Thursday, April 12, 2012

BUKA CABANG BISNIS RESTORAN

Pertanyaan:
Assalamualaikum Wr.Wb Mas Budi,
saya mau berkonsultasi tentang cara buka cabang usaha restoran, saya punya usaha tempat makan yang baru buka di satu tempat saja, nah sekarang saya berniat ingin buka cabang yang selanjutnya, bagaimana ya caranya agar saya bisa membuka cabang berikutnya? nanti kalau saya buka cabang malah tidak ada yang nungguin restorannya?, apakah saya harus punya orang kepercayaan yang mengelola restoran tersebut? atau ada semacam SOP/sistem yang mesti dijalankan? waktu itu saya pernah ngobrol sebentar dengan mas Rangga Umara (pecel Lele Lela), saya tanya, "kok bisa mas buka cabang banyak?" iya dong, kita kan pakai SOP, lalu saya tanya lagi "terus itu di cabang-cabangnya ada yang nungguin mas?" iya ada dong yang nungguin. 
Nah, dari situ saya agak bingung bagaimana cara supaya bisnis bisa ditinggal-tinggal seperti itu? sedangkan untuk cabang Pecel Lele Lela sendiri sudah banyak, memang untuk yang franchise yang pasti ditungguin sama franchisee nya, tapi bagaimana kalau cabang itu dimiliki sendiri oleh mas Rangga Umara? apa memang mas Rangga harus punya orang kepercayaan sebanyak cabang yang dibukanya?

Mungkin inti pertanyaannya:
  1. Bagaimana cara membuka cabang restoran yang baru?
  2. Bila ternyata nanti diharuskan bekerja dengan orang kepercayaan kita, apakah kita harus menggajinya dengan besar, karena memang tanggung jawabnya besar..?
  3. Bagaimana kalau pendapatan dari rumah makan itu tidak terlalu besar? otomatis kita tidak bisa menggaji orang kepercayaan kita dengan gaji besar?
  4. Apakah ada sistem yang dapat saya adopsi semisal sistem yang digunakan oleh restoran seperti pecel Lele Lela/Ayam Bakar Mas Mono sehingga restoran tersebut dapat berjalan dengan atau tanpa kita?
Terima kasih mas Budi, maaf kalo nanyanya kebanyakan, saya ucapkan Jazaakallah khoiron Katsiron

Wassalamu'alaikum Wr Wb


Sahabat HA


Jawaban:
Waalaikumsalam wr wb
Salam kenal Mas HA, semoga Allah senantiasa merahmati dan memberkahi anda  yang berniat baik membuka cabang bisnis restoran, niatkan rencana tersebut sebagai salah satu ikhtiar amal sholeh untuk membuka lapangan kerja dan kemanfaatan untuk ummat, amin ya Rabbal alamin.
Kreativitas dan keberanian diperlukan untuk mengembangkan usaha kita, salah satunya adalah membuka cabang. Tidak ada batasan waktu bahkan tidak perlu lama untuk membuka cabang, walau tetap tergantung dari jenis bisnis dan keberanian kita sebagai pengusaha. Tapi saya sangat setuju dengan owner Lele Lela dan Ayam Bakar Mas Mono, bahwa diperlukan perangkat SOP untuk bisnis kuliner mereka sehingga ekspansi cabang dapat dilakukan walau tanpa kehadiran kita sebagai owner. 
Apalagi bila kita membuka franchise yang dimiliki orang lain, diperlukan perangkat SOP yang lebih jelas dan mengikat serta fungsi kontrol dan support yang kuat dari kita sebagai pemilik brand atau franchisor agar pihak franchisee dapat melaksanakan konsep, SOP dan standar produk milik kita, karena bila kontrol dan support lemah, sama saja kita menggiring bisnis milik kita atau franchisee ke jurang kehancuran, lihat saja banyak sekali "bangkai-bangkai booth produk franchise berserakan dimana-mana tanpa ada tanggung jawab dari pemilik brand atau franchisor atas nasib franchisee. Untuk alasan moral dan tanggung jawab itulah mengapa saya sangat-sangat berhat-hati membuka cabang bisnis dengan sistem franchise karena khawatir saya menggiring mitra bisnis ke jurang kerugian.
Tapi berbahagialah sahabat HA anda telah merencanakan ekspansi yang tepat atas bisnis kuliner anda, semoga beberapa tips berikut ini bisa bermanfaat untuk merealisasikan rencana hebat anda.


