Monday, August 17, 2015

MEMBANGUN BISNIS PROPERTY

Pertanyaan:

Selamat pagi bapak Budi Cahyadi, senang sekali membaca artikel yang bapak sampaikan mengenai bidang usaha. Perkenankan saya memperkenalkan diri. Saya seorang pelaut tapi akhir bulan ini akan cuti dan sudah saya putuskan untuk pensiun tidak melaut lagi. Saya ada usaha rumah kost sebanyak 84 kamar yang mana kondisi terisi penuh. Saat ini saya sedang memikirkan bagaimana caranya membuka suatu perusahaan dari nol karena saya sedang mengembangkan usaha ke bidang perumahan (perijinan sudah diurus semua). Kalau sekedar pembukuan konvensional sudah saya lakukan untuk rumah kost, tapi untuk setingkat usaha perumahan saya masih nol manajemen.

Mohon saran dan petunjuk dari bapak yang sudah begitu banyak sekali pengalamannya. Sebelum & sesudahnya saya ucapkan beribu terimakasih.

Hormat saya, 

EYU

Jawaban:

Selamat Pagi Pak EYU

Semoga rencana bapak pensiun dari dunia pelayaran dan focus wirausaha lancar dan sukses. Pertama saya apresiasi langkah bapak berinvestasi rumah kost saat masih bekerja yang sekarang dan akan menjadi pasive income selepas bapak resign dari pelayaran. 

Berikut pengalaman saya membuka perusahaan developer property dari nol yang saya jalankan sekaligus dengan bidang interior dan furniture, walaupun akhirnya saya focus di bidang interior dan furniture, sedangkan developer property saya tunda dulu sampai suatu saat kondisi memungkinkan saya jalankan kembali. Alasan saya stop dan tunda bisnis developer property karena saya menemukan dan mengalami praktek SUAP/KORUPSI dalam berhubungan dengan urusan perizinan dan birokrasi yang  bertentangan dengan idealisme saya selama ini, untuk menghindari kemaksiatan dalam segala bisnis. Maka saya apresiasi terhadap bapak karena telah sukses memperoleh perizinan perumahan pertama bapak dimana ini justru kelemahan saya.

Berikut step by step kunci sukses membangun bisnis property yaitu dengan mempelajari  dan memahami seluk beluk dan hal tentang bisnis perumahan sekuatnya yaitu:

