut belajar bagaimana melayani konsumen dengan baik.
Baik, mari kita mulai bisnis trading apa saja yang bisa kita jalankan, saya selalu memulai bisnis Trading berdasarkan produk kebutuhan pokok manusia. Alasan saya sederhana, bisnis berbasis kebutuhan pokok manusia sangat mudah dijual dengan konsumen yang sangat banyak dan Insya Allah pasti laku.


Cullinary Trading
Bisnis Trading Kuliner pertama yang pernah saya jalankan adalah Jualan Pisang Molen, saat usia saya 9 tahun, didesak kebutuhan keluarga, saya mengambil makanan ringan berupa pisang molen yang terkenal saat itu. Dengan berkeliling ke rumah-rumah dan tempat keramaian, saya berhasil menjual 50-100 biji pisang molen. Dengan keuntungan sekitar 20% an, alhamdulillah penghasilan harian dari berjualan Pisang Molen tersebut cukup membantu keuangan orang tua saat itu.
Kunci sukses bisnis Trading Kuliner adalah:
  • Cari produk makanan/minuman yang paling digemari, saya pilih makanan berbahan pisang karena digemari hampir seluruh golongan masyarakat, pembeli saat itu mulai dari penghuni rumah gedongan sampai abang tukang becak.
  • Lokasi berjualan yang tepat, yaitu tempat berkumpul banyak orang sehingga produk kita mudah terlihat dan terjual.    


Clothing Trading
Memasuki masa SMA sekitar tahun 1990 an dimana dunia "narsis" anak-anak muda melanda, saya memilih memanfaatkannya dengan berjualan pakaian, kebetulan dengan seringnya saya jualan berkeliling, saya kenal dengan banyak pengrajin/produsen pakaian di kota Bandung. Maka dengan manfaatkan kemampuan menggambar seorang teman, saya bikin produk pakaian untuk komunitas teman-teman sekolah seperti T-Shirt, jaket, Topi dan product Clothing lainnya. Alhamdulillah dengan keuntungan sekitar 30% an, penghasilan dari bisnis clothing saat itu sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan sekolah saya dan membantu orang tua.
Alhamdulillah walau sempat vacum beberapa tahun karena saya jadi pegawai, selepas resign, bisnis Trading Clothing ini saya hidupkan dan terus di kembangkan sampai dengan saat ini. Alhamdulillah para seniman design grafis dan penjahit handal menjadi andalan saya untuk melayani pesanan ribuan T-Shirt, celana Jeans, Jacket atau Topi perbulannya. Apakah para designer dan penjahit tersebut adalah karyawan saya? jawabannya bukan, saya hanya memiliki 2 orang karyawan marketing dan staf administrasi untuk menghandle ribuan pieces order clothing, kok bisa? insya Allah di tulisan lain akan saya jelaskan.

Kunci Sukses Bisnis Clothing Trading:
  • Rajinlah bersilaturahim untuk memperluas link customer product clothing kita.
  • Focuslah pada design, mode & kreativitas, karena itulah nyawa dari bisnis Clothing.
  • Cari dan kerjasama dengan penjahit/produsen terbaik dan amanah di sentra-sentra produksi sehingga selain murah harganya kualitas juga bisa terjaga.


Bersambung.........

Hormat Saya

Budi Cahyadi   

Thursday, February 23, 2012

INGIN SUKSES BISNIS? TIDAK ADA PILIHAN, IKUTI MUHAMMAD SAW

Saat korupsi, kebohongan, kecurangan, kekerasan yang "menggila" di semua aspek kehidupan di Indonesia dimana saya menyebutnya dengan istilah Premanisme, banyak yang berpendapat bahwa inilah puncak kesulitan kehidupan khususnya di Indonesia. Hanya yang kuat yang akan suskses dan bertahan.
Tidak heran premanisme merajai Indonesia di segala bidang. Premanisme tidak hanya terlihat dengan banyaknya tawuran dan kekerasan yang terkesan di biarkan, pembunuhan menjadi sangat biasa dan nyawa begitu murah.
Premanisme juga terlihat jelas terang benderang dalam urusan bisnis. Lihat saja dengan "tenang dan tersenyum" para pelaku jual beli proyek pemerintah mulai dari pejabat sampai pengusaha yang memperebutkan "Permen" ibarat anak kecil dan seolah-olah tindakannya "wajar dan benar" padahal dananya berasal dari APBN yang seharusnya untuk kesejahteraan rakyat, Naudzubillah.


Godaan premanisme bisnis memang dahsyat, seperti pernah saya alami saat saya "di tantang" untuk me-Revitalisasi dan menghidupkan sebuah Mall tua di Bandung, dengan ringan mereka meminta saya mark up harga. Saya hanya terdiam, lalu BBM Dirutnya begini "Pak, saya mundur dari proyek kalo ada mark up dan sebagainya, karena saya orangya penakut, bukan takut sama KPK tapi takut sama Allah" yang bikin heboh di instansi tersebut. Tapi Allah memang maha adil karena perusahaan saya yang menyusun konsep dan design, maka rizki Allah tidak akan tertukar.


Pendapat saya berikut ini mungkin akan di bilang aneh oleh banyak pebisnis, tapi saya berpendapat sebaliknya yaitu "JADILAH KITA PEBISNIS JUJUR SECARA TOTAL" saya yakin 1000% Allah akan menangkan Pebisnis Jujur justru di saat kondisi Premanisme Bisnis merajalela, ini logika dan sejarahnya.


Muhammad Saw adalah Pebisnis Paling Sukses dengan Modal Jujur
Dengan lantang saya katakan bahwa Pebisnis paling jujur yang pernah ada dan satu-satunya di muka bumi adalah Muhammad Saw, saya tidak menyebut Nabi atau Rosulullah, karena setelah Muhammad SAW diangkat menjadi Nabi, beliau total meninggalkan bisnis untuk berdakwah menyebarkan agama Islam.
Sejak usia kecil Muhammad SAW sudah terlatih bisnis dengan menjadi pengembala ternak di bimbing sang Kakek Abdul Mutholib. Masuk usia remaja sepeninggal sang Kakek beliau tinggal dengan seorang pebisnis ulung di masa itu yaitu sang Paman Abu Tholib yang mengajak Muhammad SAW merantau keluar kota mekah untuk menjadi pebisnis paling sukses dalam sejarah Islam.


Apa yang menjadi modal Muhammad SAW sukses berbinis sampai mencapai puncak karir menjadi CEO dari Khadijah Trading Corporation, sebuah korposari bisnis milik Khadijah binti Khwalid seorang wanita terhormat sekaligus pengusaha paling kaya dan sukses dalam sejarah Islam yang di gelari wanita bertangan Emas, karena setiap bisnis yang dijalankannya senantiasa sukses dan menguntungkan. (istilah keren Khadijah Trading Corporation adalah karangan saya saja hehehe)


Modal utama Muhammad menjadi pebisnis sukses adalah Trusteed Person sampai beliau di gelari Al Amin atau manusia terpercaya. Kenapa beliau digelari Al Amin? karena saat itu adalah zaman jahilillah (kegelapan) dimana tokoh yang jujur dan dapat dipercaya sangatlah langka. Maka bila kita persamakan kondisi Premanisme saat ini sebagai kembalinya zaman jahilillah di era modern, maka MENJADI TRUSTEED PERSON ADALAH MODAL TERBAIK UNTUK PEBISNIS SUKSES, dengan mengikuti jejak Muhammad Saw, karena kejujuran saat ini ibarat barang langka nan bernilai mahal yang di perebutkan orang.


Bagaimana caranya? mudah saja ikuti ahlaq Muhammad SAW berikut dalam berbisnis:

  1. Muhammad SAW, adalah manusia paling beriman yg ada di muka bumi, IMAN yang menjaga beliau YAKIN bisnis jujur yang beliau jalankan akan sukses. 
  2. Muhammad SAW jujur dan terbuka atas produk yang di jual, baik kualitas apalagi takarannya. Beliau pisahkan dan jelaskan bila ada produk yang kualitasnya kurang baik atau rusak.
  3. Muhammad SAW melayani customer dengan hati karena bagi beliau customer ibarat saudaranya sendiri, bila konsumen puas maka beliaupun puas. (Customer Satitsfaction).
  4. Muhammad SAW mengambil keuntungan secara wajar, karena bagi beliau keuntungan bukan hanya hak penjual tapi juga pembeli yang mendapatkan produk terbaik dengan harga yang pantas.
  5. Muhammad SAW terbuka dalam harga, kadang bila ada customer yang gigih menawar, beliau tetap sabar dan dengan besar hati beliau sebutkan harga modalnya dan menyerahkan profitnya kepada customer. Suhnanallah. Allahuma Sholi Ala Muhammad.
Ketinggian ahlaq dalam bisnis inilah yang menjadikan Muhammad muda menjadi "Trending Topic" ke seantero jazirah Arab sehingga setiap beliau berbisnis selalu sukses dan dirindukan oleh pelanggan. Ketinggian ahlaq ini juga yang menarik kepenasaran Khadijah hingga mempercayaan penuh kepada Muhammad SAW untuk mengelola bisnis konglomerasi miliknya sampai mendapat kesuksesan yang luar biasa, hingga menarik hatinya dan akhirnya Allah mepersatukan mereka menjadi suami istri Pasangan Agung yang pernah ada di muka bumi.