Kapan Waktu Paling Tepat membuka Cabang?
  1. Bila anda punya keyakinan, keberanian memulai, semangat belajar dan mengatasi masalah bahkan berani gagal, maka anda sudah punya modal yang sangat cukup untuk membuka cabang.
  2. Bila kapasitas tempat restoran milik kita sudah full bahkan tidak sanggup menampung pelanggan yang datang dari berbagai wilayah, maka sudah saatnya anda membuka cabang.
  3. Bila cashflow semakin baik dengan selisih lebih antara pendapatan dibanding biaya, sehingga anda get profit dan saving, maka saatnya anda membuka cabang.
  4. Bila, anda menemukan suatu daerah yang cocok dengan produk anda dan anda punya saving yang cukup, maka tidak ada keraguan anda membuka cabang baru di lokasi tersebut.
Perangkat apa yang harus dimiliki dalam membuka cabang?
  1. Bila anda miliki keyakinan, keberanian, pekerja keras, semangat belajar dan typical risk taking, maka tanpa perangkat SOP pun anda bisa buka cabang restoran, dalam perjalannyanya anda akan bertemu dengan kesulitan dan permasalahan dan disanalah anda akan benar-benar belajar dan membuat SOP.
  2. Tapi bila anda typical risk managable, sebelum membuka cabang, bangunlah sistem, manajemen equipment atau SOP pengelolaan usaha restoran yang anda miliki, implementasikan, review dan revisi sampai menjadi sebuah sistem yang berjalan dengan baik tandanya adalah tanpa kehadiran anda restoran berjalan dengan baik sesuai SOP dan standar yang anda inginkan. Selain berjalan dengan baik, restauran juga mudah anda kontrol sesuai SOP internal kontrol yang anda bangun terutama masalah keuangan. Luangkan waktu anda untuk membangun sistem tersebut, atau mintalah bantuan seorang konsultan bisnis/manajemen, atau silahkan klik disini untuk panduan membangun SOP perusahaan professional.
  3. Bangun The Winning Team untuk mewujudkan dan melaksanakan rencana anda membuka cabang. Cari SDM dan bangunlah kesamaan visi team, latih dan pandulah team anda sehingga memiliki skill yang mumpuni untuk menjalankan visi, misi dan operasional cabang anda. Pilih dan angkatlah ketua team atau manager untuk memimpin cabang restoran anda, buatlah target omzet yang menjadi komitmen dan alat kontrol anda terhadap cabang dan manajer tersebut.
  4. Buat aturan gaji dan kesejahteraan (renumerasi) untuk karyawan baik di pusat atau di cabang, sehingga para karyawan merasa nyaman dan semangat dalam bekerja, pendekatan kekeluargaan dan sistem bonus merupakan salah satu strategi renumerasi yang efektif dalam membangun loyalitas dan kinerja karyawan.
  5. Bila memungkinkan bangunlah sistem dan manajemen franchise yang professional. Insya Allah sesi franchise system ini akan saya ulas secara khusus dalam artikel tersendiri.
  6. Kerugiaan apalagi di awal-awal cabang beroperasi adalah kemungkinan yang harus di hadapi kita, maka subsidi biaya operasional dari pusat atau cabang yang surplus adalah hal yang wajar kita lakukan. Jangan mudah menutup cabang yang baru 1-3 bulan berjalan tanpa kita tahu penyebab kerugian tersebut, dalam masa itulah kualitas dan skill entrepreneurs sejati kita diuji.
  7. Bila anda memerlukan sistem atau SOP bahkan software yang dapat di implementasikan untuk membuka cabang anda, silahkan kontak Klinik Bisnis via email ke admklinikbisnis@gmail.com atau bucah.sherish@yahoo.com.
Demikian jawaban sederhana saya, semoga bermanfaat, sukses untuk sahabat semua.

