Sunday, March 4, 2012

TIDAK ADA PEKERJAAN YANG SIA-SIA

Sejak kecil sampai kuliah kita telah belajar Matematika, penambahan, pengurangan, pengkalian, pembagian dan sebagainya karena memang di kehidupan sehari-hari terpakai dalam segala urusan apalagi urusan bekerja, bisnis atau yang berhubungan dengan keuntungan, kerugian, waktu, tenaga bahkan materi. 
Banyak pekerja atau pebisnis yang menggunakan ilmu "Matematika Standard" yang kadang tidak akurat, sebagai contoh bila kita bekerja pada proyek A, B, C, maka kita berharap mendapat hasil dari proyek A, B, C tersebut. Karena ilmu Matematika Standard yang di pakai, maka tidak heran banyak manusia kecewa bahkan stress bila telah bekerja pada proyek A, B, C tapi tidak mendapatkan hasil dari proyek tersebut, apalagi bila tenaga, fikiran, waktu bahkan materi banyak yang telah dikorbankan.


Saya pun pernah mengalami hal tersebut, setahun membangun dan mengelola wahana wisata Cibalung Happyland dengan perjanjian tertulis dalam Akta di hadapan notaris bahwa saya di beri saham sekian prosen sebagai imbalan atas pekerjaan tersebut, maka saat terjadi wan prestasi komitment dari pihak yang menjanjikan imbalan, saya dan keluarga sempat shock dan ber suuzon (buruk sangka) kepada manusia dan Allah karena merasa tidak adil, jangankan imbalan, pengorbanan waktu, tenaga, fikiran bahkan materi saja tidak balik modal.


Alhamdulillah, Allah membimbing saya dengan belajar dan berpegang teguh kepada ajaran Islam. Dalam Al Quran surat Ali Imron ayat 190-191 Allah berfirman: 
"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. 


Dalam sebuah hadist nabi Muhammad SAW bersabda bahwa "Manusia Terbaik adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain".


Alhamdulillah, sekarang Kekecewaan berganti dengan kesenangan karena yakin tidak ada suatu pekerjaan baik yang sia-sia, pelajaran dan ilmu berharga membangun wahana wisata dan resort saya dapatkan, ilmu, pengalaman dan konsep membangun perusahaan professional saya miliki, maka seluruh pengorbanan dalam membangun Cibalung Happyland adalah harga yang sangat pantas untuk semua investasi ilmu yang bermanfaat tidak ternilai harganya tersebut.


"Matematika Standard" yang selama ini kita pelajari bahwa 10 - 4 = 6 atau 5 + 3 = 8 bukan? Matematika tersebut tidak berlaku bagi Allah, yakinlah tidak ada pekerjaan baik yang sia-sia, tidak ada pengorbanan yang tidak di catat Allah oleh alat perekam dan CCTV amal sholeh milik Allah yang sangat akurat dan tidak mungkin salah. Sesuai janji Allah bahwa suatu amal kebaikan akan di ganjar dengan kebaikan secara berlipat bukan? Membaca satu huruf Al Quran saja bernilai 10 kali lipat kebaikan, apalagi amal sholeh yang bermanfaat untuk orang lain, yakinlah Allah tidak akan pernah salah dalam menghitung.


Dua tahun berlalu setelah serah terima hasil pekerjaan di Cibalung Happyland tanpa "imbalan" karena kekhilafan manusia, saya di panggil seorang Ibu pendiri dan pemilik bisnis busana muslim terbesar di Indonesia, beliau mengajak saya menjadi owner sekaligus pengelola Hotel yang sedang beliau bangun, Allahu Akbar, saya hanya termenung mengingat apa yang telah saya dan keluarga saya kerjakan di Cibalung Happyland.  


Apakah semua berkah ini adalah sebuah kebetulan saja? Tidak sahabatku! hal ini sudah Allah rencanakan di langit, tercatat di buku Planning Allah yang bernama Lawuh Mahfuz jauh sebelum kita di lahirkan. Jangan pernah berfikir bahwa satu helai daun jatuh dari pohon tidak direncanakan? sesungguhnya Allah maha sempurna merencanakan semua kejadian di langit dan di bumi yang kita diami ini.
  
Hanya sujud mohon ampun atas segala buruk sangka hamba kepada Allah selama ini yang merusak ke ikhlasan kita dalam bekerja, sujud syukur terus terucap dalam lisan dan hati ini senantiasa atas segala rahmat dan barokahNya. Syukur yang harus saya aplikasikan dengan karya terbaik. Sebuah hotel yang Insya Allah akan diberi nama The Dinar Hotel berlokasi di tengah Kota Bandung harus saya bawa menjadi sebuah Hotel yang diberkahi Allah dengan membawa kebaikan untuk masyarakat dan jauh dari kemaksiatan. Mohon doa restu dan dukungan dari sahabat semua. 


Salam Semangat, Sukses untuk sahabat semua
Hormat Saya


Budi Cahyadi

Terima kasih kepada Bu Fenny Owner dari Shafira Corporation dan Shafira Foundation yang mempercayakan pengelolaan The Dinar Hotel, semoga kolaborasi ini yang dilandasi semangat kebaikan di rahmati dan di berkahi Allah SWT, amin ya Rabbal alamin.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer