Sunday, March 18, 2012

PANDUAN KERJASAMA USAHA


Pertanyaan:
Assalamualaikum pak, Nama saya Rahmad Djatmiko, mau tanya  tentang sistem bagi hasil.
Begini, saya dan dua teman ingin usaha kedai makan, dan kami dapat investor yang akan investasi sebesar Rp. 100 juta. Mohon masukan untuk bagi hasil yang adil bagi kami bertiga dan investor. Dan hak milik aset perusahan milik siapa? Terima kasih.


Jawaban:
Waalaikumsalam wr wb, salam kenal sahabat Rahmad, semoga Allah senantiasa merahmati dan memberkahi anda, ke dua sahabat dan keluarga anda di semua. Saya ucapkan selamat atas dipercayanya anda dan kawan-kawan di percaya oleh investor dalam membangun usaha, semoga amanah tersebut dapat dijaga ibarat anda menjaga dan merawat bayi anak anda sendiri.
Berikut saya berikan panduan kerjasama usaha yang dapat di aplikasikan bedasarkan pengalaman belasan tahun saya jadi bankir syariah.


Trust Investment / Full Investment
Bentuk kerjasama yang pertama adalah Trust Investment yang dalam istilah ekonomi syariah disebut Mudharabah yaitu "Sebuah bentuk kerjasama usaha antara dua pihak atau lebih dimana terdapat pihak yang menginvestasikan dan mempercayakan 100% modalnya kepada pihak lain yang berkompeten untuk mengelola usaha tersebut" Dalam istilah ekonomi Islam pihak pemilik modal disebut Shahibul Maal dan pengelola modal disebut Mudharib. Dalam istilah ekonomi modern istilah Trust Investment muncul karena suatu kerjasama usaha dan investasi yang berbasis kepercayaan 100% dari pemilik modal kepada pengelola modal tersebut. 


Bagaimana pembagian peran, keuntungan, risiko dan asset atas usaha berbasis Trust Investment tersebut:
  • Pemilik modal selain berinvestasi, juga dapat berperan dalam pengawasan usaha, sedangkan pengelola dengan kompetensinya mengelola usaha tersebut secara amanah dan professional. 
  • Pembagian keuntungan (profit) akan dihitung berdasarkan aktual keuntungan usaha dengan porsi pembagian berdasarkan hasil negosiasi dan kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah akad atau perjanjian usaha. Istilah ekonomi Islam porsi pembagian keuntungan disebut  Nisbah
  • Bagaimana menentukan dan menghitung porsi pembagian keuntungan? Tidak ada ketentuan baku, tapi berdasarkan kesepakatan. Parameter perhitungan sebagai alat bantu dapat dilihat dalam bagian akhir tulisan ini
  • Pembagian keuntungan dihitung dari aktual laba atau rugi yang didapatkan dari usaha. Dalam istilah bisnis modern disebut Pofit & Loss Sharing. Profit atau Loss adalah selisih bersih dari total pendapatan dikurangi total biaya.
  • Risiko kerugian usaha yang bukan disebabkan bisnis risk yang lazim dan bukan miss management dan atau pengelola usaha yang khianat, 100% menjadi tanggung jawab pemilik modal. 
  • Seluruh asset baik berupa tunai maupun non tunai, baik hasil pengadaan saat di awal usaha atau asset hasil pengadaan yang tumbuh hasil pengembangan usaha 100% hak pemilik modal.  
  • Apakah pengelola usaha mendapat gaji bulanan? jawabannya tentu saja tidak karena pengelola usaha akan mendapatkan imbalan dari hasil usaha. 
  • Kapan pembagian hasil usaha tersebut? Bisa harian, mingguan, bulanan, triwulan, semester atau tahunan tergantung kesepakatan.


Contoh Implementasi dan perhitungan Trust Investment:
Mr. Steve sepakat menginvestasikan modal sebesar Rp. 100 juta dalam usaha rumah makan yang akan dikelola oleh Tn. Ahmad. Modal tersebut digunakan untuk sewa tempat, investasi peralatan dan modal kerja. Kesepakatan porsi pembagian keutungan adalah 60 bagian atau 60% untuk pengelola usaha dan 40 bagian atau 40% untuk pemilik modal.


Setelah berjalan 4 bulan usaha Rumah Makan tersebut  Tn. Ahmad melaporkan omzet dan keuntungan kepada Mr. Steve adalah sebagai berikut:
- Omzet bulan-1 Rp. 15 juta dengan kerugian sebesar Rp. 5 juta
- Omzet bulan-2 Rp. 30 juta dengan keuntungan Nol alias Break Even
- Omzet bulan-3 Rp. 40 juta dengan keuntungan bersih sebesar Rp. 10 juta
- Omzet Bulan-4 Rp. 50 juta dengan keuntungan bersih sebesar Rp. 20 juta


Maka perhitungan pembagian keuntungan atau kerugian sebagai berikut:
- Rugi bulan-1 Rp. 5 juta 100% tanggung jawab Mr. Steve
- Bulan-2, Mr. Steve dan Tn. Ahmad mendapat nihil keuntungan.
- Bulan-3, Mr. Steve = 40% x Rp. 10 juta - Rp. 5 juta = Rp. minus 1 juta
- Bulan-3, Tn. Ahmad = 60% x Rp. 10 juta = Rp. 6 juta.
- Bulan-4, Mr. Steve = 40% x Rp. 20 juta = Rp. 8 juta - Rp. 1 juta (Akumulasi 
  rugi) = Rp. 7 juta
- Tn. Ahmad = 60% x Rp. 20 juta = Rp. 12 juta.
  
Dalam kasus sahabat Rahmad, bagaimana pembagian kepada 3 orang pengelola usaha? dihitung dari keuntungan hak pengelola modal dengan porsi pembagian masing-masing sesuai kesepakatan dengan parameter bedasarkan bobot peran anda dan rekan yang mengelola usaha.


Sharing  Investment/Join Capital/Join Venture
Bentuk kerjasama yang kedua adalah Sharing Investment yang dalam istilah ekonomi syariah disebut Musyarakah/Syirkah yaitu "Sebuah bentuk kerjasama usaha antara dua pihak atau lebih dimana para pihak tersebut masing-masing menginvestasikan modal  dan menunjuk salah satu pihak pemodal yang berkompeten untuk mengelola usaha tersebut" Dalam istilah ekonomi Islam para pihak disebut Syarik.  Dalam istilah ekonomi modern sering disebut Join Capital atau Join Venture. 


Bagaimana pembagian peran, keuntungan, risiko dan asset atas usaha berbasis Sharing Investment tersebut:
  • Pemilik modal selain berinvestasi, juga dapat berperan dalam pengawasan usaha bahkan ikut mengelola. 
  • Pembagian keuntungan (profit) akan dihitung berdasarkan aktual keuntungan usaha dengan porsi pembagian berdasarkan hasil negosiasi dan kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah akad atau perjanjian usaha. Istilah 
  • Bagaimana menentukan dan menghitung porsi pembagian keuntungan (Nisbah) Sharing Investment? Tidak ada ketentuan baku tapi berdasarkan kesepakatan.  
  • Pembagian keuntungan dihitung dari aktual laba atau rugi yang didapatkan dari usaha. Dalam istilah bisnis modern disebut Pofit & Loss Sharing. Profit atau Loss adalah selisih bersih dari total pendapatan dikurangi total biaya.
  • Risiko kerugian usaya menjadi tanggung jawab bersama yang dibagi proporsioal berdasarkan jumlah modal yang di setorkan.
  • Seluruh asset baik berupa tunai maupun non tunai, baik hasil pengadaan saat di awal usaha atau asset hasil pengadaan yang tumbuh hasil pengembangan usaha menjadi hak pemilik modal berdasarkan porsi kepemilikan setoran modal.  
  • Apakah pengelola usaha mendapat gaji? jawabannya bisa Ya atau Tidak. Bila Ya, maka porsi pembagian keuntungan proporsional berdasarkan modal yang disetor. Bila Tidak digaji, maka wajib diberikan tambahan imbalan kepada pengelola berupa tambahan porsi keuntungan dengan mengambil porsi keuntungan dari pemodal lain  yang tidak ikut mengelola usaha.
  • Kapan pembagian hasil usaha tersebut? Bisa harian, mingguan, bulanan, triwulan, semester atau tahunan tergantung kesepakatan.


Contoh Implementasi dan perhitungan Trust Investment:
Mr. Steve, Mr. Andrew dan Tn. Ahmad sepakat menginvestasikan modal dengan total sebesar Rp. 150 juta dalam usaha rumah makan yang akan dikelola oleh Tn. Ahmad. Porsi setoran modal para pihak adalah:
- Mr. Steve sebesar Rp. 75 juta atau 50% dari total modal sebesar Rp. 150 juta
- Mr. Andrew sebesar Rp. 50 juta atau 30%
- Tn. Ahmad sebesar Rp. 30 juta atau 20%


Modal sebesar Rp. 150 juta tersebut digunakan untuk sewa tempat, investasi peralatan dan modal kerja. Kesepakatan porsi pembagian keuntungan adalah sebagai berikut:
- Mr. Steve sebesar 30% bagian keuntungan 
- Mr. Andrew sebesar 20% bagian keuntungan
- Tn. Ahmad sebesar 50% bagian keuntungan


Setelah berjalan 4 bulan usaha Rumah Makan tersebut  Tn. Ahmad melaporkan omzet dan keuntungan kepada para pemilik modal sebagai berikut:
- Omzet bulan-1 Rp. 30 juta dengan kerugian sebesar Rp. 5 juta
- Omzet bulan-2 Rp. 50 juta dengan keuntungan Nol alias Break Even
- Omzet bulan-3 Rp. 60 juta dengan keuntungan bersih sebesar Rp. 10 juta
- Omzet Bulan-4 Rp. 75 juta dengan keuntungan bersih sebesar Rp. 25 juta


Maka perhitungan pembagian keuntungan atau kerugian sebagai berikut:
- Rugi bulan-1 Rp. 5 juta dibagi proporsional modal yaitu Mr. Steve 60% atau Rp. 
  2,5 juta, Mr. Andrew 30% atau Rp. 1,5 juta dan Tn. Ahmad Rp. 1 juta 
- Bulan-2, para pemilik modal tidak mendapat bagian karena nihil keuntungan.
- Bulan-3 dengan keuntungan Rp. 10 juta, maka pembagiannya sebagai berikut:
  Mr. Steve 30% x Rp. 10 juta - Rp. 2,5 juta (rugi bulan-1) = Rp. 500 ribu
  Mr. Andrew 20% x Rp. 10 juta - Rp. 1,5 juta (rugi bulan-1) = Rp. 500 ribu
  Tn. Ahmad 50% x Rp. 10 juta - Rp. 1 juta (rugi bulan-1) = Rp. 4 juta


Parameter Penentuan Porsi Bagi Hasil:
Seperti sudah saya jelaskan di atas bahwa tidak ada ketentuan baku mengenai porsi pembagian keuntungan karena benar-benar berdasarkan kesepakatan, tapi anda bisa menjadikan parameter ini menjadi acuan.
  1. Buat dan hitunglah proyeksi keuangan usaha berupa biaya, pendapatan, laba dan rugi secara sehat dan wajar sebagai gambaran kepada para pihak kondisi usaha yang akan di alami setelah usaha berjalan. 
  2. Untuk bentuk kerjasama Trust Investment lazim dan sering terjadi kesepakatan porsi bagi hasil 60% untuk pengelola usaha dan 40% untuk pemilik modal.
  3. Khusus untuk Sharing Investement, bila pengelola usaha sekaligus pemilik modal menerima gaji bulanan seperti karyawan, maka porsi pembagian keuntungan paling fair adalah proporsional berdasarkan modal yang di setorkan, tapi bila pengelola usaha tidak menerima gaji, maka bagian keuntungan untuk pemilik modal sekaligus pengelola wajib lebih besar dari porsi setoran modalnya. Angka 10%-30% sebagai tambahan bagi hasil kepada pemilik modal sekaligus pengelola, lazim dan sering di sepakati dalam Sharing Investment. Tambahan bagi hasil tersebut pastinya di ambil dari bagian keuntungan pemilik modal lain yang tidak ikut mengelola usaha.
WAJIB DIPERHATIKAN
Tuangkanlah kesepakatan kerjasama usaha tersebut dalam sebuah perjanjian/akad tertulis dan bermeterai bahkan di hadapan notaris, dengan mencantumkan seluruh pasal-pasal yang disepakati, exposure risiko serta semua hal berkaitan dengan usaha tersebut sebagai pegangan para pihak bila suatu saat terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Semoga bermanfaat, salam semangat luar biasa, sukses untuk sahabat semua

Hormat Saya

Budi Cahyadi
Support by:


Perlu Interior & Furniture Rumah, Apartemen, Kantor? www.dapurmodern.net, Juara Desain, Kualitas & Harganya

Kirimkan Pertanyaan/Konsultasi Anda melalui:
e-mail : budicahyadi.bucah@gmail.com
Whatsapp: +628122193914
BBM: Pin 7E619333


GUARANTEE FREE

302 comments:

  1. Blog anda, mantapppp.......
    artikel bermanfaat smw

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
      HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
      3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI KANJENG<=…
      >>>085-320-279-333<<<






      SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
      HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
      3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI KANJENG<=…
      >>>085-320-279-333<<<

      Delete
  2. assalamualaikum.
    saya ingin memulai usaha kecil kecilan berbasiskan syar'i dan berencana mengajak teman untuk kerja sama, tapi ternyata teman yang saya maksud mempuanyai kebiasaan buruk dia masih sering maksiat yang sifatnya memang tidak merugikan oranglain.
    dan itu sya ketahui setelah sya dan tmn sya sudah punya kesepakatan kerja sama.
    memutuskan hubungan kerja atau melanjutkannya? serta alasan apa yang pantas untuk saya sampaikan pada teman saya. mohon saran dari bapak..
    Jazakumullah Khairan Katsiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai Muslim kita terikat kewajiban menasehati (Dakwah) orang lain semampu kita, ingatkan dan ajak teman anda tsb utk berubah menjadi lebih baik. Adapun hubungan kemitraan sebenarnya tidak masalah asal kebiasaan maksiat rekan anda tsb tidak mempegaruhi kebijakan atau operasional perusahaan, misalnya bisnis anda adalah Rumah Makan nah mitra bisnis anda gemar minuman keras dan dia minta di Rumah Makan dijual Minuman Keras maka kerjasama usaha menjadi batal dan bisnisnya haram bila anda mengikuti keinginan mirta bisnis. Salam Sukses

      Delete
    2. Siapa Yang Mau Punya Usaha Besar dengan Modal Hanya 500 rb saja????

      Usaha Tour & Travel, Rental Mobil, pulsa, Umroh, PPOB dll.

      Hanya 500rb sudah Punya Usaha lengkap sprti diatas.

