Sunday, March 4, 2012

BISNIS LELE DARI UANG KORUPSI

Pertanyaan:
Apa kbr Kang Budi? Mudah-mudahan selalu dalam lindungan Allah SWT, Aminnn..... Perkenalkan saya Jaka (nama samaran), sekarang tinggal di Sukabumi, saat ini sedang merintis usaha Pembesaran Lele Sangkuriang, dimana sebelumnya mencoba beberapa usaha lain dan alhamdulillah gagal....
Rencana saya pada akhir tahun 2012, selain Pembesaran, saya juga mau mulai untuk usaha Pembenihan/Pemijahan Lele serta produksi turunan dari daging Lele seperti Sosis Lele, Abon Lele, kerupuk Lele dan lain-lain. Saya juga merencanakan memberdayakan dan berbagi dengan masyarakat dimulai dengan menyewa kolam masyarakat di lokasi sekitar kemudia benih lele akan saya suplly dan hasil panen mereka akan saya tampung.
Alhamdulillah setelah saya sering baca artikelnya Kang Budi dan ikutin TL nya di twitter, membuat saya makin yakin untuk segera memulai usaha. Sekarang saya masih jadi karyawan di Jakarta yang menyebabkan saya belum bisa fokus 100% mengelola bisnis Lele. Mudah-mudahan niat saya untuk resign akhir tahun ini bisa terlaksana.


Ada beberapa hal yg mau saya tanyakan Kang:
  1. Pertama, mengenai masalah pembukuan, apakah Kang Budi punya Model yg sederhana yg bisa saya aplikasikan?  saat ini saya masih menggunakan pembukuan yg manual dan mungkin konsep lama.
  2. Kedua, ini agak personal kang, sekarang dana yg saya pake ada dari investor yg kebetulan teman sekantor dengan saya juga, belakangan saya baru tahu kalo uangnya itu bukan dri uang halal, (maaf, saya bisa bilang seperti itu karena secara tidak sengaja dia menceritakannya pd saya, uang yang dia pake ternyata dari pencairan anggaran kegiatan fiktif.  Terus terang ini menjadi pikiran saya, karena saya ingin punya usaha yang benar-benar manfaat dan maslahat buat semuanya, saya jadi takut berimbas ke usaha saya.  Saya minta saran dri Kang Budi,, apa yg hrs saya lakukan sekarang,, mumpung blm terlalu jauh saya melangkah.
  3. Ketiga, saya mohon arahan, mungkin Kang Budi kenal dg ahli tentang Lele atau pengusaha Lele, biar saya bisa sharing.
Untuk sementara itu dulu Kang, makasih atas waktu untuk membaca dan membalas emailnya, insya Allah dibalas dengan segala kemudahan dan rezeki yang melimpah, aminn.

Wassalam.....



Tanggapan:
Semoga Allah senantiasa merahmati sahabat penanya yang tengah merintis kesuksesan menjadi entrepreneurs, saya yakin setiap niat baik dan ikhtiar optimal apalagi untuk kebaikan masyarakat insya Allah akan dicatat malaikat di Lauh Mahfuz dan mendapat kemudahan dari Allah SWT. Sebelumnya saya haturkan terima kasih dan saya aminkan atas doanya.
  1. Bila model pembukuan yang mengacu kepada sistem Akuntansi Keuangan yang standar tentunya akan panjang lebar bila saya jelaskan disini. Tapi sebelum anda memiliki staf khusus yang berlatar belakang Akuntan atau administrasi keuangan, anda bisa membuat model pembukuaan sederhana dengan mencatat seluruh penerimaan dana baik modal, penjualan, pengeluaran untuk pembelian atau biaya,dengan contoh dalam tabel di bawah ini. Dengan pembukaan sederhana tersebut, anda bisa mencatat, mengelompokan seluruh transaksi berdasarkan sumber dan penggunaan dananya serta dapat menyusun Laporan Keuangan sederhana baik untuk keperluan anda dan investor. 
  2. Saya ingin mengajak sahabat semua mulai detik ini kita ikhtiar menjadi Trusted Person, STOP KORUPSI, STOP SUAP MENYUAP dan JANGAN PERNAH TERGODA UNTUK KORUPSI, SUAP dan PERBUATAN TERKUTUK SEMACAMNYA. Walau Koruptor bisa mengelak dari pengadilan dunia tapi pengadilan Allah tinggal menunggu waktu. Begitu pula dengan bisnis kita jangan pernah kita modali dari hasil Korupsi atau sumber haram lainnya, Allah hanya akan memberkahi suatu aktivitas bisnis bila dilakukan dengan niat baik, ikhtiar baik dan modal yang halal dan baik dan yakinlah Allah akan memberkahi kita dengan rizki yang halal. Jangan pernah tergoda dengan pebisnis korup yang cepat kaya, karena kesuksesan itu tidak di ukur dari kekayaan tapi dari keberkahan atas rizki yang Allah berikan kepada kita. Saran saya tanpa ragu kembalikan saja semua dana teman anda tersebut, yakinlah Allah akan mengganti modal tersebut dari sumber yang halal dan insya Allah kesuksesan dunia akhirat akan segera menyapa anda.
  3. Saran saya untuk bisnis Lele Sangkuriang anda adalah, jadilah peternak yang tekun dan handal, karena itulah modal utama bisnis bidang Agro, seorang peternak Lele sukses di Indramayu bernama Pak Wanita (Almarhum) yang pernah saya datangi, memberi tips sederhana sukses beternak Lele "Kenali bahkan  kalau perlu "tidur" besama Lele sampai kita hafal seluruh sifat Lele sehingga kita tahu treatment terbaik untuk Lele". Terus terang, saat awal saya menjadi pegawai sekitar tahun 1998, saya pernah berbisnis Lele sebelum booming seperti sekarang, dan alhamdulillah gagal..... walau masih bisa merasakan panen, tapi karena tidak focus dan tidak tekun, bisnis Lele yang cukup menjanjikan tersebut kandas di tegah jalan. Sebagai penyemangat sampai dengan saat ini permintaan Lele konsumsi apalagi jenis Lele Sangkuriang sebagai varietas unggulan untuk market Jakarta saja selalu kekurangan, jadi rencana anda resign sebagai pegawai untuk terjun bebas menjadi Entrepreneurs Peternak Lele adalah keputusan yang tepat untuk menapaki kesuksesan anda, saya ucapkan Selamat. Untuk ahli peternak Lele Sangkuriang mulai dari Pembenihan sampai pembesaran silahkan silaturahim dengan Kakak saya bernama Kang Hukrisna dan Istrinya Teh Wanti keluarga Peternak Lele Sangkuriang binaan Departemen Perikanan Provinsi Jabar yang berlokasi di Cianjur Nomor Telepon 02639118561.
Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk sahabat, bila dari tulisan saya ada yang benar semata-mata dari Allah, yang salah atau kurang memuaskan karena kelemahan saya pribadi.

Salam Semangat, sukses untuk sahabat semua

Hormat Saya


Budi Cahyadi

Kirimkan Pertanyaan/Konsultasi Anda melalui:

e-mail : budicahyadi.bucah@gmail.com
Whatsapp: +628122193914
BBM: Pin 7E619333

Support by:
www.dapurmodern.net
www.sherish-it.com

GUARANTEE FREE

No comments:

Post a Comment

Entri Populer