Monday, February 6, 2012

MEMBANGUN PERUSAHAAN PROFESSIONAL

Tahun 2012 sangat special bagi saya, karena di awal tahun 2012 ini perusahaan professional pertama saya  resmi berdiri. Setelah resign dari Bank untuk  menjadi entrepreneurs, saya sempat "tergoda" menjadi CEO di sebuah perusahaan Fashion besar yang yang kebetulan adalah salah satu nasabah binaan saya sejak masih skala home industri sampai punya mall megah di Bandung dan Jakarta. Walau gaji besar, mobil dinas mewah dan fasilitas lainnya begitu menggiurkan, ternyata otak dan hati yang sudah bulat menjadi Entrepreneurs, sehingga tidak bisa "enjoy" berperan sbg CEO yang membawahi 1500 karyawan lebih di perusahaan tersebut, maka dari pada "mengkhianati owner sahabat dekat saya, kurang dari sebulan pelantikan dan belum "menikmati gaji" CEO,  saya menyatakan mundur dan total berwirausaha sesuai cita-cita awal saya resign dari bank.


Tahun 2011 saya nikmati proses membangun usaha dari nol, bisnis interior sebagai bisnis sampingan saat jadi pegawai bank yang telah saya jalankan lebih dari tujuh tahun dan sempat saya tutup sebagai konsekuensi kontrak professional sebagai CEO, karena memang passion saya di bidang interior dan property. Tantangan terbesar menghidupkan bisnis interior dan property adalah memanggil dan mengumpulkan tenaga kerja yang sudah tersebar dan bergabung dengan perusahaan lain. Kesabaran dan kebesaran hati sangat diperlukan dalam mengumpulkan mereka kembali. 


Diperlukan sekitar tiga bulan untuk menghidupkan dan menjalankan kembali workshop interior, saya kontak lagi seluruh pelanggan, saya datangi sendiri prospek customer bahkan saya lakukan pengukuran dan design sendiri ala kadarnya, terbayang bukan bagaimana hasil urat-oret design seorang lulusan akuntan yang menghabiskan karier 13 tahun di bank harus menjadi "Tukang Interior" dadakan. Saat dulu menjadi bisnis sampingan saya "tidak begitu perduli" dengan bisnis interior tersebut, saya hanya menerima order bila customer membawa foto/design sendiri sehingga saya tidak repot dengan urusan design. Maka tidak heran network customer terbatas teman-teman atau kenalan dekat saja.

Bagi saya bisnis adalah balajar, saya sadar bahwa nyawa dari bisnis interior dan property  adalah design yang menarik, update dan tellermate (sesuai keinginan customer) tapi justru urusan design lah yang menjadi kelemahan bisnis saya, maka setelah menghidupkan kembali workshop, focus selanjutnya adalah membangun House of Interior & Property Design. Setelah proses pencarian panjang tenaga Arsitek dan Designer Interior , alhamdulillah terbayar dengan bergabungnya Arsitek dan Designer terbaik yang menjadikan faktor kelemahan perusahaan Interiror & Property saya menjadi kekuatan. Silahkan klik http://sherishinterior.com untuk project-project kami yang telah kami design & produksi.


Tahapan selanjutnya adalah membangun team Marketing dan Operasional untuk mendorong percepatan penjualan dan menaikan level bisnis dari skala UMKM menjadi bisnis yang lebih besar. Maka saya membangun sebuah perseroan professional sebagai pengelola bisnis interior dan property tersebut, alhamdulillah dengan menyewa sebuah ruko dua lantai di kawasan bisnis Puri Dago Antapani No. 310 Bandung telp.  02261315306, saya jadikan kantor sekaligus showroom produk interior kami. 


Saya sadar, seorang sendiri sulit membangun sebuah perusahaan professional dan menjadi besar, saya harus mencari partner sejati tempat sharing dan bertukar fikiran sekaligus menjadi tangan kanan di perusahaan saya. Saya sampai berdoa khusus untuk mencari partner ini "Ya Allah kumpulkan saya dengan karyawan-karyawan yang sholeh/sholeha serta dekatkan saya dengans seorang sahabat sejati seperti Musa & Harun atau Rosulullah & Abu Bakr" itulah doa khsus saya, Alhamdulillah Allah mendengar dan mengabulkan doa saya, seorang sahabat di dekatkan, saya ajak menjadi owner, gaji pun tidak dibayar tunai tapi dengan saham, Subhanallah semoga Allah merahmati sahabat yang sudah saya anggap adik sendiri saudaraku Muri A Mansoer.


