Thursday, November 24, 2011

MEMBUNUH PENGANGGURAN BAGIAN-2

Bisnis ke dua yang dapat sahabat kembangkan dengan modal minimum adalah bisnis yang paling saya sukai yaitu Travel Agen (TA). Bisnis ini cocok untuk sahabat yang hobi jalan-jalan menikmati indahnya alam atau wisata-wisata kota, budaya dan lainnya.
Selain menyenangkan karena sesuai dengan hobi, bisnis ini bisa dijalankan hanya dengan modal kamera pinjaman,  akun facebook, twitter atau blog yang  bisa kita buat gratis.
Step-1, Petakan lokasi-lokasi wisata terdekat di wilayah anda, contoh saya di Bandung wisata alam semisal rafting, hiking, shoping, cagar budaya dan kuliner dapat menjadi produk bisnis andalan TA. Kemudian hafalkan dan dokumentasikan rute perjalanan, transportasi, sarana penginapan, rumah makan, sentra oleh-oleh dan semua hal yang berhubungan dan menunjang bisnis TA.  


Step-2, Buat brand bisnis TA kita, cetaklah kartu nama pertama anda sebagai CEO, manfaatkan komputer milik yang ada, dengan program Microsoft Publisher, kartu nama bisa dibuat cepat. Belilah kertas art paper 4-5 lembar, bismillah.... +50 lembar kartu nama keren sudah ada di tangan anda.


Step-3, Datangi pengelola hotel, rumah makan, wahana wisata, rental mobil/bus wisata, guide lokal, tukang parkir dan pihak-pihak lainnya yang berhubungan dengan bisnis wisata. Kemudian negosiasikan mengenai harga, discount, prosedur, reservasi, fasilitas, cara pembayaran, paket-paket wisata dan lain-lain. Negosiasikan secara terbuka mengenai harga dan discount secara terbuka dan transparan. 
Sebagai contoh saya lebih memilih meminta discount kepada pengelola hotel atau wahana wisata dari pada harga jual di up, karena terlihat kurang cantik saat tamu yang kita bawa melihat ada perbedaan harga antara yang kita tawarkan dibanding harga bila mereka go show. Pengalaman berhubungan dengan pihak pengelolala wisata discount 30% - 40% sudah sangat cukup untuk kita.


Step-4, Ajak keluarga atau teman-teman dekat untuk belibur ke lokasi wisata yang sudah anda petakan dan dokumentasikan tersebut, anda tidak perlu ambil keuntungan dari acara liburan keluarga dan teman-teman dekat ini, tapi jelaskan bisnis yang sedang anda bangun kepada mereka supaya mensupport anda. Dokumentasikan seluruh kegiatan liburan tersebut dengan kamera terbaik yang bisa anda pinjam dari anggota keluarga atau sahabat anda.


Step-5, Saatnya duduk focus di depan laptop anda untuk membuat promo toolls gratis di Facebook, Twitter atau Blog. Buatlah semenarik mungkin, dengan foto dan cerita-cerita seru seputar tempat-tempat wisata favorit anda, keluarga dan teman-teman anda. Mintakan testimoni dari keluarga dan teman-teman yang sebelumnya sudah berlibur dengan anda. Dengan kemudahan teknologi gadget canggih saat ini seperti Blackberry Messenger, YM, E-mail dan lainnya, saya yakin penyebaran informasi akun FB, Twitter dan blog bisnis TA anda akan mudah dilakukan.


Step-6, Susun paket-paket wisata yang menarik lalu tawarkan harga-harga terbaik ke teman-teman anda, luaskan penyebaran produk wisata anda melalui akun Facebook, Twitter atau blog anda. Insya Allah tidak perlu waktu lama tamu-tamu yang membeli produk anda akan segera berdatangan.


Step-7, Berikan service terbaik kepada tamu-tamu wisata anda, guide tamu-tamu pertama wisata secara langsung, dokumentasikan semua perjalanan mereka, mintakan testimoni kepada mereka, mohonkan maaf bila ada kesalahan atau kekurangan yang terjadi di lapangan.


Step-8, Rekrut tenaga kerja bila tamu wisata sudah tidak tertangani, latih karyawan kita supaya terjadi kesamaan visi dan standard pelayanan terjaga.


Insya Allah bila step by step diatas bisa sahabat lakukan dengan benar dan konsisten, tidak perlu waktu lama anda akan manjadi Juragan Wisata yang tugasnya jalan-jalan keliling Indonesia bahkan dunia seperti beberapa sahabat saya yang sekarang telah menjadi pengelola wisata dan pengusaha Travel Agen yang tiap mereka jalan-jalan ke luar negeri selalu mentag foto-foto mereka ke saya.


Selamat mencoba...... semoga sukses


Budi Cahyadi

4 comments:

  1. wow, terima kasih sharingnya pak, itu cita2 usaha yag saya impikan sejak kecil, keliling dunia. tapi saya awam tentang bisnis ini, dan daerah saya bukan kota besar, saya tinggal di pekalongan jawa tengah, bagaimana menyiasatinya agar travel agen bisa berjalan sesuai step yang bapak anjurkan. terima kasih atas jawabannya.
    agus wahyudi-pekalongan
    hp:085642810181

    ReplyDelete
  2. Kalau tidak salah Pekalongan adl sentra Batik, itu modal sangat luar biasa bisa anda eksplorasi untuk memulai bisnis travel wisata anda, ditunggu actionnya, sukses ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagaimana memmulainya pak, agar menarik para traveller berkunjung ke pekalongan, karena saya awam dibidang ini,. makasih

      Delete
  3. Memulai bisnis wisata adl dgn menjadi wisatawan itu sendiri, buatlah standar layanan dan produk apa yg anda inginkan, bila anda mempunyai standar yg baik perihal pelayanan maka insya Allah anda punya bekal yg cukup utk hadirkan produk dan layanan wisata, selanjutnya ikuti step2 sesuai tulisan saya di atas. Smg sukses

    ReplyDelete

Entri Populer