      Tlp. 08113110094 / WA 081263080094

      www.aswinatravelindo.com

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. assalamualaikum wr.wb
    sbelumnya saya ucapkan terimakasih banyak.. artikel anda membuat saya jadi lebih mengerti mengenai sistem kerjasama secara syariah....
    ada yang saya mau tanyakan, rencananya saya ingin membuka usaha dibidang furniture. saya menawarkan kerjasama dengan produsen dengan cara saya tidak membeli langsung tetapi bila ada orderan, DP-nya saya langsung berikan kepada produsen dan bila barang dikirim ke konsumen dan ada pelunasan, selisihnya saya ambil sisa nya saya berikan kepada produsen, dengan catatan saya tidak mengurangi baik modal atau keuntungan dari produsen tersebut. bagaimana sistem kerjasama saya menurut syariah?
    untuk penjelasannya saya ucapkan terima kasih, jajzakumullohu khoir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr wb.

      Semoga Allah senantiasa merahmati sdri. Iim, insya Allah sistem kerjasama yg anda kembangkan sudah bagus dan saling menguntungkan, hanya sedikit beresiko saat mitra produsen tidak amanah dan langsung berkoresponden dengan customer tanpa konfirm ke anda, baiknya dibuat perjanjian yang saling menguntungkan dan saling menjaga. Semoga sukses barokallah

      Delete
  6. Assalamualaikumwrwbt,saat ini saya telah mempunyai usaha yg telah berjalan dengan baik. Nah tiba2 ada teman saya yg tertarik untuk memberi modal ingin mengajak kerjasama, terserah mau dipakai usaha apa, ia tidak ingin ikut campur, hanya tahu hasilnya saja nanti. Yang ingin saya tanyakan mengenai kalau terjadi kerugian...bagaimanakah nilai/persentase kerugiannya nanti? Karena rencananya modal ini saya akan pakai terpisah dari usaha saya yang sudah berjalan. Terima kasih. Wasalamwrwbt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wrwb, sahabatku yg baik, sebaiknya dibuat perencanaan terlebih dahulu uang tsb mau dipakai modal usaha bidang apa, apakah menambah modal usaha anda yg sdh jalan saat ini atau utk bid usaha baru atau mungkin cabang baru. Bila sdh ditentukan objek usahanya maka pembagian keuntungan dan risiko akan lebih mudah krn akan dihitung dr objek bisnis yg dibiayai dgn dana investor tsb. Risiko kerugian tentunya saya sarankan dibagi dan ditanggung bersama. Bila rasio pembagian keuntungan berdasarkan kesepakatan, maka kerugian berdasarkan jumlah/porsi modal yg disetorkan. Smg sukses

      Delete
  7. Assalamualaikum, saya baru memulai usaha bisnis clothing/kaos dengan teman saya, berhubung teman saya banyak tahu tentang produksi dan seluk beluknya saya mencoba untuk mengajaknya bareng bisnis kaos sablon, 100% modal dari saya. Desain dan gambar juga dibuat hasil ide dan kreativitas saya, teman saya hanya bantu untuk quality control produksi kaosnya dari jahit hingga hasil sablon. Untuk pemasaran saya juga ikut andil dalam penjualan secara online Internet dan teman saya memasarkan secara offline. Bagaimana pembagian hasil yang adil antara saya dan teman saya berhubung modal juga dari saya, dan bagaimana hitungan untuk pengembalian modal kepada saya dari hasil penjualan. Saya berharap jawabannya, berhubung saya baru belajar mencoba untuk berbisnis, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sahabat Deni yg di rahmati Allah, Opti-1 atas peran rekan anda bisa di berikan semacam upah untuk aktivitas QC misal sekian rupiah/pcs, sedangkan untuk hasil penjualan oleh rekan tsb dapat diberikan berupa sales fee misal sekian rupiah atau sekian prosen dr nilai barang terjual.
      Opti-2 rekan anda bisa di berikan bagian keuntungan usaha tsb dgn rasio yg wajar dan sahabat Deni yg bisa menghitungnya, misal bila diproyeksikan omzet per bulan 100 juta dgn keuntungan 20% atau 20 jt, misal rekan anda mendapat 10% dr keuntungan tsb atau 2juta, smg sukses, barokallah

      Delete
    2. aslkum, mohon maaf untuk pak deni jikalau saya ikut nimbrung di percakapan ini.......namun dari apa yg di utarakan ini membuat saya terusik untuk meminta saran juga dengan pak budi cahyadi semoga bapak berkenan memberikan pencerahan bg kami ..... jadi begini pak bahwa seandainya dalam kasus seperti diatas yaitu kawannya pak dani yang di percaya membantu suatu ketika diminta oleh pak dani untuk mengelola usahanya pak dani tersebut secara full ( dimana sebelumnya usaha ini sudah menggambarkan ada sedikit hasil yang lumayan ) kiraX2 apa yang diberikan pak dani kepada temannya yg telah di tunjuk sebagai pengganti pengelola............ sehingga pak dani bisa juga konsen untuk membuka cabang di tempat lain tanpa harus kwatir usaha yg diberikan pengelolaannya kepada teman beliau menjadi berantakan atau pak dani dicurangi ............... atuapun hasilnya tdk optimal dikarenakan temannya tersebut tdk merasa seperti memiliki usaha itu padahal segala pengelolaan sudah dipercayakan kepadanya....

      kasus seperti ini sangat penting bagi saya pak paling tidak dapat memberikan pencerahan kita semua ............ karena selama saya jadi pengusaha selama ini pak saya belum pernah mendapatkan orng yang benar-benar bisa amanah, rasa memiliki serta mau berkorban/bersusah payah seperti memiliki usahanya sendiri ( padahal orang-orang yang di berikan amanah adalah orang2 yang berkompeten dan sudah turut mengikuti jejak rekam usaha yg saya dirikan .......) tat kala amanah itu diberikan maka selalu ada saja kecurangan-kecurangan yang tersembunyi .......hal ini bukan sekali tapi selalu silih berganti orang yg di percayakan namun hal yang sama selalu seperti saya kemukakan diatas........ (maaf pak ! bukan saya menganggap tdk ada orang yang amanah namun saya belum menemukannya hingga saat ini...... padahal profit shering saya berani 50 persen) memang pak tuntutan amanah saja masih belum bisa menjadi pegangan, krn tanpa skill dan personalisasi tentunya itu harus sejalan.......... ada saja halangan yang saya dapat orngnya amanah tp tdk memiliki jiwa bisnis yg baik ada yang memiliki skill dan jiwa bisnis yang mumpuni namun tidak amanah

      amanah dalam hal yang saya maksud adalah segala sesuatu yg transparansi baik uang masuk maupun pembelanjaan yang tdk di mark-up ( bisa saja dia mendapatkan material murah namun dia membuat kwintansi lain dengan harga lain )

      hal seperti diatas sering sekali saya dapati dan bukan hal yang baru di negri ini........ jikalau org yg tdk beriman mungkin saya mahfum tp hal ini juga banyak terjadi pada orgX2 yg dilihat sangat alim tat-kala diberikan amanah dia berbuat curang walau tdk seberapa namun hal ini membuat saya menjadi kehilangan kepercayaan,

      padahal bila saja penerapan ini dilakukan sesuai yang saya utarakan diatas andai ada orng yang amanah,jujur, cakap berbisnis, dan memiliki kreatifitas yang tinggi .......... serta bersedia berjuang walau dengan perih dan bersusah paya merintis usaha ini ( dia sadar bahwa ini adalah modal teman saya dan saya tidak memiliki modal tapi saya dipercaya dng shering yang baik maka saya hrs berjuang berupaya utk memajukan usaha ini ).....tentunya sudah banyak orang - orang dibantu dalam memberikan peluang kerja yang sebesar-besarnya, perusahaan yang tdnya hanya seitik dapat tumbuh dimana-mana sehingga menjadi kemaslahatan bersama.

      duh maaf pak hehe....saya jadi bersemangat nulisnya jadi panjang dech......jadi menurut bapak apa yg harus di lakukan spt pak deni ini bila rekannya ditunjuk sebagai pengelola dan bagaimana pak deni bersikap dalam memberikan profit shering sejalan dari usahanya sampai mendekati tahan break even poitnya ......... dan bagaimana profit shering selanjutnya bila bep sudah di penuhi ...... besar harapan saya atas pencerahan bapak

      wa alaikum salam,wr.wb

      Delete
    3. Yth. Sdr. Abdul Firman
      Mencari Partner yg amanah memang ibarat mencari jarum dalam jerami alias sulit sekal di jaman sekarang ini. Solusi yg tepat untuk anda bila ingin membuka cabang dan usaha eksisting tetap dapat dikelola dengan baik adalah anda membuat standarisasi/prosedur operasional untuk sebuah cabang, sehingga bisa dilaksanakan oleh pegawai anda, merekrut pegawai tidak sesulit mencari partner bisnis berbagi hasil. Latihlah karyawan anda itu sesuai standard prosedur yang anda susun tadi, lalu pandu dalam pelaksanaanya, insya Allah bila suatu saat running, fungsi anda tinggal kontrol saja. silahkan cari tulisan saya yang berjudul Membuka Cabang Usaha Restoran, disana saya pandu bagaimana melebarkan bisnis tanpa harus khawatir seperti yang bapak gambarkan diatas. semoga sukses

      Delete
  8. Assalamu'alaikum Pak Budi Cahyadi..

    Alhamdulillah. Saya dapat pencerahan setelah baca artikel Pak Budi. Mudah2an bisa bermanfaat. Mungkin sedikit masukan, agar disertakan juga contoh daftar lembaga/tempat yang dapat memberikan bantuan usaha secara/berbasis syariah. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lembaga pembiayaan dgn pola syariah yg sy tahu: Bank syariah, PNM, BMT, LKMS, Kop. Jasa Keuangan Syariah. Yg terbaik adl sahabat Ahmad melobi investor baik perorangan maupun lembaga utk menanamkan modal di perusahaan kita dgn skema kerjasama syariah yg kita rancang se idealis mungkin sesuai syariah. Smg sukses, barokallah

      Delete
    2. Siapa Yang Mau Punya Usaha Besar dengan Modal Hanya 500 rb saja????

      Usaha Tour & Travel, Rental Mobil, pulsa, Umroh, PPOB dll.

      Hanya 500rb sudah Punya Usaha lengkap sprti diatas.

      Tlp. 08113110094 / WA 081263080094

      www.aswinatravelindo.com

      Delete
    3. Siapa Yang Mau Punya Usaha Besar dengan Modal Hanya 500 rb saja????

      Usaha Tour & Travel, Rental Mobil, pulsa, Umroh, PPOB dll.

      Hanya 500rb sudah Punya Usaha lengkap sprti diatas.

      Tlp. 08113110094 / WA 081263080094

      www.aswinatravelindo.com

      Delete
  9. alhamdulillah..terimakasih atas artikelnya pak..salam kenal..saya sudah memulai mengelola dana dr investor..selama 3bln yang lalu..usaha ini bergerak dibidang perawatan tubuh, yaitu sabun herbal yang saya produksi sendiri dirumah..awalnya..ini adalah obrolan kecil yang berbuah keseriusan mengeluti usaha ini..saya kurang begitu tau bisnis yang sudah berkembang dibeberapa tempat..menurut pembimbing..hal yang sama sudah dilakukan dengan partner lain..dan itu berhasil..
    mungkin sedikit pencerahan dari bapak..apa yang segera saya lakukan, project investor ini sudah berjalan 4bulan, saya sudah memproduksi bberapa sample sabun herbal, keinginan investor untuk segera BEP membuat saya panik..
    atas perhatian dan kerjasamanya, saya sampaikan terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdr. Rozikun yg dirahmati Allah, wajar bila investor menginginkan cepat BEP krn motif investasi mrk pd umumnya adl profit, saran saya sgr anda buka/perluas jaringan penjualan utk mempercepat perputaran bisnis anda shg BEP dan profit sgr dapat tercapai, smg sukses barokallah

      Delete
  10. assalamualaykum,pak budi cahyadi.
    perkenalkan saya tita. saya ditawari teman untuk invest pada usahanya yg sudah brjalan selama -/+ 3tahun. Saya dalam hal ini menggantikan investor lama, dimana saya mengganti keseluruhan modal investor lama sebesar 48jt, kemudian teman saya meminta tambahan modal 22jt, + uang muka kredit mobil 40
    jt.(harga mobil berkisar 135 jt)
    dalam usaha ini saya nanti akan terlibat langsung dari pembelian sampai penjualan (canvasser) bersama teman.
    bagi hasil disepakati 35% teman dan 65% saya. namun teman saya meminta saham dari asset usaha tersebut juga sebesar 35%. sya sih setuju2 saja, namun karena teman meminta saham 35% maka saya keberatan dengan uang muka mobil, saya maunya mobil dibeli secara cash dengan uang yg dipinjamkan kebank full seharga mobil. angsuran berasal dari usaha tersebut.
    bagaimana mnurut bapak? apakah ini adil, saya minta saran dan perhatian dari bapak. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr wb

      Penggantian investor/Akuisisi Investasi harus menjadi pertanyaan dan perhatian anda sebelum memutuskan, karena nilai investasi yg baik biasanya lebih mahal/tinggi dari nilai nominal investasi awal yg ditanamkan, sbg contoh bila saat ini saya berinvestasi dlm sebuah bisnis baru senilai Rp. 100 juta dan misal 3 tahun kedapan ternyata maju dgn omzet & keuntungan yang baik maka saya tdk akan menjual investasi tersebut senilai Rp. 100 juta bukan?

      Bentuk penghargaan kepada mitra bisnis dasarnya adalah kesepakatan jadi wajar bila rekan bisnis anda meminta saham atau lainnya asal anda sepakat tidak masalah, yg harus diperhatikan adalah masalah FAIRNESS yg memang kadang sangat berbeda pandangan diatara partner bisnis tersebut, kuncinya bicara dari hati & saling memahami.

      Bagi hasil 35% utk anda sbg investor sekaligus pengelola sah-sah saja walau anda berhak bernegosiasi lebih, yang penting posisi anda sbg investor merangkap pengelola sejajar dan tidak didominasi pengelola yg memang sudah eksis setelah bekerjasama dgn investor sebelumnya.

      Demikian jawaban sederhana saya, barokallah sukses

      Delete
  11. Assalamualaikum wr. wb,

    Dari contoh di atas, apakah keuntungan tsb sudah dikurangi dengan depresiasi alat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr wb

      Dalam perhitungan Harga Pokok Penjualan (Cost Of Good Sold)sudah selayaknya pengelola memperhitungkan depresiasi fixed asset walaupun Non Cash Expenses sehingga usaha lebih maju dgn cadangan modal dari dana depresiasi tsb utk ekspansi usaha.

      Demikian jawaban sederhana saya, barokallah sukses

      Delete
  12. sore gan,
    saya mau melakukan kerjasama dengan sebuah perusahaan, yang mana usaha divisi usaha ini yang tau dan menjalankan :market,proses dan qualitas adl team saya sendiri, trus perusahaan memfasilitsi mesin dan administrasi, alangkah baeknya persentase pembagian hasil gimana ya gan ? thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore juga Bos tanpa nama! Saran saya anda hitung proyeksi pendapatan dan biaya termasuk penggunaan mesin tsb seolah2 anda sewa, lalu selisihkan total proyeksi pendapatan dgn total biaya, maka anda akan dapat proyeksi laba/profit. Lalu rasiokan total proyeksi biaya sewa penggunaan mesin diatas dgn proyeksi laba/profit tsb, maka rasio tsb bisa menjadi patokan hak bagi hasil pemilik mesin dan sisanya hak anda, semoga sukses......