  1. Pelajari dan fahami urusan jual beli lahan, pengurusan sertifikat, splitzing dan surat-surat tanah lainnya. Usahakan punya mitra notaris yang kenal, amanah dan sehingga kita tenang mempercayakan pengurusan sertifikat konsumen kita. Aspek ini sangat penting karena merupakan titik ineffisiensi, dimana bila kita tidak kuasai akan banyak biaya keluar yang tidak terukur. Untuk awal sebaiknya anda pegang sendiri urusan ini bila sudah dikuasai anda bisa mendidik satu orang staff kepercayaan untuk handling urusan penting ini. Sangat baik juga anda punya relasi dekat birokrasi untuk memudahkan urusan pengurusan sertifikasi dan perizinan lainnya walaupun dalam urusan ini akan terjadi pertentangan idealisme tentang bisnis bebas korupsi.
  2. Pelajari dan fahami urusan perizinan perumahan karena sangat krusial dikuasai. Urusan perizinan adalah salah satu titik effisiensi bila kita kuasai seluk beluk perizinan karena biaya bisa kita estimasi dan terukur walau kadang berhubungan dengan birokrasi akan muncul biaya-biaya siluman. Akan sangat costly dan tidak effisien bila kita tidak kuasai bidang ini apalagi bila kita mudah diintimidasi dan mudah panik bila muncul masalah perizinan. Seperti pada poin 1 diatas. Untuk  di awal membangn usaha, sebaiknya urusan perizinan anda lakukan sendiri, selanjutnya bila sudah dikuasai dan kita punya kemampuan menggaji orang lain, urusan perizinan bisa dipercayakan dan dirangkap oleh staff yang sekaligus mengurus sertifikasi pada poin 1.
  3. Kuasai dan persiapkan urusan Humas dan komunikasi dengan masyarakat, Kenapa urusan ini saya urutkan diatas? berdasarkan pengalaman saya dalam membangun bisnis property bila kita tidak menyiapkan diri, maka saat hubungan dan komunikasi dengan  masyarakat di lingkungan proyek perumahan yang kita bangun tidak terjalin dengan baik akan menghabiskan energi dan biaya yang tidak sedikit, bahkan proyek perumahan kita bisa gagal dibangun gara-gara ada penolakan dari masyarakat, masalah keamanan dan lain-lain. Anda bisa rekrut tokoh-tokoh sekitar untuk menjaga proyek kita dengan diberikan honorarium dan rekrutlah security dari tokoh pemuda sekitar yang disegani.
  4. Rekrutlah arsitek yang kompeten dan berpengalaman untuk membantu anda mendesain perumahan mulai dari merancang site plan, pengukuran lahan, cut and fill, desain rumah bahkan sampai interior. Anda juga bisa kerjasama dengan arsitek freelance tanpa terikat sebagai karyawan tinggal cari yang ahli dengan harga negosiasi yang effisien. Arsitek ini sangat diperlukan selain untuk merancang perumahan juga sebagai salah satu syarat perizinan.
  5. Bangun team marketing yang dan handal untuk mempromosikan dan menjual perumahan yang kita bangun. Bila team marketing anda ahli, maka dari tahap perancangan saja sudah bisa berpromosi bahkan menjual. Team ini juga punya keahlian merancang produk, merancang prosedur penjualan, merancang strategi promosi, membangun jaringan konsumen, bekerjasama dengan pihak-pihak lain yang menunjang penjualan, sehingga anda tidak repot sendiri. Berikan penghargaan yang layak misal dengan bonus yang layak sehingga loyalitas mereka terbangun.
  6. Bangun link dengan perbankan untuk memudahkan dan memberikan konsumen perumahan anda fasilitas KPR, pilihlah mitra perbankan yang meberikan kemudahan proses, uang muka yang ringan dan pricing (bunga KPR) yang paling kompetitif.
  7. Bangun Team Keuangan dan Akunting untuk membantu anda merancang sistem keuangan, menghitung harga, mengelola cash flows, mencatat dan kontroling biaya proyek dan hasil penjualan. Bagian ini harus anda langsung yang pegang otoritasnya. Usahakan jangan sampai satu rupiah pun dana yang masuk dan keluar dari perusahaan yang anda tdk tahu.
  8. Bangun team Manajemen Konstruksi (MK) yang handal, dan kompeten di bidangnya, karena inilah titik paling beresiko kerugian, kehilangan asset, ineffisiensi bahkan sumber kebangkrutan bila kita tidak memiliki team MK yang kuat. Anda wajib punya orang kuat yang menjadi tangan kanan anda untuk menjadi Pimpro, memimpin team lapangan dan mengawasi jalannya pembangunan di lokasi proyek, sedangkan untuk kontraktor anda boleh kerjakan sendiri untuk memaksimalkan dan menekan biaya produksi dengan merekrut tukang yang ahli dengan pola borongan kerja atau honor harian dan anda tinggal belanja bahan material. Bila anda tidak ingn repot dengan masalah pembangunan fisik, maka anda dapat bekerjasama dan berbagi margin dengan kontraktor lain untuk membangun perumahan anda.
  9. Susun struktur organisasi usaha developer anda dgn menempatkan staff anda di atas pada posisi sesuai kompetensinya, susunlah Job Description sehinga mereka faham dan tanggungjawab masing-masing. Ajarkan mereka, pandu mereka, gerakan mereka dan kontrol mereka untuk jalankan roda organisasi secara tertib sampai tercipta team work yang dan berkinerja tinggi.
  10. Susun Standard Operational Procedure (SOP) yang mengatur dan cara kerja seluruh jajaran manajemen, mulailah dgn SOP paling basic yang yang menjaga tata tertib dalam bekrja seperti aturan hari/jam kerja, kehadiran, keterlambatan, cuti, matrix gaji dan lain-lain yang berurusan dengan urusan dan kesejahteraan karayawan. Selanjutnya anda bisa lengkapi dengan SOP yang lain.
  11. Salah satu kunci sukses membangun dan menjual perumahan adalah mulailah dengan membangun fasilitas umum yang bagus seperti jalan yang lebar dan mulus, gerbang yang keren, taman yang bagus dan rumah contoh yang menunjukan kepada calon konsumen bahawa anda adalah developer yang professional dan berkualitas.