Jadi buat saya pribadi tidak ada pilihan bila ingin sukses berbisnis, apakah anda seorang Muslim atau non Muslim, Trusteed Person adalah modal utama kita dalam ikhtiar mengapai sukses bebisnis. Mari sahabat! walau memegang idealisme dan berlaku jujur di era godaan dahsyat dunia saat ini ibarat memegang bara api, tapi wajib kita ikhtiarkan.

Salam Semangat, sukses untuk sahabat semua.

Hormat Saya

Budi Cahyadi

Tuesday, February 14, 2012

CIBALUNG HAPPYLAND SEBUAH TOTALITAS

Tahun 2009 alhamdulillah saya dipercaya  untuk membangun sebuah lahan seluas + 8HA yang berlokasi di desa Cibalung Kec. Caringin Kab. Bogor Jawa Barat. Sebuah lahan tidur tidak produktif tapi menyimpan sebuah potensi yang sangat luar biasa yaitu keindahan alami, lahan berbukit/berkontur, air mengalir dimana-mana dan di tengah lahan mengalir sungai yang cukup besar, lokasi ini sangat cocok untuk sebuah wahana wisata alam yang eksotis.


Anakku Syuhada saat main di sungai Cibalung saat survey ke-1 
"Untuk apa lahan ini pak?" tanya saya kepada pihak pemilik. 
"Justru kami mengajak pak Budi supaya mikirin kira-kira lahan ini cocok dijadikan apa". jawab mereka.
Lalu saya usulkan lahan yang luar biasa ini dijadikan wahana wisata alam sejalan hoby saya traveling ke lokasi-lokasi sejenis hehehe.
Singkat cerita konsep dan proposal saya disetujui, sekaligus di tunjuk menjadi pimpinan proyek untuk merealisasikan pembangunan wahana wisata alam tersebut.
Walau saya bukan Arsitek, pengalaman belasan tahun di bank dengan manajemen yang komplek, sangat membantu dalam membangun manajemen konstruksi yang solid. Saya kumpulkan sabahat-sahabat muda yang energik dan kompeten dikombinasikan dengan SDM senior yang berpengalaman dan bijak sehingga figur saya terwakili di lokasi terutama menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar. Semoga Allah merahmati Pak Tatang Supardi, Ust. Ali Fikri, Kang Agus Baryadi, Uda Rifki, Iqbal, Ahmed, Uda Dendi dll yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu. 
Total satu tahun saya membangun lahan tersebut dari bulan Juni 2009 s.d Juni 2010, alhamdulillah lebih dari 200 orang tenaga kerja saya rekrut, dimana lebih dari 95% adalah tenaga lokal sehingga pemberdayaan masyarakat optimal terjadi. Dari pengalaman membangun objek wisata Cibalung inilah saya "Nekat" terjun menseriusi bisnis Property, Insya Allah mohon doanya.


Selain membangun fisik, saya di amanahi juga untuk membangun perusahaan pengelola dengan mengakuisisi sebuah perseroan yang bernama PT. IUQ yang berkantor pusat di Depok sekaligus menjadi kantor pusat dan kantor pemasaran.
Karyawan pengelola perusahaan mulai dari level manager sampai dengan pencabut rumput di rekrut, lalu diberikan training untuk menjadi SDM pengelola wahana wisata dan resort yang handal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu. Silahkan kilik www.cibalunghappyland.co.id untuk melihat apa yang telah kami bangun dan kerjakan disana.


Satu pertanyaan dari owner yg menantang saat proposal diajukan adalah "Apa ada konsumen yg mau datang ke Cibalung?" Pertanyaan meragukan tersebut wajar, melihat lokasi yang sangat terpencil dan jalan menuju lokasi kecil dan berkelok. Dengan yakin saya jawab "Insya Allah pak saya beberapa kali mengunjungi tempat wisata yang lebih terpencil dari Cibalung tapi ramai, tinggal bagaimana kita membangun aktivitas promosi dan team marketing yang solid untuk mengenalkan objek wisata Cibalung ke masyarakat luas. Maka aspek marketing menjadi salah satu focus saya di awal membangun perusahaan pengelola objek wisata Cibalung. 
Wahana wisata alam yang akhirnya saya beri nama Cibalung Happy Land, resmi beroperasi tanggal 25 Desember 2009 untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengunjung yang ingin menikmati indahnya alam beserta serunya aneka games outbond yang menantang adrenalin sekaligus mendidik. Sebuah wahana wisata yang sangat cocok menjadi pilihan sahabat-sahabat yang penat beraktivitas di kota untuk mendapatkan nuansa alam dan pedesaan yang alami.


Selain wahana alam yang dibangun, berbagai games outbond yang memacu adrenalin dan edukatif, resort tempat menginapun di bangun untuk memanjakan pengunjung. Tidak ketinggalan wisata kuliner pun di siapkan untuk melayani para pengunjung yang pasti "kelaparan" sehabis beraktivitas di Cibalung Happy Land.