Sistem perusahaan di bangun, aturan kerja, prosedur, sistem dan software keuangan saya susun untuk semua level manajemen dan karyawan, saya dan karyawan pelajari dan aplikasikan bersama untuk memahami tanggung jawab, wewenang dan tugas masing-masing. Alhamdulillah dalam waktu satu bulan saya pandu langsung, bisnis dan pekerjaan yang awalnya serba sendiri saya jalankan dan jam kerja yang awalnya lebih dari 12 jam sehari tanpa hari libur, saat ini sudah berjalan dengan sangat baik, pendelegasian berjalan, kepatuhan terhadap sistem organisasi, aturan kerja dan sistem keuangan bisa dijalankan seluruh level manajemen dengan baik. Sekarang saya bisa kembali menikmati hari libur bahkan bila mau setiap hari saya bisa liburan he.he.he. Insya Allah dengan adanya waktu sengggang kita bisa membuat banyak planning dalam bisnis, hidup, ibadah dan dakwah sebagai tugas utama manusia sebagai khalifah fiil ard (pengelola bumi) yang Allah amanatkan kepada kita. 

Sistem keuangan yang menjadi titik rawan saya buat sedemikan rupa sehingga tercipta internal kontrol yang kuat untuk meminimalisir penyalahgunaan keuangan. Dengan sistem perusahaan tersebut ditunjang software dan kecanggihan teknologi, alhamdulillah saya bisa kontrol semua pekerjaan cukup dari rumah melalui laptop, tablet bahkan handphone sekalipun.


Kunci sukses membangun perusahaan adalah berfikiran terbuka dan yakin bisnis kita akan besar, buang jauh-jauh fikiran sempit bahwa keuntungan kita akan menipis dengan adanya biaya gaji karyawan, ingat dengan team yang lengkap kita bisa naikan level bisnis kita, kita bisa perbesar omzet kita berkali-kali lipat dan yang terpenting kita tidak kehilangan ASSET YANG PALING BERHARGA yaitu WAKTU, yang selama ini terjajah dengan pekerjaan seperti memeriksa bon pengeluaran, melakukan pekerjaan-pekerjaan yang seharusnya bisa didelegasikan tapi karena tidak ada karyawan dan sistem, terpaksa kita lakukan sendiri.


Seorang entrepreneurs sekaligus owner perusahaan seharusnya lebih berfikir strategis mengembangkan bisnis, mengembangkan network, mengembangkan produk sehingga bisnis kita terus membesar untuk kemaslahatan ummat. 


