Wednesday, November 30, 2011

"MENJUAL DIRI"

Dari sekian banyak BBM, e-mail, sms sampai datang langsung ke kantor atau rumah saya, pertanyaan "bagaimana memulai suatu usaha"  paling banyak di tanyakan dan dikonsultasikan oleh sahabat semua.


Jawaban saya selain "JADILAH PEMBUNUH" sifat MALAS, MALU, GENGSI. dan TAKUT sebagai mental block penghalang memulai suatu usaha dan kesuksesan, saya selalu sarankan mulailah dengan BERJUALAN. Pertanyaan selanjutnya berjualan apa?, karena umumnya dalam benak sahabat penanya, berjubel jutaan ide, produk dan bidang usaha yang semuanya terlihat menarik bagi mereka.


Saya sarankan mulailah dengan "MENJUAL DIRI", sebelum memulai menjual produk, kenapa? karena menjual diri Insya Allah cepat laku, karena kita pasti selalu berusaha menampilkan perfomance terbaik supaya diri kita laku terjual bukan?


Kenapa "Menjual Diri"? karena DIRI KITA adalah kekuatan sesungguhnya dari semua bisnis apapun yang akan kita jalankan. Diri kitalah magnet sesungguhnya dari semua produk yang akan kita jual. 


Saya beri contoh sederhana, kenapa istri atau suami anda mau menikah dengan anda? atau kenapa anda punya sahabat atau teman? Jawabannya karena pasti ada hal menarik dari diri anda yang membuat orang lain mau "membeli" diri anda menjadi istri, suami atau sahabat mereka bukan?


Atau saat kita diterima bekerja, artinya sama saja perusahaan telah "membeli" anda menjadi asset perusahaan bukan? 


Contoh lain, saat acara kumpul-kumpul keluarga sebutlah Lebaran, walau setahun sekali kita sibuk membuat atau membeli makanan khas untuk menyambut tamu atau sekadar hadiah bila kita berkunjung bukan? Lalu dengan semangat 45 kita ceritakan serunya proses pembuatan atau perburuan makanan tersebut kepada tamu famili atau teman-teman kita bukan? Tanpa anda sadari, sesungguhnya anda telah menjadi penjual yang handal.


Masih kurang? saya beri contoh lagi. Saat ada tamu berkunjung dan bertanya tentang rumah kita dan segala isinya semisal bangunan dan furniture, dengan semangat kita jelaskan proses pembuatan atau pembeliannya, siapa pemborongnya, dimana beli furniturenya dan sebagainya. Sesungguhnya tanpa sadar anda telah menjadi "sales agent" dari pemborong atau pembuat/toko furniture langganan anda bukan?


Penasaran? saya beri contoh lagi, saat kita menjenguk kerabat yang sakit, selain kita menghibur, memotivasi, mendoakan si sakit, kita ceritakan pengalaman pribadi atau orang lain yang berobat dimana, dokter apa, atau mengkonsumsi obat, jamu apa dan lain-lain yang terbukti manjur menyembuhkan penyakit. Secara tidak sadar anda telah "menjual diri" menjadi Motivator sekaligus "sales agent" dari dokter, tempat berobat dan produk obat atau jamu yang kita promosikan, eh.. yang kita ceritakan, bukan?


Masih kurang? insya Allah akan saya berikan dalam tulisan-tulisan lainnya, jadi tetaplah bersama saya di blog ini atau follow di twitter @PengusahaHebat. he.he.he....sesungguhnya saya telah memberikan contoh promosi menjual diri lagi bukan?


Apa bekal sukses dalam menjual diri? Rosulullah SAW, 14 abad lalu sebagai CEO of Trading Khadijah Corporation, membekali diri untuk menjadi pebisnis sukses sepanjang jaman adalah dengan "menjual diri" kepada mitra bisnis dan konsumennya dengan bekal:

  • Menjadi Trusteed Person, yaitu personal yang terpercaya sejak kecil sehingga digelari Al Amin atau yang dipercaya. Jangankan kawan, lawanpun segan dan mengakui beliau sebagai tokoh terpercaya seperti kejadian pemindahan batu Hajar Aswad di kabah padahal saat itu Kabah masih dikuasi pihak lawan.
  • Menjadi Pemegang Amanah Sempurna, yaitu personal yang dipercaya tidak hanya kawan tapi juga lawan untuk menjaga asset berharga mereka yang beliau kembalikan utuh kepada semua penitip sebelum beliau hijrah dari Mekah ke Madinah padahal sebagian besar asset-asset tersebut adalah milik musuh yang malah hendak membunuhnya.

Sahabat!, saya sangat yakin dengan dua bekal diatas yang harus kita latih dan terus kita ikhtiarkan, Insya Allah kita akan sukses memulai bisnis apapun yang akan kita bangun dengan tahap pertama melatih "menjual diri" kita. Ingat ANDALAH MAGNET UTAMA KESUKSESAN BISNIS ANDA.


Selamat Mencoba ...........


Salam Semangat, Barokallah sukses untuk sahabat semua....


Budi Cahyadi 

No comments:

Post a Comment

Entri Populer