Salah satu produk andalan yang kami ciptakan dan menjadi andalan sampai dengan saat ini adalah "Hotel Camp" yaitu aktivitas menginap untuk para pengunjung tapi bukan di resort atau kamar, tapi di dalam tenda alam terbuka dengan fasilitas yang nyaman dan bersih memberikan pengalaman yang berbeda bagi penikmat wisata dan travelling.
Sesuai komitment kepada owner, Juni 2010 setelah menyelesaikan pembangunan sekaligus mendirikan dan memandu perusahaan pengelola wahana wisata, saya pamit mundur untuk kembali mencari tantangan baru untuk memberikan konstribusi terbaik bagi ummat ini. Alhamdulillah saham saya pengganti upah sebagai konseptor, pimpro sekaligus CEO Cibalung Happy Land saya serahkan semua kepada Allah untuk kemaslahatan semua pihak dan masyarakat yang terlibat di dalamnya... semoga bermanfaat dan barokah.
Berikut beberapa dokumentasi proses pembangunan dan hasilnya yang cukup membuat hati ini kembali semangat mengingat indahnya masa perjuangan setahun membangun Cibalung Happy Land tanpa kenal lelah walau hujan, panas, dinginnya tengah malam, kurang tidur dsb, semoga menginspirasi.





Bagi sahabat yang memerlukan konsultasi dan contoh proposal lengkap dan step by step pembangunan wahana wisata alam seperti Cibalung Happy Land silahkan email ke bucah.sherish@yahoo.com atau add pin BB 22E2FC96.


Salam Semangat Luar Biasa


Budi Cahyadi

Friday, February 10, 2012

CUSTOMIZE / TAILOR MADE FURNISHING

Product Knowledge & Specification
Produk interior, furniture atau mebelair yang tersedia di toko, design, material & kualitas pengerjaannya sering tidak memuaskan kita atau konsumen yang mengingikan produk interior sesuai dengan layout atau bentuk rumah, kantor atau property lain miliknya yang berharga serta dibuat dengan material berkualitas tinggi. Selain itu, konsumen juga tidak dapat mengekspresikan hasrat dan keinginan atau budget yang dimilikinya terhadap kebutuhan produk interior, furniture dan mebelair untuk mengisi property miliknya.
Dengan dasar itulah, kami merancang sebuah produk berupa Design dan Produksi Customize Interior, furniture &  mebelair untuk memuaskan hasrat, keinginan dan budget yang dimiliki client untuk memenuhi kebutuhan produk interior, furniture dan interior.
Sherish Interior yang berpengalaman sejak tahun 2004 telah melayani dan memenuhi hasrat/keinginan ratusan clientnya  akan kebutuhan produk interior yang terus berkembang terutama di kota-kota besar seiiring pertumbuhan property yang sangat tinggi. Tidak hanya rumah tinggal dan apartement saja yang biasa kami design dan produksi, tapi Kantor, Bank, Hotel, Café, Restaurant bahkan Mall menjadi forto folio kami yang senantiasa up date, sehingga hasil design & produksi kami menjadi asset berharga yang menambah value property rumah tinggal, apartement, kantor, hotel dan lainnya milik customer.

Product/Job List kompetensi Sherish Interior :
  • Kitchen & Wardrobe Specialist. Dengan pengalaman sejak tahun 2004, Kitchen Set & Wardrobe (lemari) adalah produk unggulan kami.
  • House & Residential Specialist.  Kami menyadari bahwa rumah tinggal adalah asset paling bernilai client, maka kami mendesign interior dari hati terdalam seolah-olah milik kami sendiri, sehingga menghasilkan produk yang berkualitas dan halus seperti  Bedroom Set, Living Room Set dan lain-lain.
  • Apartement Specialist, Pertumbuhan property berupa Apartement terutama di kota besar seperti Jabodetabek, mendorong team creative kami seara khusus mendesign interior Apartement sehingga menghasilkan produk yang sangat special dengan harga terjangkau.
  • Office Furniture. Property  kantor adalah asset yang sangat berharga yang akan menentukan level bisnis client yang mempercayakan design & pengerjaan interior dan furniture kantornya kepada kami.
  • Hotel Furniture. Property  Hotel adalah symbol dari kenyamanan yang menjadi asset berharga bagi pengelola bisnis hotel, maka kami sangat concern menghadirkan design & pekerjaan dengan kualitas terbaik untuk mendukung bisnis hotel client yang mempercayakan kepada kami.
  • Other Product: High Quality Flooring, Ceiling, Glasses, Wall Paper, Wall Painting dll

Customize/TAILOR MADE Interior Product  Process :
  • Menyerap informasi hasrat dan keinginan client terhadap produk interiornya untuk menentukan arah pekerjaan design yang akan kami propose dengan melibatkan team Marketing/Agent dan Designer.
  • Team Designer melakukan pengukuran ke lokasi project, sedangkan team financing melakukan perhitungan estimasi Rencana Anggaran Biaya (RAB).
  • Team Marketing mempropose hasil design dari team Designer termasuk etimasi RAB kepada calon customer untuk meminta review  dan asistensi sampai menemukan design dan RAB yang sesuai dengan hasrat, keinginan dan budget client (Approved Design & RAB).
  • Proses produksi, installment/pemasangan dan penyelesaian administrasi payment.