      Delete
  13. Selamat pagi pak,

    Saya ingin bertanya pak budi, saya sedang menjalankan sebuah usaha. Disini full ide bisnis dan semua jalannya usaha saya yang mengerti. Kemudian saya bertemu teman dia ingin bergabung dengan memberikan modal 300juta (tetapi pinjam di bank) dan dia mengerti sedikit tentang produksi usaha yang sedang saya jalankan.

    Disini dia ingin ikut sebagai pengelola, kira2 berapa persen pembagian yang tepat untuk menjalankan usaha ini. Jika saya memakai 40%:60% (60% masih dibagi berdua) saya rasa kurang tepat karena saya harus ikut membayar cicilan dibank, dan diproduksi pun semua pekerjaan saya yang handle dan yang tau arahnya kemana

    Kira2 saya harus menggunakan perhitungan yang mana tepatnya??
    jika saya menggunakan seperti ini kira2 tepat tidak??

    40% : 60 %
    40% = semua ke teman saya tetapi saya tidak mau tau dengan cicilan di bank
    60% = dibagi lagi menjadi 3 ==== 30% : 35% : 35%
    30% = buat saya sebagai ganti ide dan konsep bisnis karena kalau tidak
    ada saya bisnis ini tidak jalan
    35% = upah saya sebagai pengelola
    35% = upah temen saya sebagi pengelola

    Terima Kasih Mohon sayan terbaiknya


    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore pak.
      Saya setuju dgn anda, kewajiban cicilan bank adl tanggung jawab teman anda sbg investor yg berkewajiban menyediakan modal. Simulasi rasio bagi hasil yg anda rancang cukup menarik dan fair krn anda adl pemilik ide bisnis tsb, asal semua sepakat, itulah yg terbaik. Semoga sukses

      Delete
    2. kasus yg sama dengn saya pak, klo sya di bidang foto & video,karena sudh tdk mampu menangani kerjaan sndiri dan tipe job2 memang mulai k korporasi (company profile, video marketing dll) sya sudh bertekad untuk membangun rumah produksi.kebetulan saya bertemu dgn orng yg mau bntu&kerjasama dia mengontrakkan tempat buat kantor dan sepakat semua modal saya, peralatan kerj, kamera pc dihitung mnjadi 1.jdi posisi skrg sama2 menanam modal dan sy yg full kerja, yg punya ide,sbgai fotografer nya jg yg menjdi ujung tombak bisnis.sy pngen berkonstrasi berkarya dan dia di bisnis nya, walau dia cm bsa malam krna siang kerja kantoran.gmn tuh cara paling tepat mnghitung bagi hasil, menghitung tenaga saya?....

      Delete
    3. Sdr. Rudarp, bila partner anda modal tempat saja dan anda modal kerja, peralatan dan tenaga kerja utk jalankan usaha tsb, maka anda berhak bagi hasil yg lebih besar. Bagi hasil keuntungan 70% s.d 90% layak untuk anda, dan 10% s.d 30% cukup untuk teman anda, selamat negosiasi, semoga sukses

      Delete
  14. Assalamu alaikum wr wb.Pak Budi cahyadi.

    Perkenalkan sy Hendro.sy mnta tolong saran yg tepat buat usaha kerjasama bagi hasil sy dan teman.Sy bergerak di bidang bengkel mobil,yg di mana teman sy mempunyai tempat usaha dan sebagian peralatan kerja.Tetapi dia buta masalah bidang tsb.Dlm bisnis itu sy yg menjalankan dan semua pegawai sy yg handle,termasuk sebagian peralatan kerja lg sy yg punya.disini sy ikut terjun lsng kerja pula.yg sy ingin tanyakan ke Bapak,bgm metode bagi hasil yg tepat,seadil adilnya bg kedua pihak? Apakah persentase pembagiannya di hitung setelah di kurangi biaya operasional sama gaji pegawai? sebelumnya sy ucapkan banyak terima kasih atas adanya forum ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wrwb
      Smg Allah merahmati & memberkahi sdr. Hendro & keluarga. Seperti yg sy paparkan dlm artikel diatas, krn anda juga ikut berinvestasi sebagian peralatan maka wajib dihitung nilai investasi masing-masing antara anda dan teman anda pelik tempat sekaligus sebagian peralatan. Rasio sharing modal- tersebut sgt penting utk hak pembagian asset dan risiko bila terjadi masalah yg menyebabkan kerjasama berakhir atau bahkan kerugian/kebangkrutan.
      Adapun rasio pembagian bagi hasil sgt tergantung negosiasi antara anda dan teman anda, contoh perhitungan yg saya tampilkan di artikel hanya alat bantu agar para pihak yg bekerjasama bisa saling menguntungkan dan tdk mendzalimi bila rasio bagi hasil tidak fair krn misalnya salah satu pihak krg faham dlm perhitungan. Jadi sah-sah saja anda meminta "jatah" gaji sbg bagian bagi hasil hak anda sbg pengelola asal ke2 belah pihak sepakat. Semoga sukses

      Delete
  15. Ass. Mohon pencerahan pa, saya dan 2 temen saya mau buat pt, investor dari 2 temen saya dri pembuatan pt, saya menyediakan tempat, dan usahanya dlm bidang pengadaan brng dan jasa / broker klu menurut saya, ke 2 temen saya ikut dlm pengawasan dan mencari proyek juga, klu saya sebagai eksekutor, yg saya tanyakan gimana pembagian hasilnya? Rencanaya saya cuma di kasih 20% apakah adil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalm wrwb, smg Allah merberkahi Pak Suwana & klg. Perseroan Terbatas atau PT adl badan usaha berbadan hukum yg kepemilikan modalnya sesuai setoran modal masing2. Pemilik modal lazim disebut pemegang saham dan modal disetorkan dalam PT tersebut disebut saham.
      Sebelum anda dan rekan2 anda terjun ke operasional bisnisnya sebaiknya dihitung dan ditentukan dulu jumlah saham masing2 baik rekan2 anda yg menyetorkan modal tunai/asset dan setoran anda dlm bentuk skill/kompetensi sbg pengelola atau eksekutor yg anda sebutkan diatas. Bila 20% yg anda sebutkan diatas adalah nilai saham anda, maka rekan2 anda memilik saham sebesar 80%.
      Rasio kepemilikan saham tsb akan menjadi patokan pembagian keuntungan atau dlm PT disebut Deviden yang dibagikan setiap tahun, termasuk risiko kerugian dan kebangkrtutan sesuai rasio kepemilikan saham tsb.
      Sedangkan dlm operasional anda sbg eksekutor disebut pengurus istilah kerennya Board of Director atau Direksi, sedangkan rekan2 anda sbg pengawas atau komisaris. Dalam operasional anda sbg direksi dan rekan2 anda sbg komisaris tentunya sgt boleh meminta imbalan rutin seperti gaji yg besarnya disesuaikan dgn kemampuan perusahaan, lazimnya gaji direksi lebih besar drpd komisaris. Sedangkan pembagian keuntungan atau deviden adalah setiap tahun dr akumulasi keuntungan atau kerugian yang didapat perusahaan selama satu tahun menjalankan usaha. Semogs sukses

      Delete
  16. assalamualaikum,
    Sy dan teman sy join membuka usaha tas.
    smua modal 50jt .
    sy 25, dan teman sy 25 .
    dan sampai saat ini laba kita bagi rata .
    Pertanyaan nya..
    Jika slh satu dr kami ingin berhenti join.. bgaimana bg hasil yg baik?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdri. Ze Ogebb, bila salah satu anggota yg bekerjasama berhenti, maka kembalikan dana 25 jt yg ditanamkan setelah ditambahkan dengan keuntungan usaha haknya dan dikurangi kerugian bebannya yg dialami bila ada. Oh iya keuntungan disini termasuk yang pernah dibagi sebelum anggota tersebut mengundurkan diri. Semoga sukses

      Delete
  17. assalamualaikum,
    sy sebelumnya mempunyai pengalaman yg kurang menyenangkan dlm hal kerjasama usaha kafe, awalnya trust investment sy modal hampir 200jt dan partner sy sm skali tidak keluar modal, tidak ada perjanjian apapun dari awal dibawah tangan ataupun notaris, krn sdh saling percaya, bagi hasil 50:50. namun sy ikut terjun lgsg dan mengelola bahkan paryner sy yg terlihat sangat kurang serius, sehingga beberapa bulan jalan sy sdh merasa tdk cocok dan merasa dikecewakan, akhirnya sy meminta pengembalian modal sy, sebelumnya bagi hasil sy krg lbh tdk mencapai 20jt totalnya, jd sy meminta pengembalian 175 saja.
    yg sy tanyakan, berdasarkan pengalaman sy, ay tdk ingim hal tsb tjd lg, sy ingin buka usaha lg, namun sy ingin jika ada yg mau join dng sy modelnya sharing investment sj, jika misal ilustrasinya sy modal 100 it partner sy 100jt dengan pengelolaan penuh dr saya, partner sy tidak ikut mengelola, sistem bagi hasil yg baik yg seperti apa? krn sama2 100jt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wrwb Sdri. Putri
      Kesalahan dlm kerjasama cafe anda:
      1. Tidak dibuat perjanjian tertulis
      2. Partner anda tidak keluar modal sedikitpun padahal anda beri bagi hasil 50%, menjadikan partner anda dlm kondisi "beruntung". kebetulan sifatnya tdk amanah & professional, maka anda yg "tidak beruntung".
      3. Karena di awal tidak ada perjanjian tertulis, sebaiknya akhiri saja perjanjian tsb tanpa harus ada tertulis pula supaya kerugian anda tidak tambah banyak, kecuali anda ikhlas bersedekah kepada partner anda hehehe.
      4. Semoga pengalaman "anda tidak beruntung" ini menjadikan anda lebih berhati-hati dalam bekerjasama dengan pihak lain.
      5. SIlhakan anda ubek2 tulisan saya yang berjudul Panduan Kerjasama Usaha dan Bentuk Kerjasama Usaha atau Kategori Konsultasi.

      Sabar & terus berbisnis, semoga sukses

      Delete
  18. Asslmwrwb.
    Saya uti, rencana akan kerjasama dgn seorang keponakan membuka resto mi ayam. Modal seluruhnya dari saya, pengelolaan usaha dijalankan berdua. Keponakan saya sdh memiliki usaha itu dan msh berjalan (suaminya) tp msh kelas tenda. Dia ingin memiliki tambahan dan mengajak kerjasama. Sebenarnya saya bisa mendapatkan resep produk dia dgn membayar 10jt, tp dia ingin bentuk kerjasama saja. Bgmn pendapat bpk dan berapa persentase bagi hasilnya. Tks. Wass.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wrwb

      Sdri. Uti, bila anda yakin dgn keponakan anda bisa menjadi mitra yg amanah & professional, insya Allah kerjasama usaha adalah pilihan terbaik, bagi hasilnya bila modal dari anda semua maka 40% keuntungan untuk anda dan 60% untuk ponakan anda lazim terjadi, bila ada sharing modal dari keponakan anda, maka wajar bila keponakan anda mendapat lebih besar dari 60%, silahkan negosiasikan.
      Tapi bila anda tidak yakin dengan keponakan anda, tapi anda tetap ingin berbisnis Mie Ayam tersebut, pilihan membeli resep dan anda jalankan sendiri usaha tersebut adalah pilihan terbaik. semoga sukses

      Delete
  19. ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑَﺮَﻛَﺎﺗُﻪُ
    semoga Allah merahmati dan memberkahi anda beserta keluarga dan usahanya selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT ﺁﻣِﻴْﻦُ ﻳَﺎ ﺭَﺏَّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦ , saya Fani, sekarang ini saya berencana membuka usaha dengan mengajak teman untuk kerjasama dalam mengelola usaha dengan harapan dapat menjadi team yang solid insya Allah..,tempo hari saya beserta yang lainnya berkempul membahas sistem kerjasama lalu saya menyerahkan kontrak kerja seperti bpak katakan diatas " perjanjian/akad tertulis dan bermeterai dengan mencantumkan seluruh pasal-pasal yang disepakati ". alhasil mereka menolak menerima surat tersebut karena form tersebut menurut mereka bisa di lakukan setelah usaha ada kemajuan, nah yang saya tanyakan dengan melihat sikap mereka dengan menolak form tersebut apa saya mengikuti saran mereka atau saya mencari partner yang lain atau mungkin saya berjalan sendiri?

    atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan جَزَاكَ اللّهُ شكرا كثيرا

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdr. Fani, saran saya perjanjian tertulis adalah perintah Allah lihat Al Quran surat Al Baqarah 282, Allah sudah tahu akan banyak terjadi konflik bila suatu urusan uang tidak dilakukan perjanjian tertulis, persaudaran bisa rusak bila berhubungan urusan uang. Maha benar Allah dgn segala firmannya, maka sampai akhir hidup saya akan tetap bilang ke anda dan yang lainnya bila berurusan bisnis maka, BUATLAH PEJANJIAN TERTULIS. semoga sukses

      Delete
  20. Assalamu Alaikum...

    jika sudah terjadi kesepakatan pembagian hasil pak...
    apakah sebagai pengelolah selalu siap jika suatu waktu pemodal akan meminta untuk mundur dan ingin menarik sejumlah nilai yang dinvestasikan,, atau apakah boleh jika sebagai pengelolah sudah mempunyai modal yang cukup bisa menutup atau mengganti sejuamlah uang yang sudah dinvestasikan pemodal..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdr. Bhima, bila suatu pihak menginginkan mengakhiri perjanjiannya dan menarik modalnya, maka hitunglah seluruh asset yg ada dalam usaha tersebut, lalu di bagi sesuai sharing modalnya ditambah keuntungan dan dikurangi kerugian. Keuntungan disisni termasuk yang pernah dibagi hasilkan sebelum berakhir masa perjanjian. Bila teman anda hanya meminta pengembalian dana awal saja tanpa minta tambahan apa-apa, jelaskan dulu bahwa asset usaha telah berkembang dari modal awal yang disetorkan maka teman anda berhak atas asset dari pengembangan usaha tersebut, tapi bila teman anda tetap tidak mau dah hanya minta dana awalnya saja, asal sama2 ikhlas, insya Allah anda orang yg beruntung, tapi bila anda sembunyikan asset yg berkembang tersebut, teman anda memang tidak tahu, tapi Allah maha tahu.
      semoga sukses

      Delete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah ketemu blog luar biasa, apakah bisa konsultasi intensif Pak? saya sedang akan mengerjakan proyek pertama perumahan dengan nol pengalaman. Terima kasih banyak Pak Budi. Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Ahmad bisa manfaatkan konsultasi gratis melalui Blog ini, semoga bermanfaat

      Delete
  23. Alhamdulillah... blog ini sangat mencerahkan...