Demikan saran sederhana saya semoga bermanfaat, barokallah sukses...

Hormat Saya

Budi Cahyadi

31 comments:

  1. wow infonya keren kak.. kalau ingin tahu tentang cara membuat website yukk disini saja.. terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Hariyati Dewi Tki Hongkong, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya saya menemukan jalan /solusi melalui Program Pesugihan Dana Gaib Tanpa Tumbal. saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Dengan keyakina dan keberania saya ikut bergabung untuk mengikuti Program Pesugihan Dana Gaib Tanpa Tumbal dan memohonkan dana sesuai kebutuhan dan kesanggupan saya. Cuma dalam waktu 1 hari 1 malam saya mendapat telpon dari pihak Program tersebut, Alhamdulillah dana yang saya mohonkan sudah cair dan sudah dapat saya gunakan untuk melunasi hutang. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi
      Ki Witjaksono: 085-2222-31459
      Atau kunjungi website

      Klik-> PESUGIHAN DANA GAIB

      ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya

      Delete
  2. Subhanalloh.... ya rab.. semoga saya bisa bersilaturahmi langsung dengan Pa Budi ni...
    Pertama saya sangat setuju dgn cara bp menyikapi akan komitment menjadi developer... itu satu yang saya setuju pernyataan Bp dlm peroleh perijinan developer banyak unsur hal2 yg tdk pas dengan keyakinan.
    selanjutnya, Mohon masukan juga... kebetulan saya saat ini bergerak di usaha Broker property, tapi perusahaan in i terus terang didirikan dan dibentuk oleh sebuah idealistis saya yang ingin mensur kebathilan, maka tahun 2010 saya membuat semacam Century-nya syariah, (maaf tidak jiplak nama) asli say bikin nama Mitra Property Syariah, dgn rujukan sistem dan mekanisme kerja menggunakan metode STAF (Sidiq, Tabligh, Amanah & Fathonah) intinya sy sebagai mediator/broker berbasis syariah. konon berdasarkan data Web, katanya bisnis sy ini yang pertama. Alhamdulillah sekarang usaha ini sdh menjadi badan usaha PT.
    Pertanyaan saya yang saat ini cukup menggalaukan adlh:
    1. Sekarang ada mitra yg ingin bekerjasama utk menjd developer perumahan program FLPP, yg nota bene akan menggunakan dana Bank (BTN), sy, memutuskan dlm kerjasama ini tidak menggunakan PT saya, tapi bikin PT yang baru, krn PT sy ga mau dicampurkan dgn cara Developer yg jelas2 pakai bank (BTN), mohon kiranya bisa memberikan masukan !
    2. Saya tertarik dgn kemitraan bisnis desaint interior sebgai kantor cabang, alhamdulillah kantor sy sangat strategis, milik sendiri,cuma begitu sy klik tentang pembiayaannya kok bisa dibuka, tapi hrs pake sandi-sign in nya. nah utk ini mohon diberikan jalan utk membuka bisnis ini.
    Terimakasih.. semoga kita bisa saling mengisi.

