Sunday, March 18, 2012

MEMBANGUN BISNIS FASHION

Assalamualaikum Mas Budi


Saya Lina 26 Tahun Berdomisili di Yogyakarta, Saya tertarik  menjadi seorang enterpreuner. Saya yakin memiliki selera bagus dalam memilih produk fashion. Produk yang saya maksud adalah pakaian muslim, batik tulis, tas dan assesoris.


Dalam satu bulan ini, saya mencoba memulai bisnis mulai dari memperlihatkan produk-produk ke toko-toko besar, butik-butik, dan ikut bazar. Sambutannya bagus, menurut mereka pilihan produk saya bagus dan eksklusif. Di toko A, yang lumayan terkenal bagi segmen remaja mereka bilang bajunya bagus, harganya bagus, tapi katanya karena baju Muslim sehingga bukan termasuk target prioritas mereka. Meskipun saya melihat, banyak juga konsumen Muslimah ke sana yg mencari perlengkapan baju Muslim trendy.


DI toko B, produk saya bisa masuk, tapi sayangnya sistemnya konsinyasi, jadi barang di masukkan tunggu 1-4 bulan, lalu saya cek lagi ke sana apa sudah laku belum, rasanya kok lama. Di toko C, sambutannya bagus, menurut mrk produk bagus, tapi katanya tempat display sudah penuh. Lalu saya ikut bazar 3 hari. Banyak yang tertarik, sampai satu item produk (kaos muslim ) habis diborong. Dari ikut bazar ini kemudian, ada beberapa yang menghubungi saya untuk di minta membawakan pesanannya ke rumahnya, memang untung nya tidak seberapa, sekitar 15 ribu sampai 20 ribu per satuan.he.he.he.he


Yang saya tanyakan:
  1. Bagaimana seharusnya saya merencanakan usaha bisnis ini?
  2. Saya punya target bisa masuk pasar luar jawa, luar negeri? Tapi ini kendala teknis. Saya belum punya BB dan baru akan belajar membuat blog, belajar photoshop, corel dll.
  3. Saya punya segmen pasar yang beda-beda, ada yang kelas atas
    sampe menengah dan bawah. Kemampuan membelinya beda-beda. Bagaimana managemen soal penjualannya.
  4. Kalau sudah di internet bagaimana saya mematok harganya? haruskan mengejar konsumen dengan harga miring atau harga tinggi sesuai produknya? apa perlu identitas butik saya di FB, email, blog, BB dibuat sendiri? namanya seperti nama butik, bukan nama saya, atau bagaimana?
Terima Kasih atas jawabannya.

Tanggapan:

Waalaikumsalam wr wb, untuk sahabat Lina yang di rahmati Allah, saya ucapkan selamat atas dirintisnya usaha fashion anda, semoga semakin besar dan sukses, semoga besar dan suksesnya bisnis berimbang dengan suksesnya Mbak Lina menjalankan peran sebagai Istri dan Ibu bagi anak-anak harapan masa depan. 


Pertama: Merencanakan Bisnis Busana Muslim

  • Mbak Lina sudah punya modal yg sangat cukup untuk menjadi calon pengusaha busana yg sukses lho! kenapa? karena anda sudah membuat standard produk yang benar dengan melihat dari sisi konsumen, saya yakin bila anda pertahankan standard tersebut, Insya Allah percepatan penjualan akan terlihat.
  • Bila modal memungkinkan, saya sarankan mbak memiliki outlet sendiri, cari dan sewalah sebuah tempat usaha di lokasi yang strategis, tapi bila modal terbatas, online store dengan membangun website e-commerce adalah pilihan terbaik. 
  • Buat dan designlah sebuah brand (merek dagang produk) yang menarik sesuai dengan bisnis atau produk anda. Merek dagang busana Muslim dengan bahasa Arab sudah banyak, tidak salah nama brand yang unik dan berbeda sehingga mudah diingat diantara jutaan merek dagang yang berbau Arab.
  • Saya tidak rekomendasi anda membuat workshop jahit, tapi focuslah pada design, kreatif dan model-model baru yang trend di market serta yang paling penting jagalah kualitas produk. Kerjasama dengan penjahit teman atau kerabat dekat yang bisa di percaya adalah solusi terbaik untuk basis produksi busana Muslim anda.
  • Untuk tahap awal, strategi penjualan dengan konsinyasi di outlet milik orang mungkin bisa di maklumi asal modal anda kuat saja karena perputarannya lambat. Direct selling sangat efektif dalam penjualan, walau akan menghabiskan energi bila anda lakukan sendiri. Khusus untuk bazzar, teruskan! tinggal pilih event dan kota yang tepat. Pengalaman saya menjadi konsultan di salah satu perusahaan busana Muslim terbesar di Indonesia, strategi terbaik mengelembungkan penjualan untuk pelaku start up seperti anda adalah dengan membuka ke agenan, pasanglah penawaran di website, twitter, Facebook atau iklan di majalah khusus muslim bahwa anda membuka keagenan. Susunlan aturan keagenan yang menarik dan fleksible untuk menarik para calon agen.
  • Untuk tahap awal, saya yakin anda akan sangat sibuk karena akan banyak sekali pekerjaan yang anda lakukan sendiri. Secara bertahap, rekrutlah pegawai untuk membantu pekerjaan anda. Bila usaha semakin membesar maka membangun Manajemen yang professional adalah sebuah kebutuhan yang harus di utamakan. 

