Friday, February 24, 2012

AYO MULAI BISNIS PERTAMA ANDA. BAGIAN-1

Salam wirausaha sahabat semua, terutama sahabat-sahabat muda yang bercita-cita menjadi Entrepreneurs, semoga tulisan saya kali ini bisa menjadi ice breaking untuk sahabat semua memulai bisnis pertama anda sebagai tahapan paling penting menapaki kesuksesan menjadi Entrepreneurs. 
Sahabat yang masih sekolah, kuliah, belum bekerja atau pegawai yang masih bingung bisnis apa yang pertama akan dijalankan, berikut ini beberapa bisnis yang bisa dijalankan, selamat menyimak:
Basic bisnis pertama saya paling mudah dijalankan oleh pemula sekalipun dan menjadi pondasi semua bisnis di segala bidang adalah TRADING, seperti tulisan saya sebelumnya tentang  Sukses Bisnis Cara Muhammad SAW,  bisnis beliau adalah Trading. Kenapa Trading? menurut analisis saya ini alasannya?
  1. Muara dari seluruh bisnis apapun adalah Penjualan/Trading, sebagus-bagusnya produk yang kita produksi tapi bila tidak bisa menjual tidak ada artinya.
  2. Trading adalah bisnis yang langsung berhubungan dengan customer/pembeli yang menjadi sumber pendapatan, sehingga kita terlatih mengelola keuangan.
  3. Trading adalah bisnis yang berhubungan langsung dengan produsen/supplier yang memasok product yang akan kita jual, sehingga kita bisa belajar selak beluk dunia produksi dan supplier.
  4. Karena bisnis Trading berhubungan langsung dengan customer, maka kualitas pelayanan dan kepuasaan customer memegang kunci sukses tidaknya bisnis ini, sehingga kita di tuntut belajar bagaimana melayani konsumen dengan baik.
Baik, mari kita mulai bisnis trading apa saja yang bisa kita jalankan, saya selalu memulai bisnis Trading berdasarkan produk kebutuhan pokok manusia. Alasan saya sederhana, bisnis berbasis kebutuhan pokok manusia sangat mudah dijual dengan konsumen yang sangat banyak dan Insya Allah pasti laku.


Cullinary Trading
Bisnis Trading Kuliner pertama yang pernah saya jalankan adalah Jualan Pisang Molen, saat usia saya 9 tahun, didesak kebutuhan keluarga, saya mengambil makanan ringan berupa pisang molen yang terkenal saat itu. Dengan berkeliling ke rumah-rumah dan tempat keramaian, saya berhasil menjual 50-100 biji pisang molen. Dengan keuntungan sekitar 20% an, alhamdulillah penghasilan harian dari berjualan Pisang Molen tersebut cukup membantu keuangan orang tua saat itu.
Kunci sukses bisnis Trading Kuliner adalah:
  • Cari produk makanan/minuman yang paling digemari, saya pilih makanan berbahan pisang karena digemari hampir seluruh golongan masyarakat, pembeli saat itu mulai dari penghuni rumah gedongan sampai abang tukang becak.
  • Lokasi berjualan yang tepat, yaitu tempat berkumpul banyak orang sehingga produk kita mudah terlihat dan terjual.    


Clothing Trading
Memasuki masa SMA sekitar tahun 1990 an dimana dunia "narsis" anak-anak muda melanda, saya memilih memanfaatkannya dengan berjualan pakaian, kebetulan dengan seringnya saya jualan berkeliling, saya kenal dengan banyak pengrajin/produsen pakaian di kota Bandung. Maka dengan manfaatkan kemampuan menggambar seorang teman, saya bikin produk pakaian untuk komunitas teman-teman sekolah seperti T-Shirt, jaket, Topi dan product Clothing lainnya. Alhamdulillah dengan keuntungan sekitar 30% an, penghasilan dari bisnis clothing saat itu sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan sekolah saya dan membantu orang tua.
Alhamdulillah walau sempat vacum beberapa tahun karena saya jadi pegawai, selepas resign, bisnis Trading Clothing ini saya hidupkan dan terus di kembangkan sampai dengan saat ini. Alhamdulillah para seniman design grafis dan penjahit handal menjadi andalan saya untuk melayani pesanan ribuan T-Shirt, celana Jeans, Jacket atau Topi perbulannya. Apakah para designer dan penjahit tersebut adalah karyawan saya? jawabannya bukan, saya hanya memiliki 2 orang karyawan marketing dan staf administrasi untuk menghandle ribuan pieces order clothing, kok bisa? insya Allah di tulisan lain akan saya jelaskan.

Kunci Sukses Bisnis Clothing Trading:
  • Rajinlah bersilaturahim untuk memperluas link customer product clothing kita.
  • Focuslah pada design, mode & kreativitas, karena itulah nyawa dari bisnis Clothing.
  • Cari dan kerjasama dengan penjahit/produsen terbaik dan amanah di sentra-sentra produksi sehingga selain murah harganya kualitas juga bisa terjaga.


Bersambung.........

Hormat Saya

Budi Cahyadi   

No comments:

Post a Comment

Entri Populer