Production Knowledge
  • Factory/Workshop, Sherish Interior berlokasi di kota Cimahi Jawa Barat, di dukung dengan team yang solid dan berpengalaman. Team Design lulusan Universitas Design Interior dan Arsitek terbaik, team produksi dengan SDM tukang yang berpengalaman ditunjang peralatan produksi yang lengkap sehingga hasil pekerjaan presisi dan sangat halus, karena bagi kami kualitas hasil pekerjaan adalah asset paling berharga untuk kepuasan client.
  • Wood Materials, menggunakan kayu hard plywood berkualitas tinggi, orang awam sering menyebut Multiplek atau Kayu Lapis.
  • Finishing Materials, menggunakan High Pressure Lamited (HPL), yaitu lapisan bebahan PVC yang kuat dan tahan lama, resisten terhadap air, bahan kimia dan panas dengan motif dan teksture yang beragam mulai dari kayu, solid, high light Duco atau metal.
  • Air Brush Painting, sebuah teknik khusus yang kami kembangkan di workshop untuk menyambungkan sudut HPL yang pada umunya tajam dan sulit di finishing menjadi halus dengan warna sesuai motif HPL aslinya.
  • Material Metal & Alumunium, menggunakan bahan metal dan alumunium local terbaik berpresisi tinggi
  • Ceiling Materials, menggunakan board gypsum dengan rangka besi hollow berkualitas tinggi
  • Flooring Materials, menggunakan PVC Parquet, Keramik atau granit berkualitas tinggi.
  • Glasses Materials, menggunakan kaca berkualitas tinggi baik tempered maupun non tempered.
  • Walling & Painting Materials, menggunakan Wall Paper dan Cat berkualitas tinggi sesuai permintaan client.

Pricing Produk Sherish Interior
Penentuan harga produk Sherish Interior selain berdasarkan volume luas ruangan atau volume furniture (Panjang x TInggi) yang sudah lazim di dunia property interior, tapi ditentukan juga dengan tingkat kerumitan design, proses produksi, jenis material dan jarak atau lokasi pemasangan.
Dengan biaya design Rp. 500 ribu – Rp. 1 juta /ruangan, yang kami gratiskan bila client memproduksi hasil design tersebut di Sherish Interior Workshop, client sudah mendapatkan gambaran yang jelas tentang produk interior yang akan di dapatkan.
Jangan khawatir dengan keterbatasan budget, karena team marketing & designer kami berpengalaman mendesign dan menyesuaikan design & produksi dengan budget yang dimiliki client.
Sesungguhnya kami siap menjaga dan meningkatkan value asset property anda yang berharga.

Salam

Budi Cahyadi

AYO BERGABUNG & SUKSES BERSAMA KAMI

Salam hormat bagi rekan-rekan sekalian,
Kami perusahaan sebagai pemegang hak brand produk Sherish Interior yang bergerak dibidang design dan produksi High Quality Kitchen, Wardrobe, Resindetial, Apartment, office & hotels Furniture. Kami membuka kesempatan bagi rekan-rekan yang mempunyai semangat berwirausaha, memiliki komitmen dan integritas untuk bergabung bersama kami sebagai Agent Sherish Interior. Banyak keuntungan serta manfaat yang akan rekan-rekan dapatkan jika bergabung bersama kami termasuk income yang sangat menarik. Berikut ini adalah persyaratan untuk bergabung menjadi Agent Sherish Interior.