Berikut tahapan membangun perusahaan professional yang telah saya lakukan untuk sahabat  aplikasikan di bisnis anda semua.
  1. Susunlah Struktur Organisasi & Job Description, yaitu, perangkat sistem perusahaan yang mengatur jalur kordinasi, focus bidang pekerjaan/tugas, batas kewenangan dan tanggung jawab serta pemisahan fungsi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja serta meningkatkan internal control. Struktur organisasi & Job Description juga mendorong berfungsinya kepemimpan dan meningkatnya soliditas manajemen perusahaan. Tiga hal yang harus diperhatikan dalam menyusun struktur organsisasi adalah: a. Garis Kordinasi b. Focus Bidang/Tugas c. Pemisahan Fungsi, Kewenangan dan Tanggung Jawab 
  2. Susunlah Peraturan Perusahaan, yaitu perangkat perusahaan yang mengatur seluruh aturan kerja serta hak dan kewajiban antara perusahaan sebagai pemberi kerja dengan karyawan sebagai penerima kerja. Kita sebagai owner, bebas saja memasukan selengkap-lengkapnya pasal-pasal untuk aturan kerja di perusahaan kita. Semangat yang harus mendasari dalam menyusun Peraturan Perusahaan adalah Fairness atau keadilan dan transparansi, memang benar perusahaan adalah milik kita, tapi berniat dan bersikap adil dan terbuka adalah pondasi yang sangat penting dalam menciptakan perusahaan  professional yang didukung penuh oleh seluruh SDM yang terlibat di dalamnya karena mereka semua merasakan kenyamanan, keadilan dan transparansi dalam bekerja. Peraturan Perusahaan ini bersifat umum dan jarang berubah kemudian  diaplikasikan dalam bentuk surat turunan lainnya. 
  3. Turunkan Pasal-Pasal dalam Peraturan Perusahaan yang telah kita susun dalam bentuk Surat Keputusan Direksi (SK)  Surat Instruksi Direksi (SI) atau Surat Edaran Direksi (SE) untuk dilaksanakan oleh semua level Manajemen. Pasal-pasal apa saja yang perlu diturunkan dalam bentuk SK/SI/SE adalah peraturan perusahaan yang suatu waktu-waktu dapat dirubah sesuai kebutuhan atau kondisi, misal buatlah SK tentang aturan hari dan masuk jam kerja dari Senin sampai Sabtu, bila suatu saat ingin hari Sabtu libur maka rubahlah SK tersebut dengan yang baru. 
  4. Buatlah sistem keuangan yang kuat internal kontrolnya, pisahkan antara pengelola kas utama/kas besar dan kas kecil, buatlah alur kas besar ke kas kecil dan sebaliknya, buatlah aturan batas minimal pagu cash in hand sehingga setiap ada kelebihan dana langsung di setorkan ke rekening perusahaan di bank. Buatlah aturan transaksi tunai seminimal mungkin, lakukan transaksi baik penerimaan maupun pengeluaran menggunakan transfer atau internet banking, bila menggunakan Cek/BG, jangan pernah membubuhi tanda tangan kita dalam buku Cek/BG tersebut. Bila menggunakan internet banking, simpanlah baik-baik Token atau nomor otorisasi transaksi hanya kita atau orang yang kita berikan kewenangan saja yang bisa memberikan otorisasi. Buatlah batasan jumlah dan kewenangan otorisasi transaksi tersebut.
  5. Untuk menunjang sistem keuangan dan pencatatan, dengan bantuan sahabat seorang programer saya susun software keuangan & akuntansi untuk mencatat dan membukukan seluruh transaksi, asset, hutang dan modal yang berputar di perusahaan.
  6. Rekrutlah Karyawan sesuai dengan kebutuhan dalam struktur organisasi diatas, pemenuhan SDM dapat kita lakukan secara bertahap atau sekaligus sesuai kebutuhan dan kemampuan modal perusahaan, bila modal terbatas rekrutlah secara bertahap, untuk tahap awal adanya perangkapan fungsi adalah hal biasa, bila sudah overload pekerjaannya maka rekrutlah karyawan baru untuk menghindari perangkapan fungsi. Dalam proses rekruitment, saya lakukan saringan melalui CV, test kompetensi tertulis, live test dan interview untuk mendapatkan SDM terbaik sesuai kriteria dan kebutuhan perusahaan kita.
  7. Samakan visi dan misi antara kita sebagai owner dengan seluruh level manajemen dan karyawan yang kita rekrut. Pondasi visi dan misi sangat vital untuk menyamakan arah dan cara-cara yang harus ditempuh dalam mencapai tujuan yang direncanakan.
  8. Lakukan training implementasi kepada seluruh level manajemen dan karyawan, berikan dan latih mereka untuk mengetahui bisnis circle perusahaan, alur kerja, aturan kerja dan hal lain yang telah kita susun sebelumnya.
  9. Susun Planning, Program & Target kerja (PPTK). Saya menyusun planning, program dan target kerja secara periodik bulanan, sangat wajar di awal-awal kita sendiri yang menyusun PPTK apalagi bila karyawan yang kita rekrut umumnya fresh graduate. PPTK sangat ampuh menjaga focus dan melecut karyawan bekerja sesuai target yang jelas, kita tinggal monitoring hasil pekerjaan karyawan kita berdasarkan PPTK tersebut.   
  10. Pandulah jalannya implementasi sistem perusahaan yang telah kita susun dan latihkan kepada semua level manajemen. Untuk awal-awal sangatlah wajar bila masih terjadi perbedaan implementasi dengan aturan atau kehadiran kita masih intens, pengalaman saya insya Allah dalam waktu tiga bulan kehadiran kita sebagai owner sudah dapat digantikan oleh team dan kita sudah bisa leluasa meninggalkan perusahaan untuk pergi Haji/Umroh bahkan liburan sekalipun.  
Berikut contoh perangkat sistem perusahaan yang saya susun:








Demikian tahapan dan perangkat perusahaan professional yang saya bangun, semoga bermanfaat dan dapat diimplementasikan oleh teman-teman yang berniat focus berwirausaha untuk membangun sebuah bisnis yang professional yang akan terus membesar. 