Kedua: Ekspansi Pasar Luar Yogyakarta

  • Tidak perlu "galau" bila anda tidak punya BB, karena kesuksesan bisnis tidak ditentukan dengan sebuah merek handphone. Yang harus anda dalami adalah bagaimana eksis di dunia internet seperti media social semisal twitter, facebook dan lain-lain sebagai sarana paling cepat dan murah mengglobalkan bisnis anda. Bahkan saya perkirakan kekuatan media social akan menggusur konvensional promo internet seperti portal yang mahal.
  • Anda juga tidak perlu bingung apalagi stress bila tidak bisa bikin website, blog apalagi photoshop, corel dll. Dengan semakin majunya teknologi saat ini jasa pembuatan website semakin mudah dan murah bahkan templete gratis, jadi tinggal cari teman yang bisa membuat website atau blog dan negosiakan harganya dengan rasional sesuai budget anda. Untuk wilayah Yogyakarta silahkan kontak sahabat saya Rifki Payobadar telp. 081381305528 atau follow akun twiternya @rifkipayobadar untuk jasa pembuatan website dengan harga bersahabat, sebutkan saja nama saya.
Ketiga: Bagaimana Menentukan Produk dengan banyak Segment
  • Anda bertanya sebuah pertanyaan yang sangat menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis yaitu Segmentasi. Anda wajib sesuaikan produk dengan segment konsumen yang anda bidik, salah menyesuaikan segment produk dengan konsumen akan berakibat fatal gagalnya produk kita diterima market.
  • Bila anda mempertahankan produk dengan banyak segment, maka buatlah brand yang berbeda tiap segmentnya, misalnya Brand A untuk produk busana muslim Kelas atas, Brand B untuk segment kelas di bawahnya, supaya tidak terjadi product & segment canibalism. 
Keempat: Bagaimana Strategi Penentuan Harga
  • Bila anda telah membuat brand lebih dari satu untuk mempertahankan strategi produk dengan banyak segmentasi konsumen, maka tentunya selain perbedaan kualitas produk, harga juga wajib di bedakan harganya.
  • Akan lebih mudah menjalankan strategi penjualan "High Volume" daripada "High Profit", yaitu strategi dengan memperkecil profit untuk mendorong penjualan yang lebih cepat dengan volume besar karena akan menjaga semangat anda sebagai start up dalam berbisnis, daripada profit tinggi tapi penjualan lambat dengan volume kecil, akan membuat anda "pegal" dan kurang terlatih dengan sedikit dan lambatnya transaksi, yang akhirnya berpengaruh terhadap semangat anda menjalankan bisnis tersebut.
Demikian yang dapat saya sampaikan, yang benar pasti dari Allah SWT, yang salah atau kekurangan pastilah dari saya pribadi, barokallah sukses

Hormat Saya

Budi Cahyadi

Kirimkan Pertanyaan/Konsultasi Anda melalui:

e-mail : budicahyadi.bucah@gmail.com
Whatsapp: +628122193914
BBM: Pin 7E619333

Support by:
www.dapurmodern.net
www.sherish-it.com

GUARANTEE FREE

No comments:

Post a Comment

Entri Populer