    ReplyDelete
  24. BAGI bpk/ibu investor,(pemodal)

    Saya mampu mengkelola pembuatan arang batok,dan arang batok karbon yg dpergunakan untuk *************!
    namun permodalan saya tidak CUKUP! Jika bpk/ibu investor(pemodal) ingin membuka cabang2 atau memodali. Saya siap berbisnis.
    Usaha ini siap MASUK kedalam Nama PT,cv,perusahaan, dLL anda,

    Bagi bpk/ibu yg berminat,
    hb. Saya
    BB : 22E06B7B
    Saya siap berbisnis
    Nb: hanya bagi orang yang serius"
    Tanks

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum wr.wb
    Alhmdulilah dapat ilmu dari membaca blog ini juga pertanyaan dan jawaban dari pak budi.
    Saya mau konsul.
    Saya sudah 2 bulan merintis usaha dengan ke 3 teman saya, namun 2 bulan ini kita hanya mengumpulkan dana awal untk keperluan dan pengadaan barang d tempat usaha.
    Dan alhamdulilah saya pribadi mendaptkan rizki untuk membangun sebuah kantor dan kami pun ingin segera mengisi nya. Namun kita berempat baru memiliki 10% dana untuk modal awal. Dan kita pun bersepakat untuk meminjam ke bank. Tapi kita tdk memiliki anggunan untuk itu. Akhirnya saya memutuskan meminjam ke tabungan koprasi orang tua saya. Dan teman2 setuju. Namun yang saya bingungkan sekarang adalah sitem bagi hasil, karena tempat dan pinjaman modal atas nama saya. Beda dengan saat 2 bulan kebelakang yang bekerja ber sama2 mengumpulkan dana awal.
    Mohon pak budi dapat memberikan solusi untuk kasus saya.
    Terimakasih,
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdr. Tanpa nama, buat saja perjanjian tertulis di bawah tangan atau notaris kalo perlu, yg menyebutkan bawa Pinjaman Bank/Koperasi atas nama anda, adalah tanggung jawab ber-4 anda dan ke 3 teman anda, jadi bila suatu saat terjadi masalah perjanjian ini akan mengamankan anda, semoga sukses

      Delete
  26. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  27. klo pembagian hasil kerjasama dengan orang tua gimna saya bingung dalam pembagian y saya mempuyai modal 100jt
    sedangkang ayah saya mempuyai modal usaha dan bengkel yang berjalan saya ingin invest modal 100jt saya ke usaha ayah saya terus untuk pembagian hasily kelak bgaiman mohon infoy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdr.Hiksi, orang tua wajib kita hormati selamanya, tapi bisnis adalah bisnis, maka tetap buatlah PERJANJIAN TERTULIS, bila ortu tidak mau tertulisa ya tidak masalah, tapi anda harus ilhklas bila suatu saat usaha berakhir dana anda juga berakhir dan anda tidak boleh buruk sangka dan jelek ke ortu, kan konsekuensi bisnis dgn family apalagi ortu adalah anda harus siap untung atau rugi dgn ikhlas. Bagi hasilnya bisa anda baca banyak di artikel saya yg membahas Kerjasma Usaha dengan contoh perhitungan lengkapnya. Semoga sukses

      Delete
  28. assalamualaikum...mohon pencerahan dalam bagi hasil. saya dan teman saya sedang usaha ternak ayam potong waralaba dengan perusahaan X, saya dan teman saya sebagai pemilik kandang dengan modal pembuatan 50% : 50% dg total 100jt. dalam usaha ini teman sayalah yg mengawasi kandang setiap harinya sedangkan kami mengambil 2 orang pegawai dg perjanjian bagi hasil 20% dari laba bersih, lalu bagaimanakah cara pembagian hasil dari profit yg kami dapatkan dari perusahaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wrwb. sdr. Nov Yan, misal bila usaha Ayam tsb sekali tanam dapat undung 10 juta berarti keluarkan dulu 20% untuk 2 orang pegawai yg anda rekrut yg kebagian Rp. 2 juta, lalu sisanya Rp. 8 juta dibagi untuk anda 50% atau 4 juta dan teman anda 50% atau 4 juta juga. Semoga sukses.

      Delete
  29. Salam kenal pak Budi,

    Mohon pencerahan dari bapak. Saya merintis suatu usaha pendidikan anak usia dini sejak 2thn lalu dengan menyewa ruko, dan saat ini mempunyai 25 murid. Kebetulan ada tawaran dari sekolah lain yang mempunyai jumlah murid yang hampir sama tapi mempunyai gedung sendiri (tidak menyewa) untuk di-merger. Jadi murid dan aset lain dipindahkan ke sekolah tersebut, dan saya yang dipercaya mengelola sekolah yang akan digabungkan itu denagan nama gabungan. Pertanyaan saya bagaimana perjanjian kerjasama yang saling menguntungkan? Apakah saya sebagai pengelola yang menanggung biaya operasional, atau dibagi berdua proporsional sesuai jumlah murid saya dan pemilik sekolah itu 50:50? Kebetulan saya keluar know how dan tenaga berikut 25 org murid, sedangkan dia punya gedung dan murid 25 orang juga. Apakah investasi gedung yang biasanya diambil dari uang pendaftaran siswa dapat 100% diberikan kepada pemilik gedung, setelah dikurangi biaya renovsi/perbaikan gedung seperti cat ulang, dsb? Bagaimana bagi hasil yang paling ideal dalam kasus saya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal sdr. Tanpa nama, saran saya bila ingin digabung dan anda menjadi pengelola dengan bagi hasil 50:50, maka seluruh keuntungan akan dibagi antara anda dengan sekolah tsb, termasuk uang pendaftaran siswa baru, krn modal anda adalah skill & tenaga sbg pengelola sdhkan sekolah tsb modalnya adalah tempat & lainnya bila ada. semoga sukses

      Delete
  30. Assalammualaikum Wr Wb
    Pa Budi yang terhormat
    Saya petani yang baru 5 tahun menggeluti usaha tani padi. Banyak rekan-rekan saya di lapangan yang terjerat investor/tengkulak dengan sistem IJON..yang saya ingin tanyakan kepada Pa Budi,
    1. Apakah ada cara yang dapat mematahkan/menghapuskan sistem ijon ini.
    2. Isi perjanjian tertulis yang bagaimana yang bisa bikin malu para pelaku IJON.

    Saya harap bapa bisa segera membalas komentar saya ini, karena ada ribuan petani di Negeri kita yang harus di Merdekakan dan ada puluhan ribu ton hasil komoditas petani yang haknya tidak pernah sampai ketangan petani untuk hidupi keluarganya. Dan saya doakan anda agar diberikan kemulian dunia akhirat oleh Allah SWT yang telah membebaskan petani dari kehimpitan ekonomi, upaya pembodohan..

    Wassalamualaikum Wr Wb
    aditya_rasyid69@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdr. Aditya Rasyid, terima kasih perhatian anda kpd para petani kita yang masih terpuruk nasibnya di negeri ini. Insya Allah pertanyaan anda ini akan saya bahas dalam artikel khusus, mohon menunggu.

      Delete
  31. asalamualaikum wr.wb
    mohon pebcerahanya pak saya diajak berbisnis di cv temen saya yg bergerak d multi usaha sementara yg sedang berjalan adalah bisnis pengolahan limbah. saya awam mengenai bisnis tersebut jika saya menginvestasikan dana sebesar 100jt saya dijanjikan pembagian keuntungan sebesar 5% setiap bulannya dan resiko d tanggung oleh sahabat saya. pertanyaan saya apakah sistem seperti ini realistis apa tidak karena background saya bukan enterpreuner dan perjanjian seperti apa yang harus saya buat agar aman bila terjadi sesuatu di kemudian hari terima kasih mohon pencerahanya
    wassalamualaikum wr. wb
    yusahmad.84@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wrwb sdr. Achmad Yusuf, buat perjanjian tertulis bahwa anda menginvestasikan dana sebesar Rp. 100 juta kpd teman anda dgn jangka waktu pengembalian sampai kapan. Tambahkan pula klausul spt risiko usaha ditanggung teman anda dan bagi hasil sebesar 5% dari keuntungan, tp sebaiknya anda hitung dulu berapajah estimasi rupiah dari 5% keuntungan tersebut, bila menurut anda layak dan menguntungkan anda silahkan lanjutkan, bila tidak, anda boleh nego ulang untuk minta hak keuntungan lebih besar. semoga sukses

      Delete
  32. Selamat pagi pak budi
    saya usaha dibidang f&b khususnya bakery berdua dengan teman saya, beberapa minggu kemaren kita tutup karena sewa habis dan sengaja tidak kita perpanjang karena tempat yang kurang cocok, lalu sebelum kita tutup ada satu konsumen kami yang tertarik untuk melakukan kerjasama, dia memiliki tempat yang cukup strategis (Ruko) berada di pinggir jalan utama dan disamping kampus (Negri). nah kira-kira sistem kerjasama atau persentase yang pas dan fair kira2 bagaimana dan berpa ya pak.
    Pihak investor : Modal Tempat dan furniture/ interior
    kami (pengelola) : Konsep bisnis, Modal mesin dan perlengkapan produksi, serta jaringan pendukung dan jaringan penjualan yang sebelumnya sudah kami jalankan.

    jika pembagiannya seperti ini bagaimana pak?
    Investor : 41%
    pengelola: 59%

    lalu batasan atau kewenangan kedua belah pihak bagaimana ya pak? biar rambu2 nya jelas hehe

    mohon pencerahannya ya pak

    ReplyDelete
  33. Salam sukses,

    Assalamualaikum,

    saya ingin menanyakan untuk pembagian hasil diatas, berarti keuntungan 100% dibagikan ke pemodal dan yang menjalankan usahanya,
    lalu bagaimana jika kita mendirikan usaha semacam CV? berapa % yang harus kita sisihkan untuk kas perusahaan? lalu apakah pembagian diatas masih relevan atau harus ada perhitungan yang lain?

    mohon penjelasan terima kasih.

    Wassalam

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  36. Assalamu'alaikum mas Budi,
    Mohon saran...kawan mengajak investasi di CV beliau yg sudah berjalan.
    Dia berharap invest Rp 100jt dan bersedia memberikan fee Rp 10jt per 2 bulan berjalan.
    Bagaimana pendapat mas Budi?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  37. Terimakasih untuk ulasan artikelnya pak...membantu sekali. Saya adalah pemilik modal spt yg ada dlm contoh bapak di atas, tapi skrg pengelola usaha saya merasa semua aset yang saya bayar dan beli di awal menjadi milik dia juga, sehingga bila saya masuk ke dalam gedung usaha saya itu si pengelola tidak merasa nyaman. Dan mereka mengatakan kepada saya untuk tidak ikut campur dalam pengelolaan usaha.

    ReplyDelete
  38. Assalamualaikum.....
    Pak,saya minta bantuan......
    Saya dan teman baru 1 bulan buka usaha angkringan, Modal kita sama bnyak dan Pengelola kita berdua, namun perbedaannya, intensitas kerjanya kita berbeda semisal 7 hari ( saya = 3 hari dan teman = 4 hari ).
    Nah...saya mau tanya,,Bagaimana pembagian hasil yang pantas dan Bagaimana cara buat Surat Perjanjiannya?
    biar tak terjadi kesalah pahaman d kemudian hari...
    Terima Kasih....

    ReplyDelete
  39. alhamdulillah setelah saya membaca blog bapak saya mendapat tambahan ilmu dalam sistem bagi hasil usaha, terima kasih pak, namum kendalanya saat ini saya masih sulit mendapatkan investor yang mau bekerja sama dalam usaha kuliner saya, apakah ada info untuk hal ini pak? terimakasih

    ReplyDelete
  40. Selamat pagi Pak Budi,

    Mohon sharing nya pak, kita sedang mau buka usaha baru dengan kondisi sbb:
    - Modal 100% dari investor
    - Pengelola 2 orang (saya dan teman saya)
    - Pemilik ide bisnis saya
    - Investor akan ikut mengelola meskipun tidak full
    - Investor juga pemilik tempat/kantor
    Mohon sharing nya pak untuk pembagian saham/profit sharing nya baik ny seperti apa ya pak?karena kita akan sah kn di notaris. Terima kasih

    ReplyDelete
  41. Ass,,,,,,, mohon penjelasan ni gan, ane pernah jualan sperart acesoris alat bor tambang, tapi saya masih bingung cari agen penyuplai barang, gimana cara untuk mendapatkan agen langsung? Karna yg udah sering ketipu, mohon penjelasanya,,,

    ReplyDelete
  42. assalamualaikum wr.wb. saya aris, terima kasih atas infonya. Artikel ini sangat bermanfaat buat saya, yang akan memulai join investment dengan teman saya. Terimakasih...semoga kedepan pasti banyak yang akan saya tanyakan terkait bisnis kami

    ReplyDelete
  43. Senang fellows tahun baru, saya ingin berbagi saya ajaib 2016 kesaksian tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya pada 4 Januari tahun nya dari Jonnie Walker Corporation. Saya mulai mencari pinjaman karena pada Juli 2015, setelah bertahun-pertemuan dengan perusahaan pinjaman palsu online yang berbeda, saya bertemu Jonnie Walker Corporation pada 19 Desember 2015, dan setelah seri mereka dari proses dan pembayaran Biaya saya Of Transfer Kredit saya, saya kemudian menerima pinjaman saya di Pertama Senin (4 \ 01 \ 2016) tahun ini. Saya sangat berterima kasih kepada Korporasi Untuk menjaga kata-kata mereka mentransfer kredit saya untuk saya. Sekarang, saya bisa menyekolahkan anak saya kembali ke sekolah, saya sekarang bisa pergi dan menyelesaikan pendidikan universitas saya tanpa kendala keuangan. Saya berjanji untuk mendapatkan pelanggan untuk mereka dengan iklan Perusahaan mereka. Mereka mencari pinjaman dan Anda memiliki penipu ditemui, Anda dapat menghubungi mereka dan saya dapat meyakinkan Anda mendapatkan pinjaman Anda setelah Anda Biaya Of transfer. Hubungi email: Jonniewalker@financier.com
    Selamat!!!

    ReplyDelete
  44. Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    ReplyDelete
  45. Saya Widaya, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS.Who yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM.

    Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya adalah semua pembohong, saya menghabiskan hampir 40 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi tracy morgan loan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email mereka yang sebenarnya: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. Hati-hatiSaya Widaya, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS.Who yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM.

    Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya adalah semua pembohong, saya menghabiskan hampir 40 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi tracy morgan loan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email mereka yang sebenarnya: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. Hati-hati

    ReplyDelete
  46. Nama saya Cynthia Johnson. hipotek, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial Umum Mr John Carlson, salah satu harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pinjaman uang pinjaman pribadi, pinjaman, kredit konstruksi, kredit bunga rendah tingkat modal dll 2%, pinjaman usaha dan buruk pinjaman kredit usaha, start up. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya juga ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka. hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  47. Amanda Badan Kredit adalah satu-satunya yang benar pemberi pinjaman online karena saya mendapat pinjaman saya dari mereka.
    Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh.
    Setelah saya bertemu syarat dan ketentuan perusahaan, pinjaman saya disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam.
    Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandarichardssonloanfirm@gmail.com atau amandarichardson686@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya rasheedamuhammad10@gmail.com
    Aku ingin kau menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya.

    ReplyDelete
  48. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
    hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
    profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
    Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    ReplyDelete
  49. saat nya pembeli beriklan
    di www.caripembeli.com
    iklankan kebutuhan anda sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Mrs Queen pemberi pinjaman pinjaman pribadi, kami memberikan pinjaman pada tingkat 2%
      Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar utang Anda?
      Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis,
      pinjaman untuk membayar tagihan,
      Kami di sini untuk memberikan pinjaman dari jumlah apapun, silahkan hubungi kami melalui alamat perusahaan:
      queendanielloanfirm@gmail.com Tuhan memberkati.

      Delete
  50. Saya Ibu Hannah Boss, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (hannahbossloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    ReplyDelete
  51. Syukur kepada Allah yang maha kuasa untuk memberi saya kesempatan ini untuk berbagi kesaksian saya, saya Mrs. Indriaty Manirjo, yang Anda cari pinjaman? Saya ingin membawa ini ke semua pemberitahuan pinjaman untuk berhati-hati, karena begitu banyak perusahaan pinjaman palsu di internet. Saya telah menjadi korban dari sebuah perusahaan pinjaman palsu 4, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman palsu yang saya kemudian mengetahui mereka adalah scam. Pada proses yang saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berhutang kepada karena saya tidak bisa bertemu untuk kali saya berjanji untuk membayar dan saya ditangkap. Aku baru saja keluar dari penjara, ketika saya bertemu dengan seorang teman yang intoroduce saya untuk pemberi pinjaman kredit karena dia meyakinkan saya bahwa dia mendapat yang pinjaman dari dia yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY, jadi saya tidak punya pilihan untuk memberikan cobaan karena saya harus bertemu dengan standar hidup dan membayar utang saya dan memulai bisnis baru. Jadi saya mendapat pinjaman saya dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY tanpa stres, itulah alasan saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, sehingga mereka tidak akan jatuh di tangan pemberi pinjaman kredit palsu. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. magretspencerloancompany@gmail.com,.
    Anda masih bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang indriatymanirjo010@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati.

    ReplyDelete
  52. Syukur kepada Allah yang maha kuasa untuk memberi saya kesempatan ini untuk berbagi kesaksian saya, saya Mrs. Indriaty Manirjo, yang Anda cari pinjaman? Saya ingin membawa ini ke semua pemberitahuan pinjaman untuk berhati-hati, karena begitu banyak perusahaan pinjaman palsu di internet. Saya telah menjadi korban dari sebuah perusahaan pinjaman palsu 4, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman palsu yang saya kemudian mengetahui mereka adalah scam. Pada proses yang saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berhutang kepada karena saya tidak bisa bertemu untuk kali saya berjanji untuk membayar dan saya ditangkap. Aku baru saja keluar dari penjara, ketika saya bertemu dengan seorang teman yang intoroduce saya untuk pemberi pinjaman kredit karena dia meyakinkan saya bahwa dia mendapat yang pinjaman dari dia yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY, jadi saya tidak punya pilihan untuk memberikan cobaan karena saya harus bertemu dengan standar hidup dan membayar utang saya dan memulai bisnis baru. Jadi saya mendapat pinjaman saya dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY tanpa stres, itulah alasan saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, sehingga mereka tidak akan jatuh di tangan pemberi pinjaman kredit palsu. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. magretspencerloancompany@gmail.com,.
    Anda masih bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang indriatymanirjo010@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati.

    ReplyDelete
  53. Halo, saya Mrs Christy Morris, pemberi pinjaman pinjaman pribadi memberikan kesempatan seumur hidup pinjaman ini. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang-hutang Anda segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lainnya lembaga finansial? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang berhutang buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman pada tingkat rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang mungkin dipercaya dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  54. Syukur kepada Allah yang maha kuasa untuk memberi saya kesempatan ini untuk berbagi kesaksian saya, saya Mrs. Indriaty Manirjo, yang Anda cari pinjaman? Saya ingin membawa ini ke semua pemberitahuan pinjaman untuk berhati-hati, karena begitu banyak perusahaan pinjaman palsu di internet. Saya telah menjadi korban dari sebuah perusahaan pinjaman palsu 4, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman palsu yang saya kemudian mengetahui mereka adalah scam. Pada proses yang saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berhutang kepada karena saya tidak bisa bertemu untuk kali saya berjanji untuk membayar dan saya ditangkap. Aku baru saja keluar dari penjara, ketika saya bertemu dengan seorang teman yang intoroduce saya untuk pemberi pinjaman kredit karena dia meyakinkan saya bahwa dia mendapat yang pinjaman dari dia yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY, jadi saya tidak punya pilihan untuk memberikan cobaan karena saya harus bertemu dengan standar hidup dan membayar utang saya dan memulai bisnis baru. Jadi saya mendapat pinjaman saya dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY tanpa stres, itulah alasan saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, sehingga mereka tidak akan jatuh di tangan pemberi pinjaman kredit palsu. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. magretspencerloancompany@gmail.com,.
    Anda masih bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang indriatymanirjo010@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati.

    ReplyDelete
  55. Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  56. Asalamu alaikum salam s3jahtera semua....
    ada sedikit permasalah dalm sistim kerja sama yg saya lakukan dg kakak saya apakah sudah betu jika kakak(investor) dan saya (pengelola) untuk pembayaran tempat usaha s3besar 100 jt baik saya dan kakak saya mendapatkan bagian 50_50 sedangkan untuk sisa setelah pembayaran pegawai baru di bagi rata yg jadi masalah saya agak merasa kenapa sbg seorang pengelola tp diwajibkan membayar uang sewa bukankah itu sama juga saya menginvestasikan untuk modal tp pembagiannya yg justru saya merasa dirugikan mohon kej3lasaannya apakah benar sbg seorang pengelola dibebankan uang sewa juga dalam pembagian 50-50?

    ReplyDelete
  57. Saya Mrs Queen pemberi pinjaman pinjaman pribadi, kami memberikan pinjaman pada tingkat 2%
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar utang Anda?
    Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis,
    pinjaman untuk membayar tagihan,
    Kami di sini untuk memberikan pinjaman dari jumlah apapun, silahkan hubungi kami melalui alamat perusahaan:
    queendanielloanfirm@gmail.com Tuhan memberkati.

    ReplyDelete
  58. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kita
    memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    ReplyDelete
  59. Halo, saya Mr Daniel John, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: danieljohnhome@gmail.com

    ReplyDelete
  60. Banyak dari mereka yang mengatakan pemberi pinjaman semua palsu, saya adalah korban dari scammers internet selama 6 bulan. kemudian saya tought bahwa hidup saya telah berakhir. jadi saya mengunjungi situs pengumuman dari pinjaman satu hari, dan saya datang di sebuah Nyonya besar, CAHYA KIRANA, pinjaman iklan dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari € 30.000, setelah mengisi formulir dan semua proses telah berhasil dilakukan , saya meminta untuk membayar biaya biaya transfer dan saya juga mengambil iman dan membayar biaya, sayangku untuk saya sangat mengejutkan. dia memberi saya pinjaman dari € 30.000 dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan juga tanpa agunan yang, selama hidup saya dan pinjaman saya siap, dalam waktu 72 jam saya punya uang di rekening saya tanpa masalah. Alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini, karena dia telah mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa. wanita sebagai bagi saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya. dia menemukan lebih lanjut, hubungi hari ini sayangku Saudara-saudara perempuan dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua kehidupan saya saya akan sangat greatfull padanya. Hubungi Ibu Cahya di Email dan mendapatkan pinjaman hari ini .. cahya.creditfirm@gmail.com ,,,, Anda juga dapat menghubungi saya di kasihbambang2012@gmail.com untuk lebih jelasnya!

    ReplyDelete
  61. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  62. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    ReplyDelete
  63. Hello, this is to inform to the general public, about the internet loan scam, it has really caused a lot of damage and it has brought some family into separation and agony. We are really fighting to bring those perpetrators to book. But will need your assistance, because without your help we cannot put an end to this internet scam. What we want from you now is for you to fill in the form below appropriately.

    Company Name:.............................................
    Company Proposed Address:........................
    Company Email Address:................................
    Total Amount Paid:.............................................
    Scan Receipt:.....................................................
    Name of Recipient:............................................
    Mode of Payment:..............................................

    Note: This information is for those who have been victimized by Nigerian citizens who pretends to be a loan lender whereas they are not. So the Nigeria Police and EFCC are working so hard to make sure this crime is brought to a halt. If you are lucky enough your money spent might be refunded back to you.
    Here we have only two credible lenders both locally and internationally, if you are really in need of a loan we can as well give you a better directive and advise to guide you in obtaining a better and a transparent transaction. You can contact us: nigerian.policeforce247@gmail.com
    interpol.hotmail247@gmail.com.


    ReplyDelete
  64. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. opooooo iki... naon dei ie teh...

      Delete
  65. ulasan komentnya panjang2 ya mas... jadi pegel mata baca dri atas sampai bawah.... tapi akhirnya bisa nambah ilmu juga setelah membacanya.... hehe...

    ReplyDelete
  66. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  67. Akulah CEO victoria harrison Pinjaman Perusahaan, dan kami mendirikan untuk meminjamkan pinjaman hanya mereka yang membutuhkan pinjaman, dan juga untuk mereka yang membutuhkan bantuan keuangan, jadi jika Anda berada di luar sana yang membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang-hutang atau tagihan, maka Anda dapat menghubungi kami di email kami di VIA (victoriaharrisonloadfirm@gmail.com) untuk rincian lebih lanjut tentang transaksi dana pinjaman.

    ReplyDelete
  68. Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
    Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
    Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  69. Halo, semua tolong berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, terjadi ditunjukan kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya Ingin saya akan bertemu orang yang tepat tetapi saya tidak.

    Allah menjadi Glory saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke Ibu Tracy Morgan, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. id emailnya tracymorganloanfirm@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan pada widayatarmuji@gmail.com

    ReplyDelete
  70. Halo, semua tolong berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, terjadi ditunjukan kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya Ingin saya akan bertemu orang yang tepat tetapi saya tidak.

    Allah menjadi Glory saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke Ibu Tracy Morgan, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. id emailnya tracymorganloanfirm@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan pada widayatarmuji@gmail.com

    ReplyDelete
  71. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan, mengembangkan bisnis skala kecil atau menengah Anda? Ibu Elizabeth Louis Pinjaman Perusahaan memberikan kesempatan untuk mengakses pinjaman kepada individu atau pemerintah dan Perusahaan untuk mengambil pinjaman dengan tingkat bunga 2% untuk memulai dan dengan jadwal pembayaran yang fleksibel. Hubungi Ibu Elizabeth Louis untuk LOAN Anda hari ini melalui email: elizabethlouisloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  72. Salam, Happy Ramadan

    Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius

    membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda

    sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai

    keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan

    kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% dan juga

    jasa asuransi. Jadi buru-buru !!! Dengan perusahaan pinjaman asuransi Leadway

    pinjaman Anda adalah jaminan dan diberikan, kami menjamin semua klien berharga

    kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di

    wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email {}

    leadwayinsuranceloancompany@gmail.com

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Bunga pinjaman: _____________
    Nomor telepon: ________

    leadwayinsuranceloancompany (leadwayinsuranceloancompany@gmail.com)

    ReplyDelete
  73. Salam, Happy Ramadan

    Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% dan juga jasa asuransi. Jadi Hore !!! Dengan perusahaan pinjaman asuransi Leadway pinjaman Anda adalah jaminan dan diberikan, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email {} leadwayinsuranceloancompany@gmail.com

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Bunga pinjaman: _____________
    Nomor telepon: ________

    leadwayinsuranceloancompany (leadwayinsuranceloancompany@gmail.com)

    ReplyDelete
  74. Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete

  75. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  76. Apakah Anda mencari bantuan keuangan? Ibu SUNSHINE merupakan pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman untuk setiap pencari pinjaman di seluruh dunia, kami menawarkan pinjaman dengan bunga 2% dan jumlah $ 1.000 usd usd euro untuk € 100.000. Jika Anda intrested silahkan hubungi kami melalui email kami (sunshineloancompany@gmail.com) dan mengetahui pinjaman informasi pemohon di bawah ini dan mengembalikannya.

    Nama lengkap ........
    Negara .......
    Negara ....
    Alamat ......
    Fri ....
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan .....
    Durasi .....
    Pekerjaan ........
    Nomor telepon .....
    Tujuan dari Pinjaman ......
    Status pernikahan .....
    Pendapatan bulanan ....
    Terima kasih
    Ibu Sunshine
    (sunshineloancompany@gmail.com)
    SUNSHINELOANCOMPANY

    ReplyDelete
  77. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

    Halo semua, nama saya Ibu Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya dari MRS CHRISTY MORRIS PINJAMAN FIRM karena begitu banyak lender palsu kredit di sini di internet dan juga untuk membiarkan Anda tahu bahwa saya adalah korban dari penipu internet selama 6 kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat handal disebut MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp850,000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka ke depan, Amin
    Jika Anda memerlukan saran tentang bagaimana saya pergi melalui dengan itu, saya wil senang untuk menempatkan Anda melalui, Anda dapat menghubungi saya melalui email: aryatheresia750@gmail.com
    Anda dapat menghubungi perusahaan langsung pada pinjaman mereka
    Email: christymorrisloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    arya Theresia

    ReplyDelete
  78. RAMADAH PELUANG HOLIDAY PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir finansial ?. Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia, suku bunga kredit kami adalah 2% per membatalkan durasi dinegosiasikan terlepas dari lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari menghubungi kami melalui alamat email perusahaan di: Theresaloancompany@gmail.com website kami (sglfirm.org/theresaloancompany)

    CATATAN: Kami memberikan maksimum (USD100,000.00 $ / €) ETC Permintaan Kredit harus dinyatakan dalam US DOLLAR ATAU EURO, RUPIAH, RM dan setiap UANG bekas lainnya.

    pencari pinjaman yang tertarik mengisi formulir aplikasi pinjaman dalam perjanjian ..

    (PEMINJAM INFORMASI)

    Nama lengkap:......................
    USIA.............................
    STATUS PERKAWINAN ..................
    Kontak Alamat: ...........................
    Negara....................................
    Negara...................................
    Telepon:.....................................
    E-mail:.....................................
    Pendudukan:................................
    Pendapatan bulanan: ............................
    Agama:..................................
    Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman: .....................
    Pinjaman Durasi: .............................
    Pinjaman Tujuan: ................................
    Garansi: ................................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya?
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? .............................