    ReplyDelete
  3. luar biasa pak...

    JASA DESAIN GRAFIS BERSUBSIDI
    Jasa Desain Logo, Brosur, Spanduk, X-banner, Kemasan, dll
    Pasti Lebih Hemat & Tepat Waktu
    Klik : www.desain77.com

    ReplyDelete

  4. Hanya modal 10 ribu bisa mendapatkan JUTAAN
    Silahkan kunjungi www.pokerayam.co
    Minimal Deposit 10.000
    Minimal Penarikan dana 25.000
    Dan dapatkan Jackpot Ratusan Juta Rupiah
    Bonus Cashback Turn Over 0,5% Setiap minggu
    Dapat Bermain Pada ANDROID DAN IOS
    Pelayanan 24 jam Tanpa Batas
    Bisa juga hubungi , info :
    BBM : D8E5205A

    ReplyDelete
  5. Halo,
    Perkenalkan, Nama saya Wenny
    Saya adalah development dari ForexMart, Kami melihat website anda dan kami ingin mendiskusikan kerjasama kemitraan dengan Anda. 
    Boleh saya minta kontaknya untuk menjelaskan lebih lanjut atau anda bisa langsung menghubungi saya ke wenny@forexmart.com, terimakasih

    ReplyDelete
  6. ASSALAMU ALAIKUM.WR.WB.. SAYA TERMASUK ORANG YANG GEMAR BERMAIN TOGEL,SETELAH SEKIAN LAMANYA SAYA BERMAIN TOGEL AKHIRNYA SAYA MENEMUKAN NOMOR SEORANG PERAMAL TOGEL YANG TERKENAL KEAHLIANNYA DI SELURUH DUNIA,NAMANYA (KIYAI PATI). DAN SAYA BENAR BENAR TIDAK PERCAYA DAN HAMPIR PINSANG KARNA KEMARIN ANGKA GHOIB YANG DIBERIKAN OLEH KIYAI 4D DI PUTARAN SGP YAITU 1644 TERNYATA BETUL-BETUL TEMBUS. PADAHAL,AWALNYA SAYA CUMA COBA COBA MENELPON DAN SAYA MEMBERITAHUKAN SEMUA KELUHAN SAYA KEPADA KIYAI PATI DISITULAH ALHAMDULILLAH KIYAI PATI TELAH MEMBERIKAN SAYA SOLUSI YANG SANGAT TEPAT DAN DIA MEMBERIKAN ANGKA YANG BEGITU TEPAT..,MULANYA SAYA RAGU TAPI DENGAN PENUH SEMANGAT ANGKA YANG DIBERIKAN KIYAI ITU SAYA PASANG DAN SYUKUR ALHAMDULILLAH BERHASIL SAYA JACKPOT DAPAT 500.JUTA,DAN BETAPA BAHAGIANYA SAYA BERSUJUD-SUJUD SAMBIL BERKATA ALLAHU AKBAR…..ALLAHU AKBAR….ALLAHU AKBAR….SEKALI LAGI MAKASIH BANYAK YAA KIYAI,SAYA TIDAK AKAN LUPA BANTUAN DAN BUDI BAIK KIYAI, BAGI ANDA SAUDARAH-SAUDARAH YANG INGIN MERUBAH NASIB SEPERTI SAYA TERUTAMA YANG PUNYA HUTANG SUDAH LAMA BELUM TERLUNASI SILAHKAN HUBUNGI KIYAI PATI DI NOMOR HP: {_0852_1741_5657_}

    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL BELIAU
    angka;GHOIB: singapura
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum
    angka”GHOIB; laos…
    angka”GHOIB; macau
    angka”GHOIB; sidney
    angka”GHOIB: vietnam
    angka”GHOIB: korea
    angka”GHOIB: brunei
    angka”GHOIB: china
    angka”GHOIB: thailand

    ReplyDelete
  7. inenlose88 | MASTER AGEN BETTING TERPERCAYA | DAPATKAN BONUS DEPOSIT AWAL 30% !!