Contoh lengkap Sistem Perusahaan yang saya bangun, silahkan


Salam Semangat Luar Biasa, Sukses untuk Sahabat Semua

Hormat Saya

Budi Cahyadi

Kirimkan Pertanyaan/Konsultasi Anda melalui:

e-mail : budicahyadi.bucah@gmail.com
Whatsapp: +628122193914
BBM: Pin 7E619333

Support by:
www.dapurmodern.net
www.sherish-it.com

GUARANTEE FREE

19 comments:

  1. alhamdulliah, akhir nya saya bisa menemukan web yang sangat sevisi dengan saya. untuk komentar saya kali ini saya hanya bisa berdoa medah - mudahan teman2 yang memaparkan penglaman dan ilmunya di sini senantiasa dapat lindungan dari Allah SWT , amin.. saat ini saya lagi mengalami drop finansial akibat dari kebangkrutan usaha kami semua aset kami sudah ga punya dan banyak dari pihak invertor mengancam dengan segala cara ada juga yang sekarang lagi proses hukum. saya cuman pasrah karena segala bentuk komunikasi dan metode saya yang saya tawarkan sama sekali bukan merupakan solusi bagi mereka (menurut mereka)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal Iman & Ibadah dijaga jgn sampai Drop, bankrut/kerugian bisnis adl hal kecil dibanding kalo Iman & Ibadah kita yg bankrut, keep moving, maksimalkan ikhtiar, Allah akan berikan solusi terbaik utk kita, orang yg tdk beriman kpd Allah saja byk yg sukses, knp org beriman tidak bisa? kuncinya Iman, Ikhtiar & Sabar

      Delete
  2. salam kenal mas...conten web andalah yang saya cari selama ini,,,trims mas info tentang sop -nya...saya akan siap siap buat buka cabang usaha saya...

    ReplyDelete
  3. subhanallah ,alhamdulillah dengan ijin allah akhirnya saya menemukan tempat yang selama ini saya cari dan butuhkan. sudah lama saya punya usaha tapi belum punya sistem usaha yang baik dan alhamdulillah dengan mendapatkan ilmu ini usaha saya bisa seperti yang selama ini di impikan amin.... kang budi boleh saya konsultasi sama akang.... saya ingin banyak belajar.. teri makasih jzk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asslkm.
      dahulu saya adalah seorang karyawan pedagang dipasar pasar malam.dengan gaji yang kurang dari pas pasan. saya berusaha untuk lepas dari kondisi itu dan berusaha mengambil pengalamannya.dan akhirnya saya bisa mandiri walau hanya setenteng barang dagangan yg dijual ke kebun kebun sawit di daerah. Sumatra.dengan keinginan yg kuat saya berusaha untuk lepas dari kondisi itu yg terasa juga agak berat.alhamdullah setelah itu allah mengabulkannya dan telah bisa berjualan tetap di sebuah pasar dengan mempunyai sebuah toko.tetapi keinginan untuk lebih mju lagi masih tertanam di pikiran.dan juga alhmadullah terkabul juga doa.dengan mmpunyai toko lebih besar lagi.sebgai suplyer dengan pengolaan uangnp barangnya sudah melebihi 1 milyar .nah di posisi sekarang ini.terjadilah ke vakuman.mesti keinginan untuk membangun sebuah perusahaan yg profesional sangat kuat pada diri saya.karena sangat bnyak keterbatasan seperti ilmu,komonikasi,koneksi,dll untuk mendirikan sebuah perusahaan yang profesional.
      Nah disinilah maslahnya bagaimana caranya merubah mindset kita.dari usaha kongensional untuk menjadi profesional.mohon pak,penceragannya.terima kasih.dan salam sukses.