    Terima kasih karena kami menunggu Response cepat Anda, kami siap melayani Anda.
    Pinjaman Theresa Pinjaman Perseroan Terbatas

    ReplyDelete
  79. Halo, aku Mrs. Maryan sani Pemberi Pinjaman Pinjaman Pribadi. Perusahaan Kami MENYEDIAKAN Pinjaman PADA Tingkat randah 2%. Apakah
    Andari Perlu Pinjaman mendesak untuk review melunasi Utang Andari, ATAU Andari
    Membutuhkan Pinjaman untuk review meningkatkan Bisnis Andari, membayar Tagihan
    Andari Dan meningkatkan Andari telah dipakai Perusahaan? Andari has ditolak Oleh Bank Dan Lembaga Keuangan lainnya? LAYANAN
    Penyanyi akan memberikan Baik Perorangan, Perusahaan, bisnis wanita pria Dan
    Dan Kami TIDAK costomers terburu-buru Kami membayar, kitd melainkan
    Memberi mereka LEBIH Banyak Waktu untuk review melunasi laon mereka has
    dikumpulkan. Namun, Peluang Keuangan PADA Langkah Pintu Andari, Jadi hubungi kami hari Penyanyi via email di: maryansaniloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  80. Halo, aku mr Recardo, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: Recardoroland.loanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  81. Halo, saya Mrs Nelly mulia, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang menawarkan pinjaman pada tingkat bunga hanya 2%. kami menawarkan, pinjaman pribadi, kredit mobil, modal usaha, pinjaman pribadi dll untuk individu dan perusahaan yang dalam kesulitan keuangan di bawah persyaratan pinjaman yang jelas dan dan dimengerti. hubungi kami hari ini melalui email sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi: (nellyperious@gmail.com)

    ReplyDelete

  82. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  83. Dubril Bandan Kredit, menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, pembentukan pribadi dan umum tanpa agunan.
    tingkat bunga kami adalah pada tingkat yang terjangkau dari 2% dan kami proses pinjaman / pengadaan adalah yang terbaik yang pernah Anda dapat mendapatkan.
    Kami menawarkan setiap jumlah pinjaman dan untuk alasan yang masuk akal.
    Hubungi kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui,
    Email: dubrilloanfirm@gmail.com
    Skype: dubrilloanfirm1

    ReplyDelete
  84. Kabar baik, kabar baik
    Hey hati-hati di sini !!!
    Nama saya Jelli Mira warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberikan pinjaman, saya kehilangan saya uang keras peroleh. Suatu hari, saat browsing melalui internet tak berdaya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama Widya Okta, yang juga scammed oleh pemberi pinjaman kredit palsu, tapi akhirnya mendapat terkait dengan perusahaan pinjaman legit bernama SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM di mana ia akhirnya mendapat pinjaman nya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian mengatakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya memberi saya pinjaman di perusahaan dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Aku mengisi formulir aplikasi kredit dan melanjutkan dengan segala sesuatu yang diminta dari saya dan kepada Allah kemuliaan saya mendapat pinjaman dari Rp450,000,000 dari perusahaan ini besar (sandraovialoanfirm@gmail.com), Dikelola oleh Ibu Sandra Ovia, dan di sini saya sangat senang karena SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM telah mengubah hidup saya jadi saya membuat janji kepada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi SANDRA OVIA dan mengikuti aturan dan peraturan, karena saya meyakinkan Anda mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda memerlukan bantuan tentang bagaimana saya mendapat pinjaman (jellimira750@gmail.com).

    ReplyDelete
  85. DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ____
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: lydiaclintonloanfirm@gmail.co HIS IS NEW YEAR LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI AN INI KESEMPATAN UNTUK ANDA.

    ReplyDelete
  86. Halo, aku mr Recardo, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: Recardoroland.loanfirm@gmail.com

    ReplyDelete

  87. Tuan Nyonya
    Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
    Keuangan *
    * Home Loan
    * Investasi Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Konsolidasi hutang
    * Line of Credit
    * Kedua Mortgage
    * Akuisisi kreditan
    Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 1,5%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 12 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
    Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
    dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete

  88. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan, mengembangkan bisnis skala kecil atau menengah Anda? Ibu Elizabeth Louis Pinjaman Perusahaan memberikan kesempatan untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan dengan memberikan pinjaman kepada individu swasta atau pemerintah dan Perusahaan dengan tingkat bunga 2% untuk awal untuk setiap jumlah yang dibutuhkan dan dengan jadwal pembayaran yang fleksibel. Hubungi Ibu Elizabeth Louis untuk LOAN Anda hari ini melalui email: elizabethlouisloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  89. Hello Everybody,
    My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

    BORROWERS APPLICATION DETAILS


    1. Name Of Applicant in Full:……..
    2. Telephone Numbers:……….
    3. Address and Location:…….
    4. Amount in request………..
    5. Repayment Period:………..
    6. Purpose Of Loan………….
    7. country…………………
    8. phone…………………..
    9. occupation………………
    10.age/sex…………………
    11.Monthly Income…………..
    12.Email……………..

    Regards.
    Managements
    Email Kindly Contact: urgentloan22@gmail.com

    ReplyDelete
  90. Halo, Saya rebacca morris, Pemberi Pinjaman Pinjaman Swasta Yang meminjamkan kesempatan Waktu Hidup. Apakah Andari Perlu Pinjaman mendesak untuk review melunasi Utang Andari, ATAU Andari Membutuhkan Pinjaman untuk review meningkatkan Bisnis Andari? Andari has ditolak Oleh Bank Dan Lembaga Keuangan lainnya? Apakah Andari Membutuhkan Pinjaman card center ATAU hipotek? menemukan LEBIH KARENA kitd berada here for MEMBUAT SEMUA masalah Keuangan Andari Sesuatu Dari Masa Lalu. Pinjaman untuk review individu Yang Membutuhkan Bantuan Keuangan, Yang memiliki kredit buruk ATAU Membutuhkan Uang untuk review membayar Tagihan, untuk review berinvestasi hearts Bisnis PADA Tingkat 2%. Saya Ingin Media using Penyanyi untuk review memberitahu Andari bahwa Kami memberikan Bantuan Yang handal Dan PENERIMA Dan akan bersedia untuk review offers Pinjaman. Jadi hubungi kami hari Penyanyi via email di: rebaccamorrisloanfirm@gmail.com
    Catatan: Kami TIDAK mengenakan mencakup biaya Bagi pelanggan Kami

    ReplyDelete
  91. Assalamualaikum Pak Budi Cahyadi, saya sudah membaca artikel bapak dan sangat menambah pengetahuan untuk saya. Saya ingin menanyakan tentang sharing investment pak. Saat ini saya bisnis online shop fashion tapi blm memiliki toko, saya ingin join dengan teman yang sudah memiliki toko dan lengkap dengan peralatan fashion yang dibutuhkan. Dalam hal ini saya bertugas sbg penyedia produknya, saya yang mengambil brg dr konveksi dan saya yg membeli brgnya tersebut. Jadi menurut bapak bagaimana penghitungan utk pembagian hasilnya yg terbaik pak? Mhn pencerahannya. Terimakasih sebelumnya. :)

    ReplyDelete
  92. Saya Ibu Ann Mcarthy, Reputasi, sah & sebuah uang terakreditasi
    Pemberi pinjaman. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa saya memberikan penerima bantuan dapat diandalkan seperti saya akan senang untuk menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu yang handal. Anda dapat menghubungi saya melalui e-mail:
    annmcarthyloanfim@gmail.com

    Layanan yang disediakan meliputi:

    * Perbaikan rumah
    * Pinjaman Inventor
    * Kredit Mobil
    * Hutang Konsolidasi Pinjaman
    * Line of Credit
    * Kedua Pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pribadi
    * Pinjaman International.

    Silahkan menulis kembali jika tertarik.
    Setelah Response, Anda akan mengirimkan formulir permohonan pinjaman untuk mengisi. (Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, 100% Dijamin!) Saya berharap memungkinkan saya untuk menjadi layanan kepada Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui e-mail:
    annmcarthyloanfim@gmail.com
    Dengan hormat,
    Ibu Ann

    ReplyDelete
  93. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  94. Halo, saya Mrs Nelly mulia, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberi hidup, pinjaman alternatif. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Ini terlihat tidak lebih, karena kita berada di sini untuk semua masalah keuangan Anda di masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di tingkat bisnis 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan keuangan, dan akan siap untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail: (nellyperious@gmail.com)

    ReplyDelete
  95. hari yang baik untuk orang-orang baik dari Indonesia, saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana ibu yang baik mrs emiliana wilson membantu saya dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya dengan sejumlah pinjaman besar, nama saya Aisha Bukafia dari Indonesia, aku sudah menjadi korban lender palsu menjanjikan saya tapi aku kecewa. Saya telah kehilangan Rp15.000.000 ketika saya diterapkan untuk Rp400,000,000. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya mendapat hancur, dan dalam proses saya kehilangan daugther saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya pada ibu yang baik, Nyonya emiliana wilson yang pada akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan dan saya mendapat jumlah yang tepat saya saya diterapkan untuk dan saya sangat senang. ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Allah terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama orang Indonesia, bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli dan ingin mengamankan pinjaman cepat pada tingkat bunga 2%, hanya mendaftar melalui ibu emiliana wilson melalui email: emilianawilson11@gmail.com Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, mrsaishabukafia@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

    ReplyDelete
  96. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang atau perusahaan yang tertarik yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk menghapus dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Handphone Telepon:
    (9) Pendapatan Bulanan:
    Jumlah (10) Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com

    ReplyDelete
  97. Halo teman-teman, harap berhati-hati dengan orang-orang yang menawarkan pinjaman jika Anda tidak mengenal mereka secara fisik. Saya ditipu sekali oleh mereka. jika seseorang meminta Anda untuk membayar di muka bahkan jika Anda memenuhi syarat untuk pinjaman, itu adalah penipuan. abaikan dia jika Anda tidak dapat diverifikasi keaslian perusahaan yang menawarkan pinjaman. Untuk membayar biaya untuk memproses pinjaman internasional tidak salah terutama ketika Anda tidak memiliki agunan. Tetapi karena begitu banyak orang yang menggunakannya untuk menipu, itulah mengapa orang berpikir itu salah. Tapi itu adalah risiko ketika Anda tidak tahu perusahaan pinjaman sendiri atau ketika Anda tidak memiliki seseorang yang tahu perusahaan. Satu-satunya perusahaan yang saya percaya di mana saya punya saya venture pinjaman kepercayaan modal pinjaman perusahaan yang berbasis di Italia. inlaw saya yang tinggal di Italia, mengarahkan saya kepada mereka dan membantu saya untuk memproses pinjaman di sana dan itu ditransfer ke rekening saya di Indonesia dalam beberapa hari. email perusahaan adalah (venturecapitaltrust@hotmail.com) Jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak, Anda dapat mengirim email kepada mereka..

    ReplyDelete
  98. Saya Ibu Sunshine , Reputasi, sah & sebuah uang terakreditasi
    Pemberi pinjaman. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa saya memberikan penerima bantuan dapat diandalkan seperti saya akan senang untuk menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu yang handal. Anda dapat menghubungi saya melalui e-mail:
    sunshineloancompany@gmail.com

    Layanan yang disediakan meliputi:

    * Perbaikan rumah
    * Pinjaman Inventor
    * Kredit Mobil
    * Hutang Konsolidasi Pinjaman
    * Line of Credit
    * Kedua Pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pribadi
    * Pinjaman International.

    Silahkan menulis kembali jika tertarik.
    Setelah Response, Anda akan mengirimkan formulir permohonan pinjaman untuk mengisi. (Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, 100% Dijamin!) Saya berharap memungkinkan saya untuk menjadi layanan kepada Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui e-mail:
    sunshineloancompany@gmail.com
    Dengan hormat,
    Ibu Sunshine

    ReplyDelete
  99. Assalamu'aikum pak budi
    Pencerahan bpak sngt membantu sekali,yg saya ingin tanyakan,temen saya mau buka usaha rest oran kcil2an Dan saya di mnta modalin,Akan tetapi di awal usaha temen mnta jatah uang rokok slama usahanya brjalan akan tetapi itu tidak masuk hitungan pembagian keuntungan nantinya trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  100. Assalamu'aikum pak budi
    Pencerahan bpak sngt membantu sekali,yg saya ingin tanyakan,temen saya mau buka usaha rest oran kcil2an Dan saya di mnta modalin,Akan tetapi di awal usaha temen mnta jatah uang rokok slama usahanya brjalan akan tetapi itu tidak masuk hitungan pembagian keuntungan nantinya trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  101. Assalamu'aikum pak budi
    Pencerahan bpak sngt membantu sekali,yg saya ingin tanyakan,temen saya mau buka usaha rest oran kcil2an Dan saya di mnta modalin,Akan tetapi di awal usaha temen mnta jatah uang rokok slama usahanya brjalan akan tetapi itu tidak masuk hitungan pembagian keuntungan nantinya trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  102. Saya dan istri saya ingin 'menggunakan media ini untuk bersaksi tentang perbuatan baik "MyCashNetUsa Loan", sebuah lembaga pinjaman yang tergabung dalam "Amerika Serikat Of America" ??yang menawarkan pinjaman internasional di menit ke semua negara Asia Eropa dan Afrika. Kami tidak pernah berpikir kami akan dalam hidup kita bertemu Agensi pinjaman seperti MyCashNetUsa Loan ". Mereka adalah permata yang langka. Saya" Rafi Ahmed "dan saya mengambil waktu saya untuk bersaksi tentang" MyCashNetUsa Loan "yang akhirnya menawarkan apa yang tidak ada orang lain bisa. mereka menawarkan pinjaman sebesar $10.000 pada tingkat bunga 2% itu itu saya 48 jam untuk memproses pinjaman dan telah ditransfer ke rekening bank saya di sini di Indonesia. Saya dan istri saya pergi ke utang besar dengan debitur dan Bank dan kami sedang mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke apa-apa. sebaliknya mereka membawa kita ke dalam utang lebih dan akhirnya meninggalkan kami pecah sampai saya datang di kontak dengan "MyCashNetUsa Loan" "mereka menawarkan pinjaman meskipun pada awalnya aku takut itu akan berakhir seperti perusahaan lain dan scammers on line. Sekarang kita memiliki akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa pinjaman. Silakan semua orang di sini harus berhenti menggurui individu pinjaman palsu dan menggunakan MyCashNetUsa pinjaman "imenjatuhkan kontak mereka di sini dan Anda akan senang seperti saya. Untuk menjangkau mereka, menggunakan kontak di bawah: -
    Kontak / Mr. Salvador Zelaya: funds2youu@gmail.com
    www.mycashnetusa.blogspot.com

    ReplyDelete
  103. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  104. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly
    KELLYWOODLOANFIRMLTD
    kellywoodloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  105. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  106. Saya Ibu Ann Mcarthy , Reputasi, sah & sebuah uang terakreditasi
    Pemberi pinjaman. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa saya memberikan penerima bantuan dapat diandalkan seperti saya akan senang untuk menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu yang handal. Anda dapat menghubungi saya melalui e-mail:
    annmcarthyloanfim@gmail.com


    Layanan yang disediakan meliputi:

    * Perbaikan rumah
    * Pinjaman Inventor
    * Kredit Mobil
    * Hutang Konsolidasi Pinjaman
    * Line of Credit
    * Kedua Pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pribadi
    * Pinjaman International.

    Silahkan menulis kembali jika tertarik.
    Setelah Response, Anda akan mengirimkan formulir permohonan pinjaman untuk mengisi. (Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, 100% Dijamin!) Saya berharap memungkinkan saya untuk menjadi layanan kepada Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui e-mail:
    annmcarthyloanfim@gmail.com
    Dengan hormat,
    Ibu Ann

    ReplyDelete
  107. Jennifer Brown Pinjaman Perusahaan menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, perusahaan swasta dan pembentukan masyarakat tanpa agunan, tidak ada biaya pendaftaran, tidak ada biaya transfer dan tidak ada biaya asuransi.