Persyaratan Pendaftaran :
  • Setiap Peserta wajib mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran serta membayar biaya sebesar Rp.250.000 via transfer ke rekening kami di Bank BNI Cabang Pungkur Bandung No 0231148401 an CV. Dumas Baru.
  • Peserta yang telah mengisi formulir dan membayar biaya pendaftaran berhak mengikuti pelatihan selama satu hari bersama owner dan mentor kami Budi Cahyadi (pemilik akun twitter @PengusahaHebat), serta mendapatkan sertifikat agent, nametag, brosur dan name card termasuk makan siang.
  • Peserta yang telah mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat, resmi menjadi Agent Sherish Interior dan berhak menggunakan nametag, brosur dan name card setiap berkunjung/memprospek customer.
  • Agent Sherish Interior dan seluruh perangkatnya berlaku selama 1 (satu) tahun sejak tanggal sertifikat diterbitkan, dan dapat diperpanjang dengan seiizin tertulis dari pihak perusahaan pemegang brand produk Sherish Interior.
  • Agen akan mendapatkan penghasilan berupa fee dan bonus yang sangat menarik sesuai ketentuan perusahaan
Salam Sukses   

Budi Cahyadi

Monday, February 6, 2012

MEMBANGUN PERUSAHAAN PROFESSIONAL

Tahun 2012 sangat special bagi saya, karena di awal tahun 2012 ini perusahaan professional pertama saya  resmi berdiri. Setelah resign dari Bank untuk  menjadi entrepreneurs, saya sempat "tergoda" menjadi CEO di sebuah perusahaan Fashion besar yang yang kebetulan adalah salah satu nasabah binaan saya sejak masih skala home industri sampai punya mall megah di Bandung dan Jakarta. Walau gaji besar, mobil dinas mewah dan fasilitas lainnya begitu menggiurkan, ternyata otak dan hati yang sudah bulat menjadi Entrepreneurs, sehingga tidak bisa "enjoy" berperan sbg CEO yang membawahi 1500 karyawan lebih di perusahaan tersebut, maka dari pada "mengkhianati owner sahabat dekat saya, kurang dari sebulan pelantikan dan belum "menikmati gaji" CEO,  saya menyatakan mundur dan total berwirausaha sesuai cita-cita awal saya resign dari bank.


Tahun 2011 saya nikmati proses membangun usaha dari nol, bisnis interior sebagai bisnis sampingan saat jadi pegawai bank yang telah saya jalankan lebih dari tujuh tahun dan sempat saya tutup sebagai konsekuensi kontrak professional sebagai CEO, karena memang passion saya di bidang interior dan property. Tantangan terbesar menghidupkan bisnis interior dan property adalah memanggil dan mengumpulkan tenaga kerja yang sudah tersebar dan bergabung dengan perusahaan lain. Kesabaran dan kebesaran hati sangat diperlukan dalam mengumpulkan mereka kembali. 


Diperlukan sekitar tiga bulan untuk menghidupkan dan menjalankan kembali workshop interior, saya kontak lagi seluruh pelanggan, saya datangi sendiri prospek customer bahkan saya lakukan pengukuran dan design sendiri ala kadarnya, terbayang bukan bagaimana hasil urat-oret design seorang lulusan akuntan yang menghabiskan karier 13 tahun di bank harus menjadi "Tukang Interior" dadakan. Saat dulu menjadi bisnis sampingan saya "tidak begitu perduli" dengan bisnis interior tersebut, saya hanya menerima order bila customer membawa foto/design sendiri sehingga saya tidak repot dengan urusan design. Maka tidak heran network customer terbatas teman-teman atau kenalan dekat saja.

Bagi saya bisnis adalah balajar, saya sadar bahwa nyawa dari bisnis interior dan property  adalah design yang menarik, update dan tellermate (sesuai keinginan customer) tapi justru urusan design lah yang menjadi kelemahan bisnis saya, maka setelah menghidupkan kembali workshop, focus selanjutnya adalah membangun House of Interior & Property Design. Setelah proses pencarian panjang tenaga Arsitek dan Designer Interior , alhamdulillah terbayar dengan bergabungnya Arsitek dan Designer terbaik yang menjadikan faktor kelemahan perusahaan Interiror & Property saya menjadi kekuatan. Silahkan klik http://sherishinterior.com untuk project-project kami yang telah kami design & produksi.


Tahapan selanjutnya adalah membangun team Marketing dan Operasional untuk mendorong percepatan penjualan dan menaikan level bisnis dari skala UMKM menjadi bisnis yang lebih besar. Maka saya membangun sebuah perseroan professional sebagai pengelola bisnis interior dan property tersebut, alhamdulillah dengan menyewa sebuah ruko dua lantai di kawasan bisnis Puri Dago Antapani No. 310 Bandung telp.  02261315306, saya jadikan kantor sekaligus showroom produk interior kami. 


Saya sadar, seorang sendiri sulit membangun sebuah perusahaan professional dan menjadi besar, saya harus mencari partner sejati tempat sharing dan bertukar fikiran sekaligus menjadi tangan kanan di perusahaan saya. Saya sampai berdoa khusus untuk mencari partner ini "Ya Allah kumpulkan saya dengan karyawan-karyawan yang sholeh/sholeha serta dekatkan saya dengans seorang sahabat sejati seperti Musa & Harun atau Rosulullah & Abu Bakr" itulah doa khsus saya, Alhamdulillah Allah mendengar dan mengabulkan doa saya, seorang sahabat di dekatkan, saya ajak menjadi owner, gaji pun tidak dibayar tunai tapi dengan saham, Subhanallah semoga Allah merahmati sahabat yang sudah saya anggap adik sendiri saudaraku Muri A Mansoer.