Hormat Saya

Budi Cahyadi

Kirimkan Pertanyaan/Konsultasi Anda melalui:

e-mail : budicahyadi.bucah@gmail.com
Whatsapp: +628122193914
BBM: Pin 7E619333

Support by:
www.dapurmodern.net
www.sherish-it.com

GUARANTEE FREE

5 comments:

  1. Assalamualaikum, semoga Allah memudahkan ikhtiar ummat dan pengikut the REAL ENTERPRENEUR Muhammad SAW.
    Perkenalkan saya muhammad awang, saya pebisnis kecil2an olahan ayam tradisional jawa. Saya menjalankan bisnis ini secara door to door ke Instansi2 Pemerintah dengan istri dan seorang karyawan. Omzet harian sekitar 25 sampai 30 ekor berbagai menu. Pernah Peak harian saya mencapai 50 ekor dibantu seorang sales. Prediksi saya untuk mencapai peak 80-100 ekor masih sangat memungkinkan. Kami juga menerima Nasi Kotak sampai max 300 kotak per hari. Bisnis ini berawal 3 tahun yang lalu dengan harapan kedepan bisa jadi Restoran yang besar dan mewabah. Namun karena keterbatasan modal saya hanya mengharapkan terbukanya pintu Rezki dariNYA. Dan memang seharusnya setahun yl ada seorang Angel Investor yang mengajak membuka restoran, planning propasal komplit sudah disusun dengan segala pernak-pernik administrasi dan Konsep Restoran Islami (sistem bagi hasil dan Sistem Shadaqoh). Namun karena antara saya dengan Angel Investor tersebut belum punya pengalaman sama sekali tentang Restoran maka sampai sekarang setahun berjalan belum terealisasi. Saya menunggu beliau karena ybs kebetulan tokoh terkenal dan punya kesibukan yang luar biasa sehingga tidak bisa secara langsung turun tangan. Namun saya tetap berusaha mencari Angel Investor lain, beberapa restoran di Jeddah dan Malaysia meminati beberapa menu saya namun terkendala teknis pengiriman. Perlu Bapak ketahui, bisnis ini dimulai dengan Ayam Goreng khas Semarang (Jl. Mataram) kemudian saya kembangkan menjadi beberapa menu termasuk sambal dan kremes. Ada Ayam /mentog goreng, Ayam/mentog Bakar pedas/manis, Ayam Panggang (ayam gandu-pamotan), Ayam Tulang Lunak, Ayam/mentog RIca2, Garang Asem Ayam, Ayam Kodok, Ayam Opor Panggang, Soto Ayam khas Semarang, Sayur Aem, Sop Buntut dan semua memakai bumbu dasar yang komposiisnya sudah standar sehingga bisa di Restorankan atau franchisekan. Adakah Angel Investor Muslim di INdonesia selain beliau diatas ?? mohon saran dan bantuan dari Bapak. terimakasih atas pencerahan di Blog Bapak. AYAM DALIWANG. 02474026238 email daliwang75@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sahabat Muhammad, saran saya buatlah bisnis model usaha ayam Daliwang di tempat anda sekarang sehingga dapat menjadi model di tempat/cabang2 baru baik milik sendiri atau di Franchisekan, selain model Outlet yang di standarkan, Menu, bahan-bahan, cara memasak, cara penyajian, pelayanan dan marketing anda juga menyusun MoU dan SOP bila bisnis akan di Franchisekan atau di kerjasamakan dengan pihak lain sehingga hak dan kewajiban antara anda pemilik brand sekaligus pemilik Menu makanan serta Angel Investor senantiasa terjaga. Teruslah bersilaturahim dengan banyak pihak bahkan dengan bank sekalipun yang sekarang menyediakan pembiayaan pola Franchise yang memudahkan anda sebagai Franchisor dan mitra bisnis Franchise kita..
      Semoga sukses

      Delete
    2. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
      HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
      3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI KANJENG<=…
      >>>085-320-279-333<<<






      SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
      HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
      3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI KANJENG<=…
      >>>085-320-279-333<<<

      Delete
  2. nice artikel gan,
    semoga bermanfaat bagi calon2 entrepeneur muda di negara kita,
    Kisah ayam bakar mas mono sangat menginspirasi,
    jadi kpngen coba niru usaha ayam bakar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas support anda, semoga niat dan ikhtiar anda membuka bisnis Ayam bakar tersebut mendapat kemudahan dan kesuksesan dari Allah SWT amin YRA

      Delete

Entri Populer