    Welcome To winenlose88.com

    WINENLOSE adalah Website MASTER AGENT JUDI BOLA ONLINE dan MASTER AGENT CASINO ONLINE TERPERCAYA yang sudah mendapat lisensi resmi dari First Cagayan dan memberikan berbagai kemudahan dalam transaksi bermain judi online dengan bermacam-macam produk judi Online yang ada.

    WINENLOSE siap membantu para bettor indonesia dalam hal pembuatan account betting online seperti SBOBET , IBCBET , CASINO SBO ( 338a ), 1s Casino, ASIA77, ASIAPOKER77, TANGKASNET, BOLATANGKAS88, eBET, Sabung Ayam, DLL

    Dengan layanan support Customer service 24jam penuh setiap hari , WINENLOSE siap membantu segala kesulitan dan kami selalu ada untuk anda dalam hal perjudian online secara ramah, aman, terpercaya dan profesional. Kami juga mensupport 4 BANK lokal Untuk bertransaksi seperti Bank BCA, MANDIRI, BNI, dan BRI.

    Segeralah Bergabung dengan kami hanya di WINENLOSE dan Dapatkan Bonus Menarik dari kami Hanya di Winenlose88.com

    MASTER AGEN BETTING TERPERCAYA
    Daftar Agen Bola Online
    Agen Bola Terbaik
    Agen Judi Bola
    Agen Judi Casino
    Winenlose88 - Prediksi Manchester United vs Huddersfield Town 3 Februari 2018

    Fanpage Facebook : https://www.facebook.com/officialwinenlose/
    Call Center : +855 6086 0217
    SMS / WhatsApp : +6281295588887
    BBM : 557135B7
    LINE : Winenlose
    Twitter : Winenloses
    WECHAT : Agenwinenlose
    Skype : Winenlose
    Instagram : Winenlose
    Livechat : http://bit.ly/2d1ZNfT
    Link Alternatif : http://winenlose.co/

    ReplyDelete
  8. Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang di berikan CrownQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap minggunya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah

    Games Yang di Hadirkan CrownQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Sakong
    * Sakong
    * Bandar66
    * AduQ
    * Sakong

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : AGEN BANDARQ CrownQQ
    BBM : 2B382398
    FB : AgenCrownqq
    Twitter : crown_qq

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Sweet blog! I found it while searching on Yahoo News.
    Do you have any suggestions on how to get listed
    in Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get
    there! Appreciate it
    Game Mobile Terbaru
    Judi Slot Online
    Jendela Olahraga

    ReplyDelete
  11. Its Very Good Post And Let Me Share It For Alot Of People. And Dont Forget Ti Visit Me Back
    MAUU GAMES ONLINE YANG BAGUS DAN MENGUNTUNGKAN BESAR DAN DIBAYAR LAGI KLIK LINK SALAH SATU LINK DIBAWAH INI ANDA TIDAK PERCAYA SILAHKAN BUKTIKAN SENDIRI SUDAH BANYAK YANG BERHASIL MENDAPATKANNYA
    1.AGEN LIVE22
    2.LIVE22

    ReplyDelete
  12. "Thanks, great post. I really like your point of view! Thanks for posting."

    Don’t Forget Check My Website aslo Daftar Slot Live22

    ReplyDelete
  13. “Thanks, great post. I really like your point of view! Thanks for posting.”

    Don’t Forget Check My Website aslo Live22 , Buku Tafsir Mimpi , Slot Live22

    ReplyDelete
  14. “Thanks, great post. I really like your point of view! Thanks for posting”.

    Juaragaming
    slot live22 , live22

    ReplyDelete
  15. This was a good articel. IF you want more information about this please visit our site too at
    m303bet
    sabung ayam online
    live22
    sabung ayam online
    main casino slot online
    togel
    m8bet

    ReplyDelete

Entri Populer