Sistem perusahaan di bangun, aturan kerja, prosedur, sistem dan software keuangan saya susun untuk semua level manajemen dan karyawan, saya dan karyawan pelajari dan aplikasikan bersama untuk memahami tanggung jawab, wewenang dan tugas masing-masing. Alhamdulillah dalam waktu satu bulan saya pandu langsung, bisnis dan pekerjaan yang awalnya serba sendiri saya jalankan dan jam kerja yang awalnya lebih dari 12 jam sehari tanpa hari libur, saat ini sudah berjalan dengan sangat baik, pendelegasian berjalan, kepatuhan terhadap sistem organisasi, aturan kerja dan sistem keuangan bisa dijalankan seluruh level manajemen dengan baik. Sekarang saya bisa kembali menikmati hari libur bahkan bila mau setiap hari saya bisa liburan he.he.he. Insya Allah dengan adanya waktu sengggang kita bisa membuat banyak planning dalam bisnis, hidup, ibadah dan dakwah sebagai tugas utama manusia sebagai khalifah fiil ard (pengelola bumi) yang Allah amanatkan kepada kita. 

Sistem keuangan yang menjadi titik rawan saya buat sedemikan rupa sehingga tercipta internal kontrol yang kuat untuk meminimalisir penyalahgunaan keuangan. Dengan sistem perusahaan tersebut ditunjang software dan kecanggihan teknologi, alhamdulillah saya bisa kontrol semua pekerjaan cukup dari rumah melalui laptop, tablet bahkan handphone sekalipun.


Kunci sukses membangun perusahaan adalah berfikiran terbuka dan yakin bisnis kita akan besar, buang jauh-jauh fikiran sempit bahwa keuntungan kita akan menipis dengan adanya biaya gaji karyawan, ingat dengan team yang lengkap kita bisa naikan level bisnis kita, kita bisa perbesar omzet kita berkali-kali lipat dan yang terpenting kita tidak kehilangan ASSET YANG PALING BERHARGA yaitu WAKTU, yang selama ini terjajah dengan pekerjaan seperti memeriksa bon pengeluaran, melakukan pekerjaan-pekerjaan yang seharusnya bisa didelegasikan tapi karena tidak ada karyawan dan sistem, terpaksa kita lakukan sendiri.


Seorang entrepreneurs sekaligus owner perusahaan seharusnya lebih berfikir strategis mengembangkan bisnis, mengembangkan network, mengembangkan produk sehingga bisnis kita terus membesar untuk kemaslahatan ummat. 