    Kami adalah cepat dan suku bunga asli kami pada tingkat yang terjangkau dari 2% dan proses pengadaan kredit kami adalah yang terbaik yang pernah Anda dapat mendapatkan. Kami menawarkan masing-masing jumlah pinjaman dan untuk alasan yang masuk akal. Hubungi kami (jenniferbrownloancompany@gmail.com).

    Terima kasih dan ingat untuk menghubungi kami untuk pinjaman Anda.
    Salam.

    ReplyDelete
  108. Kami adalah Organisasi Kristen dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan, seperti help.So keuangan jika Anda akan melalui kesulitan keuangan atau Anda berada dalam kekacauan keuangan, dan Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau Anda menemukan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal, hubungi kami melalui email hari ini untuk bantuan tersebut (pinjaman, uang start-up): rebaccamorrisloanfirm @ gmail. com untuk Alkitab mengatakan "" Lukas 11: 10 Setiap orang yang meminta, menerima; dia yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu akan dibukakan "jadi jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya. Silakan ini hanya untuk orang-orang yang berpikiran serius dan Allah takut di keuangan kesulitan dan ingin menemukan jalan keluar.

    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu: ______________________

    Alamat Anda:____________________

    Negara: ____________________

    Kerjamu:__________________

    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________

    Pinjaman Durasi: ____________________

    Pendapatan bulanan: __________________

    Nomor telepon:________________

    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________

    Jika Anda telah membuat pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? di mana perusahaan tersebut berlokasi? .

    ReplyDelete
  109. Apakah Anda perlu pinjaman tanpa jaminan untuk mendirikan sebuah bisnis atau pinjaman untuk renovasi dan banyak lagi, pencarian tidak lebih, kami adalah perusahaan yang sah dan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan bersedia untuk meminjamkan jumlah yang Anda ingin meminjam dan membuat tahun ini yang berhasil untuk Anda. Mohon mengisi data pinjaman ini di bawah ini dan menghubungi kami melalui email perusahaan kami: gloryloanfirm@gmail.com.
    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  110. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  111. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  112. Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  113. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  114. Apakah Anda membutuhkan pinjaman cepat untuk melunasi utang Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Cari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang sangat handal, penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail di: emamllualoanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  115. Sayang Pemohon,
    Saya seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi, yang meminjamkan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Kami memberikan semua jenis pinjaman seperti pinjaman pendidikan, pinjaman usaha, pinjaman rumah, kredit pertanian, pinjaman pribadi, kredit mobil dan alasan yang baik lainnya, saya juga memberikan pinjaman dari kisaran $ 5.000 $ 50.000.000,00 dalam dua Dollar, Euro, Pound dan mata uang lainnya pada tingkat bunga 2%. Dalam 1- 30 tahun tergantung pada jumlah yang Anda butuhkan sebagai pinjaman. Jika Anda tertarik silahkan hubungi kami melalui e-mail: Joycemarcialoancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  116. CEPAT! CEPAT !! CEPAT !!!

    MUSIM SALAM !! ..... Ini adalah kesempatan bagi setiap pencari pinjaman untuk merayakan X-MAS dan BARU TAHUN Untungnya dengan orang yang Anda Loved. Aku Mrs. BELINDA, C.E.O dari BELINDA PINJAMAN PERUSAHAAN. Seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi mengorbankan kesempatan masa depan. Apakah Anda membutuhkan pinjaman cepat untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Cari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 4%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang memang sangat handal, penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail di: belindalamarloanfirm@gmail.com atau belindaloanfirm@outlook.com

    ReplyDelete
  117. Halo, saya Mrs Nelly mulia, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang menawarkan pinjaman pada tingkat bunga hanya 2%. kami menawarkan, pinjaman pribadi, kredit mobil, modal usaha, pinjaman pribadi dll untuk individu dan perusahaan yang dalam kesulitan keuangan di bawah persyaratan pinjaman yang jelas dan dan dimengerti. hubungi kami hari ini melalui email sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi: (nellyperious@gmail.com)

    ReplyDelete
  118. Halo, Saya cunson hamilton Katheren, saat ini tinggal di Texas, Amerika Serikat. Saya seprated kali ini dengan tiga anak-anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan Mei 2015 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya. Saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman pribadi dan perusahaan tetapi tidak pernah dengan sukses, dan sebagian besar bank menolak kredit saya. Demi Allah, saya membaca sebuah artikel online dan saya memutuskan untuk mencoba, Pada awalnya saya sangat takut tapi saya mencoba memberikannya karena pada saat itu dalam hidup saya, saya tak akan kehilangan, jadi saya mengikuti arahan mereka dan melakukan aything saya diminta untuk melakukan sebelum pinjaman saya dapat diberikan, saya sangat takut pada saat itu, tapi aku bilang hari ini sebagai tuhan adalah saksi saya, saya sekarang seorang pemilik usaha kecil dan saya membayar kembali pinjaman saya di bunga yang lebih rendah dari 1,5% tanpa masalah, Percayalah dengan perusahaan ini saya jamin tidak akan menyesal, tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada co penandatangan dengan tingkat bunga hanya 1,5% dan pembayaran yang lebih baik rencana dan jadwal, silahkan hubungi Mr Dangote perusahaan pinjaman ( dangotegrouploandepartment@gmail.com). Dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini tapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk membiarkan orang tahu lebih banyak tentang dia dan Tuhan memberkati alsoi ingin lebih. Anda dapat menghubungi dia melalui email-nya.
    dangotegrouploandepartment@gmail.com dan saya juga menyadari bahwa beberapa dari Anda mungkin berpikir itu adalah stres tapi tidak, saya tidak pernah scammed $ 5.000 yang membuat saya merasa ingin menyerah tapi hari ini semua berkat Allah Mahakuasa dan Mr Dangote. jadi hubungi saya di Cunsonhamilton342@gmail.com atau hubungi saya di nomor (682) 233-0439 untuk informasi, Nikmati

    ReplyDelete
  119. KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

    Nama saya Endah. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs.Lucy Smith yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 150,988USD dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: Lucysmithloanfirm@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya (faridahendah007@gmail.com) dan saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ms. Lucy Smith, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Lucy Smith, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: ( ervitaazis@gmail.com) sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  120. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Lucysmithloanfirm
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  121. KAMI MEMBERIKAN OUT PINJAMAN UNTUK AKHIR TAHUN PAKET DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, Saya Magret Spencer, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  122. Anda berada di kesulitan keuangan? Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Perusahaan pinjaman didirikan organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia dengan tujuan tunggal membantu orang miskin dan orang-orang dengan kesulitan keuangan yang hidup. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, kembali ke kami dengan rincian di bawah email: julietowenloancompany@gmail.com


    Nama lengkap:
    jumlah pinjaman :
    Pinjaman Durasi:
    Pendapatan bulanan :
    negara:
    Seks:
    Nomor telepon:
    Tanggal lahir :

    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    JULIETOWENLOANCOMPANY
    (Julietowenloancompany@gmail.com)
    Ibu Juliet

    ReplyDelete
  123. Halo, nama saya Henny Silalahi, korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah ditipu Rp250 juta karena saya membutuhkan pinjaman USD350,000 modal yang besar, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak bisa berdiri lagi. semua ini terjadi pada bulan November 2015, sampai aku bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Mei Tuhan terus memberkati Anda , saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin cepat hanya mendaftar melalui ibu Maria melalui email perusahaan: morissceruloloanfirm@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini hennysilalahi35@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  124. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  125. Aku Mrs.Mary Willson, uang pinjaman, menawarkan berbagai macam jasa keuangan (LOAN) untuk individu dan pemilik bisnis. Kami bekerja dengan individu, kecil, menengah, dan usaha skala besar untuk membantu mereka baik memulai atau memperluas ke wilayah-wilayah baru. Kami membantu mendanai usaha kecil bila diperlukan paling untuk memperluas bisnis yang ada, membeli peralatan modal, membayar biaya dan untuk kebutuhan lainnya seperti iklan, sewa, renovasi dll Salam, (marywillsonloanfirm@gmail.com
    Pribadi
    Akun saya) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    ReplyDelete
  126. jangan mengajukan pinjaman adalah situs, saya bodoh oleh banyak pemberi pinjaman palsu di situs ini, nama saya Lisa Teddy, korban penipuan di tangan kreditur palsu saya telah kehilangan sekitar Rm 55,000.00 karena saya butuh modal besar Rm 970.000 untuk membayar utang saya dan memulai bisnis lagi. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi pada bulan Juli 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, tegas Ny Aasimaha Adila Pinjaman dari kerajaan saudi, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman pada perusahaan pada tingkat 1% a ibu yang baik saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan mungkin allah terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, cukup sign in dengan Mrs Aasimaha adila melalui email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (teddylisa2020@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan, silakan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya di asia, silakan Anda perlu tahu bahwa pemberi pinjaman palsu akan meminta Anda untuk membayar (biaya seperti pendaftaran, biaya pemindahan, biaya pajak, biaya asuransi dan administrasi biaya, mereka juga meminta ATM pin kartu silakan becareful.) yang saudi perusahaan ibu kerajaan tidak dikenakan biaya apapun, perusahaan muslim yang jujur ​​membantu orang di daerah saya sekarang adalah ((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com))
    terima kasih untuk membaca dan goodluck inshala

    ReplyDelete
  127. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  128. Nama saya Lady Rhoda Eny seorang guru sekolah di malaysia berkahwin tetapi suami saya meninggal dunia dalam kemalangan kereta, saya ditinggalkan dengan tiga kanak-kanak kepada diri saya sendiri untuk melatih, pada 9 Okt 2016 anak saya akhirnya keluar dengan kawan-kawannya untuk pek hiburan (Subang Jaya) dalam 3, Jalan PJS 11/11, Bandar Sunway, 47500 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia, malangnya brek gagal dan mendapat ke dalam kemalangan yang dahsyat yang hampir kos mereka kehidupan mereka, tetapi Allah masih disimpan tetapi anak-anak saya mempunyai kecederaan dalaman dan doktor menuntut RM20,000 yang saya tidak mempunyai, jadi saya memutuskan untuk mencari pinjaman di mana-mana tetapi tidak berjaya, dan anak saya akan mati, jadi saya mula berdoa kepada Allah untuk membantu saya kerana saya tidak mempunyai satu, I 'ma janda tidak ada yang menolong dengan pinjaman, saya juga cuba bank tetapi mereka menuntut collecterial Saya tidak mempunyai, jadi saya pergi melalui internet di mana saya boleh mendapatkan pinjaman, maka saya melihat testifier pinjaman yang dipanggil Lady Jane (ladyjanealice@gmail.com) supaya Saya melalui e-mel dan dia berkata, saya perlu menghubungi Mr Dangote (dangoteloangroupdepartment@gmail.com) jadi saya, saya telah diminta untuk mengisi borang dan sidang kemuncak kad Id saya untuk pengesahan, dan kemudian dihantar pulang ke e-mel melengkapkan dan menandatangani dokumen itu dan saya telah didakwa beberapa jumlah, saya begitu gila, tetapi saya bertanya Lady Jane mengenainya dan dia memberitahu saya ia adalah okay, yang saya percaya beliau, lalu saya dibayar jumlah yang diperlukan, di tengah-tengah malam saya telah memeriksa akaun bank saya, saya terkejut berapa ramai daripada permintaan pinjaman saya telah dipindahkan ke akaun bank saya, saya gembira, saya berdoa kepada Tuhan untuk pertolongan dan dia menghantar Mr. syarikat pinjaman Dangote untuk membantu, kini anak saya dengan baik dan sihat, terima kasih kepada wanita Jane dan Encik Dangote ini, hubungi saya melalui e-mel untuk maklumat lanjut dan membuktikan ladyrhodaeny@gmail.com.

    ReplyDelete
  129. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    ReplyDelete
  130. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  131. Apakah Anda dalam utang? Apakah Anda perlu dana untuk membayar sewa Anda? kau finansial turun dan Anda perlu beberapa dana untuk menjaga bisnis Anda di? Anda ingin memiliki industri dan dana Anda tidak oke? Apakah Anda ingin membangun atau membeli rumah? kami menawarkan sejumlah uang yang besar itu. Di sini kita untuk membantu, semua yang kita butuhkan dari Anda adalah informasi Anda tahu lebih banyak. Jadi mengapa tidak menghubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

    ReplyDelete
  132. Apakah Anda dalam utang? Apakah Anda perlu dana untuk membayar sewa Anda? kau finansial turun dan Anda perlu beberapa dana untuk menjaga bisnis Anda di? Anda ingin memiliki industri dan dana Anda tidak oke? Apakah Anda ingin membangun atau membeli rumah? kami menawarkan sejumlah uang yang besar itu. Di sini kita untuk membantu, semua yang kita butuhkan dari Anda adalah informasi Anda tahu lebih banyak. Jadi mengapa tidak menghubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

    ReplyDelete
  133. Apakah Anda dalam utang? Apakah Anda perlu dana untuk membayar sewa Anda? kau finansial turun dan Anda perlu beberapa dana untuk menjaga bisnis Anda di? Anda ingin memiliki industri dan dana Anda tidak oke? Apakah Anda ingin membangun atau membeli rumah? kami menawarkan sejumlah uang yang besar itu. Di sini kita untuk membantu, semua yang kita butuhkan dari Anda adalah informasi Anda tahu lebih banyak. Jadi mengapa tidak menghubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

    ReplyDelete
  134. Apakah Anda dalam utang? Apakah Anda perlu dana untuk membayar sewa Anda? kau finansial turun dan Anda perlu beberapa dana untuk menjaga bisnis Anda di? Anda ingin memiliki industri dan dana Anda tidak oke? Apakah Anda ingin membangun atau membeli rumah? kami menawarkan sejumlah uang yang besar itu. Di sini kita untuk membantu, semua yang kita butuhkan dari Anda adalah informasi Anda tahu lebih banyak. Jadi mengapa tidak menghubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

    ReplyDelete
  135. Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya terbakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa kreditur dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rm 250 juta dalam waktu kurang dari 14 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan

    ReplyDelete
  136. Apakah Anda dalam utang? Apakah Anda perlu dana untuk membayar sewa Anda? kau finansial turun dan Anda perlu beberapa dana untuk menjaga bisnis Anda di? Anda ingin memiliki industri dan dana Anda tidak oke? Apakah Anda ingin membangun atau membeli rumah? kami menawarkan sejumlah uang yang besar itu. Di sini kita untuk membantu, semua yang kita butuhkan dari Anda adalah informasi Anda tahu lebih banyak. Jadi mengapa tidak menghubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

    ReplyDelete
  137. assalamalekum
    Apakah bisnis Anda membutuhkan pembiayaan? Anda perlu pinjaman pribadi, pinjaman besar untuk bisnis, kredit mobil, Anda perlu pinjaman pribadi, yang Anda butuhkan pinjaman liburan? Anda perlu pinjaman investasi larg? Anda perlu pinjaman hari yang buruk? Apakah Anda perlu uang untuk membeli peralatan, skala strategi pemasaran Anda, atau mempekerjakan karyawan baru? Terlepas dari kebutuhan Anda, ada satu hal yang harus diingat: mencari pinjaman bisnis lebih mudah hari ini daripada sebelumnya. keuangan global kami terbatas, perusahaan pinjaman tercepat yang memberikan segala jenis pinjaman kepada individu yang berkualitas, perusahaan swasta dan publik di tingkat suku bunga 1% tanpa agunan. untuk pinjaman menghubungi kami melalui email: (devyajjaade.loanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  138. BREAKING NEWS! BREAKING NEWS !! BREAKING NEWS !!!
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa Prof. Aasimah Aadila, perusahaan pinjaman memiliki peluang keuangan terbuka untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, pinjaman bisnis, pinjaman utang dll Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga 1% untuk individu, perusahaan dan perusahaan up untuk $ 500.000.000 juta USD di bawah persyaratan situasi yang jelas dan mudah dipahami dan. hubungi kami hari ini via e-mail di: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    APAKAH ANDA PERLU PINJAMAN URGENT, PINJAMAN CEPAT, PINJAMAN YANG TIDAK AMAN, CAR PINJAMAN USAHA KREDIT, HOLIDAY PINJAMAN, hak tanggungan PINJAMAN, APAKAH ANDA INGIN PINJAMAN UNTUK TAHUN DEPAN, APAKAH ANDA INGIN PINJAMAN INVESTASI BESAR
    * Pinjaman Pribadi (perusahaan Pinjaman) / jenis pinjaman
    * Kredit Usaha (Pinjaman utang) / pinjaman darurat
    * Pinjaman Konsolidasi / pinjaman kesehatan pinjaman / week end
    * Kombinasi Pinjaman / buruk pinjaman hari
    * Perbaikan rumah / pinjaman lama /
      email; (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  139. Halo,
    Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
     Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
    Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (Elinajohnson22@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  140. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  141. KABAR BAIK! KABAR BAIK!! KABAR BAIK!!!

    Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami stella kelompok Perusahaan Pinjaman, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (stellagrouploancompany@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Bunga pinjaman: _____________
    Nomor telepon: ________

    Stella Group Company Pinjaman
    (Stellagrouploancompany@gmail.com)

    ReplyDelete
  142. Perhatian publik!

            Nama saya Pendeta Abraham Thomas; Saya dari Texas United State of America (USA). Saya ingin cepat menggunakan media ini untuk menginformasikan seluruh masyarakat atas lembaga investasi pinjaman saya yang saat ini dalam bagian, yang disebut Pastor Abraham Finance Seluruh Dunia. Ini adalah pembentukan Pinjaman dibedakan mana pinjaman dari arus kas yang berbeda tinggal. Kami mengeluarkan Pinjaman ke individu dan perusahaan yang tertarik yang mencari obat keuangan untuk pertumbuhan bisnis atau dana ekspansi bisnis. Kami menawarkan pinjaman dengan jaminan diandalkan untuk semua pelamar yang memenuhi kualifikasi kami, dengan suku bunga pinjaman yang serendah 2% per tahun.
    Kami juga menyediakan dana untuk kemitraan bisnis dan real estat dan pemberian kredit untuk tujuan grosir dan eceran. Di sini, di Pendeta Abraham Keuangan Seluruh Dunia, Pertemuan untuk kepuasan pinjaman pelanggan adalah prioritas utama kami.

    Saya dengan rendah hati sepenuhnya tahu bahwa penipuan telah menjadi sesuatu dari hari ke banyak orang-orang kafir dan non Allah takut orang saat ini, namun tidak bertahan, menempatkan kantor saya untuk mencoba dan memberikan perusahaan maksimum untuk semua staf kerja kami maka Anda akan menemukan bahwa masih ada lembaga pinjaman asli seperti kita. Silahkan menempatkan kami dalam kontak melalui Email Alamat berikut: (Pastorabrahamfinance@gmail.com). Harap pemohon harus yakin, independen, kepercayaan layak, dan di atas semua Allah takut.

     Terima kasih dan Tuhan memberkati

            Tertanda
    Pastor Abraham Thomas (CEO)

    ReplyDelete
  143. KABAR BAIK!

    Untuk benar memperkenalkan diri,
    Ibuku SUSAN dari [SUSAN BOWMAN PINJAMAN PERUSAHAAN]

    Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya menyediakan pinjaman dari semua jenis dengan tingkat bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan masih, tapi mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat kedua individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita.
    Jumlah pinjaman berkisar tersedia dari setiap jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  144. Selamat siang,

    Kami adalah sah dan uang Lender Reputable. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, kami memberikan pinjaman kepada orang yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis. Apakah Anda sedang mencari untuk pinjaman? Anda memiliki tidak perlu khawatir, karena Anda berada di tempat yang tepat saya menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2% jadi jika Anda membutuhkan pinjaman saya ingin Anda untuk hanya menghubungi saya melalui email Alamat ini: mobilfunding1999@gmail.com

    INFORMASI APLIKASI KREDIT DIPERLUKAN ANDA

    1) Nama Lengkap: ............
    2) Sex: .................
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nomor Telepon: ........
    6) Pekerjaan: ..............
    7) Pendapatan Bulanan: ......
    8) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....
    9) Durasi Pinjaman: ...............
    10) Tujuan Pinjaman: ...........
     

    Salam Hormat

    ReplyDelete
  145. KABAR BAIK!

    Untuk benar memperkenalkan diri,
    Ibuku SUSAN dari [SUSAN BOWMAN PINJAMAN PERUSAHAAN]

    Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya menyediakan pinjaman dari semua jenis dengan tingkat bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan masih, tapi mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat kedua individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita.
    Jumlah pinjaman berkisar tersedia dari setiap jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  146. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  147. Halo, nama saya Nona. Utari wirmayaty, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk memastikan mereka berlaku untuk perusahaan yang sah, agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Saya menempuh jalur pinjaman tahun lalu dari bank tapi tidak ada hasil yang positif. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman disebut gloryloanfirm sangat handal, mereka meminjamkan tahun baru pinjaman tanpa jaminan jumlah 350 juta dalam waktu kurang dari 12 jam tanpa stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji Ibu saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Glory melalui email: gloryloanfirm@mail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: utariwirmayaty@gmail.com

    uang tidak mudah untuk datang oleh hari ini, tapi kesempatan sedikit Anda miliki, Anda harus menghemat itu. Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya, yang saya kirim langsung ke rekening bank perusahaan.

    ReplyDelete
  148. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    ReplyDelete
  149. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  150. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  151. Halo, nama saya hendi didi. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah menipu oleh beberapa pemberi pinjaman secara online, saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya di Medan merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal untuk meminjamkan bernama pinjaman tanpa jaminan Mrs Devya Ajjaade dari Rp 853 juta dalam waktu kurang dari 2 jam tanpa penundaan pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya mendapat peringatan di ponsel saya saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan, karena itu saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa masalah. jadi jika Anda memerlukan pinjaman cepat, pinjaman besar dan pribadi apapun, menghubunginya melalui email: ^^^^devyajjaade.loanfirm@gmail.com^^^^^
    untuk pertanyaan kontak saya adalah (hendidi01@gmail.com)

    ReplyDelete
  152. Assalamu'alaikum pak @budi cahyadi.

    saya telah membaca tentang artikelnya Tentang PANDUAN KERJASAMA USAHA yang agan psting walaupun itu sudah 5 tahun silam :)
    sementara ini saya sudah melakukan kerjasama usaha dengan kesepakan yang dibuat dengan menggunakan sistem Trust Investment / Full Investment , dan saya sebagai pelaku pengelola usaha. seandainya jika suatu saat kesepakan itu ingin di ubah menjadi saya ingin menjadi pemilik usaha yang ingin memperluas usahanya atau meningkatkan modal dan investor itu sebagai pemilik saham 10% misalnya.

    Saya mau tanya tentang "deviden... ??"
    istilah harga saham per "lembar"...?
    dan jual saham....??
    serta rumus yang paling mudah dan simple untuk penghitungan deviden ???

    terima kasih sebelumnya :)

    by indra from Bogor.

    ReplyDelete
  153. Halo, saya mary harry, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: maryharryloanfirm@gmail.com
    balasan...

    ReplyDelete
  154. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    ReplyDelete
  155. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    ReplyDelete
  156. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  157. Halo, nama saya Henny Silalahi, korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah ditipu Rp250 juta karena saya membutuhkan pinjaman USD350,000 modal yang besar, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak bisa berdiri lagi. semua ini terjadi pada bulan November 2015, sampai aku bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Mei Tuhan terus memberkati Anda , saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin cepat hanya mendaftar melalui ibu Maria melalui email perusahaan: morissceruloloanfirm@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini hennysilalahi35@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya.

    ReplyDelete
  158. Selamat siang,

    Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda di stres keuangan atau Anda membutuhkan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda Perlu utang tekad Pinjaman dan membayar tagihan Anda? Apakah Anda memiliki Skor kredit yang rendah dan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda Perlu pinjaman atau industri pembiayaan membeli rumah? kami menawarkan sejumlah besar seperti jadi jika Anda tertarik untuk memperoleh pinjaman dari kami silahkan hubungi kami G-mail: globalfundfoundation9@gmail.com

    ReplyDelete
  159. Apakah Anda di Kesulitan Keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman hipotek? Apakah Anda membutuhkan pinjaman uang tunai besar untuk memulai bisnis? Anda perlu kapita intensif pinjaman besar untuk keperluan pertanian? Anda telah ditipu dan pinjaman Denie di khawatir tentang masa lalu tidak lebih, Anda berada di tempat yang tepat pinjaman Anthony yuliana, hamba Tuhan di sini untuk meletakkan senyum di wajah Anda, kami memberikan pinjaman kepada umat Islam dan semua agama di dunia , dengan tingkat bunga rendah dari 1%. mendaftar sekarang melalui email: (((Anthony.yulianalenders@gmail.com
       ))) Pinjaman kami cepat dan mendesak pengiriman dalam waktu kurang dari 2 jam Penurunan kas dalam account Anda dengan penundaan, Anda perlu tahu adalah biaya pendaftaran dan transfer yang dibutuhkan, kami berkomitmen untuk melayani Anda lebih baik

    ReplyDelete
  160. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  161. Selamat Siang,
    saya sudah membaca blog anda, sangat mudah di pahami dan saya sangat tertarik untuk bekerja sama dengan anda, kami dari Forexmart menawarkan kerja sama affiliasi yang sangat menguntungkan untuk anda, jika anda berminat dan tertarik dengan penawaran ini bisa menghubungi email saya di www.forexmart.com dan saya akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai penawaran kerjasama ini.
    Terima Kasih dan salam sukses untuk anda

    ReplyDelete
  162. DARURAT NEWS! BERITA DARURAT !! DARURAT
    nama saya mrs muthia fadlika, seorang janda muslim yang tinggal di utara kota Kuching Sarawak di Malaysia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati di blog karena ada contekan banyak dalam blog ini beberapa minggu yang lalu , saya tegang finansial dan putus asa, aku bodoh di blog ini dengan pemberi pinjaman buruk saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke muslims perusahaan yang sangat handal disebut AASIMAHA Adila pINJAMAN FIRM yang meminjamkan pinjaman internet besar dan jumlah pinjaman tanpa jaminan dari rm730 di kurang dari 3 jam tanpa stres pada tingkat bunga rendah dari 1% saya sangat terkejut ketika aku saldo peringatan bank saya dan menemukan bahwa cairan Rm730 langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan kemarin 13 Februari 2017 jadi saya berjanji Aasimaha Adila l akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres jadi jika Anda membutuhkan pinjaman besar sangat investasi tersebut, pinjaman pertanian atau membayar kontak utang melalui email: //aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com// untuk info lebih lanjut email saya : (muthiafadlika2020@gmail.com) mungkin challeng Anda tidak pernah menghentikan Anda untuk mencapai, ada biaya pendaftaran, tidak ada pajak, tidak ada asuransi, tidak ada biaya transfer inshiallah

    ReplyDelete
  163. INI CERITA SAYA! CERITA SAYA!! CERITA SAYA!!
    aasalamaluikum, saya Syahir Neni, seorang ibu Muslim dari Kuching, dewan bandar Sarawak Kuching di utara Malaysia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi amaran kepada semua pencari pinjaman perlu berhati-hati kerana ada penipu dalam blog ini. i bodoh di sini di laman web ini pada tahun lepas saya dari segi kewangan ke bawah, dan dalam keadaan terdesak, saya telah ditipu oleh peminjam palsu banyak di blog ini. Saya telah hampir berputus asa sehingga saya pergi di televisyen tentang dipercayai pinjaman syarikat yang paling pesat berkembang syarikat pinjaman bernama Aasimah Aadila rumah yang mengesahkan pinjaman tanpa jaminan saya Rm 579,000 di yang sangat rendah 1% dalam masa kurang daripada 3 jam tanpa tekanan dan kelewatan, mereka sangat cepat dan cepat untuk menyampaikan dana untuk memindahkan caj dan yuran pendaftaran seperti yang dinyatakan dalam blog ini. ia akan menarik minat anda untuk mengetahui bahawa saya mendapat pinjaman saya pada 5 Januari 2017, kini saya mempunyai satu rancangan perniagaan yang saya bekerja sekarang jika anda perlukan, besar, pinjaman pelaburan tulen kenalan cepat melalui: ((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)) , anda perlu tahu bahawa firma itu tidak tahu im memberi keterangan dalam media, im sangat gembira untuk melakukan ini, e-mel saya adalah (nenisyahir@gmail.com) boleh allah memberkati dan memberinya doa anda tahun ini seperti saya

    ReplyDelete
  164. KABAR BAIK! KABAR BAIK!! KABAR BAIK!!!

    Saya Mrs. liza William pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Apakah Anda di utang? Anda membutuhkan bantuan keuangan, Anda ingin memulai bisnis baru atau renovasi rumah, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga dari 2 %. Anda dapat menghubungi kami melalui email: lizawilliamloanfirm@gmail.com Kami berjanji untuk memberikan kami yang terbaik.

    ReplyDelete
  165. KABAR BAIK! KABAR BAIK!! KABAR BAIK!!!

    Saya Mrs. liza William pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Apakah Anda di utang? Anda membutuhkan bantuan keuangan, Anda ingin memulai bisnis baru atau renovasi rumah, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga dari 2 %. Anda dapat menghubungi kami melalui email: lizawilliamloanfirm@gmail.com Kami berjanji untuk memberikan kami yang terbaik.

    ReplyDelete
  166. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan atau memulai bisnis? Anda memiliki skor kredit yang rendah dan menjadi sulit untuk mendapatkan pinjaman Silahkan hubungi CITI Mortage KREDIT PERUSAHAAN, dan mendapatkan pinjaman Anda tanpa kesulitan. Tingkat bunga adalah 2%. Untuk informasi lebih lanjut hubungi alamat email perusahaan Via email: CITIMORTAGE01@GMAIL.COM atau teks (+12056863856)

    ReplyDelete

Entri Populer