      Delete
    2. Cerita perjalanan sukses bapak sgt luar biasa mengingatkan kita akan riwayat sahabat Rosulullah SAW, Abdurrahman bin Auf ra. yg sukses menjadi saudagar dgn berawal menjadi kuli panggul di pasar Madinah, smg kesolehan Abdurrahman bin Auf dapat menular kepada bapak, amin YRA.
      Sedikit persamaan dgn usaha saya di bidang mebelair, saat dulu sy jalankan sendiri scr tradisional maka kapasitas omzet kita vacum di angka batas kemampuan kita baik dlm melayani konsumen atau kapasitas produksi, krn tangan dan kaki kita hanya dua, otak kita satu dan fisik kita punya kemampuan sgt terbatas. Tapi kelebihan dlm bisnis yg kita kelola sendiri seluruh hasilnya dapat kita nikmati sendiri.
      Maka saat kita di titik puncak bisnis sendiri dan ingin meningkatkan bisnis dlm skala lebih besar, maka mindset pertama yg harus kita rubah adl MAU BERBAGI, krn bisnis professional anda akan dikelola oleh sebuah team yg disebut MANAJEMEN, manajemen ini akan diisi oleh SDM professional yg kita rekrut untuk menjalankan roda bisnis sesuai yg kita rencanakan. Berbagi & korelasi dgn manajemen dan SDM adl anda akan membagi keuntungan yg selama ini anda nikmati sendiri kpd team manajemen tsb dlm bentuk renumerasi berupa gaji, tunjangan, bonus dll.
      Mindset kedua adl REKRUT AHLINYA, jgn pelit dan jgn takut merekrut SDM professional yg akan menjalankan roda bisnis kita, tentunya hukum "ada rasa ada harga" berlaku bila anda ingin merekrut SDM berkompetensi tinggi tentunya harga/salarynya juga tinggi. Yg harus diperhatikan dlm merekrut SDM adl kecocokan, jgn sampai kita mahal merekrut tp tidak cocok dgn bisnis kita, maka bukan keuntungan yg kita dapatkan tp malah biaya besar dan kerugian.
      Mindset selanjutnya insya Allah saya lanjutkan dlm tulisan yg lebih lengkap dlm sebuah artikel. Semoga sukses

      Delete
  4. terima kasih banyak mas atas tulisannya

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, blognya sangat bermanfaat pak, saya ingin sekali menjadikan perusahaan saya sbg perusahaan yang profesional, dan disini ketemu langkah2nya, Terima kasih atas tulisannya.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah..
    Semoga Allah membalas Ilmu yg Bapak Share dengan keberkahan yg melimpah.. Aamiin..

    ReplyDelete
  7. benar2 web yg luar biasa bermanfaat.........benar benar membuka pikiran saya untuk mengembangkan bisnis saya dibidang kuliner lebih besar lagi........super terima kasih sekali kepada bapak Budi Cahyadi.........alangkah bersyukurnya saya jika bisa memiliki mentor bisnis seperti bapak Budi Cahyadi ini..............salam sukses bapak !!!!

    ReplyDelete
  8. Sangat Bermanfaat,,, dan sebagus bagusnya manusia, adalah manusia yang bermanfaat untuk orang banyak seperti bapak salam sukses,,mohon doa untuk kita sama berkarya.

    ReplyDelete
  9. terima kasih sudah share ilmu yang sangat bermanfaat ini.
    ini menjadi awal pembelajaran bagi saya yang sedang merintis usaha di bidang interior.
    ilmu yang seperti ini belum banyak saya peroleh dari bangku perkuliahan.

    ReplyDelete
  10. SELAMAT TAHUN BARU 2014..
    Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
    ==============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan :
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
    ~
    Materi inti Training Pelayanan :
    -. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    -. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    Telpon & HP :
    081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
    Info lebih lanjut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~

    ReplyDelete
  11. Salam kenal.

    Saya sedang membangun usaha kerajinan tembaga.
    Langkah apa saja yang Harus saya kebut untuk sebuah "order"
    alamat web saya http://www.pusatkerajinantembaga.com/
    semoga bapak berkenan menengok

    terimakasih

    ReplyDelete
  12. terimakasih atas tipsnya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  13. TERIMAKASIH TIPSNYA, SUDAH SAYA CARI SELAMA INI, USAHA SAYA AKAN DIJALANI SECARA PROFESSIONAL, KRN SELAMA 15 TAHUN USAHA INI TIDAK MAJU BEGINI2 SAJA, SEMUA DIKERJAKAN SENDIRI, SAYA MULAI MENERUSKAN USAHA THN 1998, USAHA INI BERDIRI TH 1988 DAN SEMPAT BANGKRUT, SAYA MINTA TOLONG KPD BAPAK, UNTUK MEMBANTU MENGEMBANGKAN DAN MEMBIMBING SAYA, TKS

    ReplyDelete