Berikut tahapan membangun perusahaan professional yang telah saya lakukan untuk sahabat  aplikasikan di bisnis anda semua.
  1. Susunlah Struktur Organisasi & Job Description, yaitu, perangkat sistem perusahaan yang mengatur jalur kordinasi, focus bidang pekerjaan/tugas, batas kewenangan dan tanggung jawab serta pemisahan fungsi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja serta meningkatkan internal control. Struktur organisasi & Job Description juga mendorong berfungsinya kepemimpan dan meningkatnya soliditas manajemen perusahaan. Tiga hal yang harus diperhatikan dalam menyusun struktur organsisasi adalah: a. Garis Kordinasi b. Focus Bidang/Tugas c. Pemisahan Fungsi, Kewenangan dan Tanggung Jawab 
  2. Susunlah Peraturan Perusahaan, yaitu perangkat perusahaan yang mengatur seluruh aturan kerja serta hak dan kewajiban antara perusahaan sebagai pemberi kerja dengan karyawan sebagai penerima kerja. Kita sebagai owner, bebas saja memasukan selengkap-lengkapnya pasal-pasal untuk aturan kerja di perusahaan kita. Semangat yang harus mendasari dalam menyusun Peraturan Perusahaan adalah Fairness atau keadilan dan transparansi, memang benar perusahaan adalah milik kita, tapi berniat dan bersikap adil dan terbuka adalah pondasi yang sangat penting dalam menciptakan perusahaan  professional yang didukung penuh oleh seluruh SDM yang terlibat di dalamnya karena mereka semua merasakan kenyamanan, keadilan dan transparansi dalam bekerja. Peraturan Perusahaan ini bersifat umum dan jarang berubah kemudian  diaplikasikan dalam bentuk surat turunan lainnya. 
  3. Turunkan Pasal-Pasal dalam Peraturan Perusahaan yang telah kita susun dalam bentuk Surat Keputusan Direksi (SK)  Surat Instruksi Direksi (SI) atau Surat Edaran Direksi (SE) untuk dilaksanakan oleh semua level Manajemen. Pasal-pasal apa saja yang perlu diturunkan dalam bentuk SK/SI/SE adalah peraturan perusahaan yang suatu waktu-waktu dapat dirubah sesuai kebutuhan atau kondisi, misal buatlah SK tentang aturan hari dan masuk jam kerja dari Senin sampai Sabtu, bila suatu saat ingin hari Sabtu libur maka rubahlah SK tersebut dengan yang baru. 
  4. Buatlah sistem keuangan yang kuat internal kontrolnya, pisahkan antara pengelola kas utama/kas besar dan kas kecil, buatlah alur kas besar ke kas kecil dan sebaliknya, buatlah aturan batas minimal pagu cash in hand sehingga setiap ada kelebihan dana langsung di setorkan ke rekening perusahaan di bank. Buatlah aturan transaksi tunai seminimal mungkin, lakukan transaksi baik penerimaan maupun pengeluaran menggunakan transfer atau internet banking, bila menggunakan Cek/BG, jangan pernah membubuhi tanda tangan kita dalam buku Cek/BG tersebut. Bila menggunakan internet banking, simpanlah baik-baik Token atau nomor otorisasi transaksi hanya kita atau orang yang kita berikan kewenangan saja yang bisa memberikan otorisasi. Buatlah batasan jumlah dan kewenangan otorisasi transaksi tersebut.
  5. Untuk menunjang sistem keuangan dan pencatatan, dengan bantuan sahabat seorang programer saya susun software keuangan & akuntansi untuk mencatat dan membukukan seluruh transaksi, asset, hutang dan modal yang berputar di perusahaan.
  6. Rekrutlah Karyawan sesuai dengan kebutuhan dalam struktur organisasi diatas, pemenuhan SDM dapat kita lakukan secara bertahap atau sekaligus sesuai kebutuhan dan kemampuan modal perusahaan, bila modal terbatas rekrutlah secara bertahap, untuk tahap awal adanya perangkapan fungsi adalah hal biasa, bila sudah overload pekerjaannya maka rekrutlah karyawan baru untuk menghindari perangkapan fungsi. Dalam proses rekruitment, saya lakukan saringan melalui CV, test kompetensi tertulis, live test dan interview untuk mendapatkan SDM terbaik sesuai kriteria dan kebutuhan perusahaan kita.
  7. Samakan visi dan misi antara kita sebagai owner dengan seluruh level manajemen dan karyawan yang kita rekrut. Pondasi visi dan misi sangat vital untuk menyamakan arah dan cara-cara yang harus ditempuh dalam mencapai tujuan yang direncanakan.
  8. Lakukan training implementasi kepada seluruh level manajemen dan karyawan, berikan dan latih mereka untuk mengetahui bisnis circle perusahaan, alur kerja, aturan kerja dan hal lain yang telah kita susun sebelumnya.
  9. Susun Planning, Program & Target kerja (PPTK). Saya menyusun planning, program dan target kerja secara periodik bulanan, sangat wajar di awal-awal kita sendiri yang menyusun PPTK apalagi bila karyawan yang kita rekrut umumnya fresh graduate. PPTK sangat ampuh menjaga focus dan melecut karyawan bekerja sesuai target yang jelas, kita tinggal monitoring hasil pekerjaan karyawan kita berdasarkan PPTK tersebut.   
  10. Pandulah jalannya implementasi sistem perusahaan yang telah kita susun dan latihkan kepada semua level manajemen. Untuk awal-awal sangatlah wajar bila masih terjadi perbedaan implementasi dengan aturan atau kehadiran kita masih intens, pengalaman saya insya Allah dalam waktu tiga bulan kehadiran kita sebagai owner sudah dapat digantikan oleh team dan kita sudah bisa leluasa meninggalkan perusahaan untuk pergi Haji/Umroh bahkan liburan sekalipun.  
Berikut contoh perangkat sistem perusahaan yang saya susun:








Demikian tahapan dan perangkat perusahaan professional yang saya bangun, semoga bermanfaat dan dapat diimplementasikan oleh teman-teman yang berniat focus berwirausaha untuk membangun sebuah bisnis yang professional yang akan terus membesar. 

Contoh lengkap Sistem Perusahaan yang saya bangun, silahkan


Salam Semangat Luar Biasa, Sukses untuk Sahabat Semua

Hormat Saya

Budi Cahyadi
Support By:
Perlu Furniture Rumah, Apartemen, Kantor? www.dapurmodern.net, Juara Desain, Kualitas & Harganya 

Kirimkan Pertanyaan/Konsultasi Anda melalui:
e-mail : budicahyadi.bucah@gmail.com
Whatsapp: +628122193914
BBM: Pin 7E619333

GUARANTEE FREE

Entri Populer