Tuesday, November 1, 2011

VISI

Saat kita kecil kita atau anak-anak kita saat ditanya "Apa Cita-Citamu?" jawaban kita atau anak-anak pada umumnya hampir sama "Jadi Dokter, Pilot, Menteri, Presiden, profesor, Atlet berprestasi atau Pengusaha. Seiring bertambahnya usia, cita-cita tersebut mulai spesifik dan berubah sesuai jalur pendidikan, minat dan lingkungan yang mempengaruhi dan menentukan akan menjadi apa saat kita dewasa nanti. Dalam dunia manajemen modern saya menyebut cita-cita tersebut adalah VISI, sebuah kata sakral yang sangat dijunjung tinggi dan wajib ada dalam semua pribadi Profesional ataupun Entrepreneurs.

Tidak salah bila dalam menyusun Visi, seorang profesional atau Entrepreneurs yang berwirausaha pada umumnya adalah:

"Menjadi puncak tertinggi karier, CEO atau manager terbaik yang berhasil membawa perusahaan mencapai target dengan cepat"

"Menjadi Perusahaan terbesar, terhebat, tercepat dalam pencapaian asset, omzet, profit pendiriaan cabang dan lainnya"

"Menjadi Perusahaan Terbaik dalam bidangnya seperti Teknologi, Keuangan, Perbankan, Marketing dan lainnya."  

"Menjadi Perusahaan yang merekrut banyak tenaga kerja" serta visi-visi hebat lainnya.

Sahabat!, tahukah kita bawa ada sebuah Visi yang sangat Agung yang merupakan cita-cita tertinggi semua manusia beriman yang dilahirkan hidup di dunia ini? yang hanya bisa difahami dengan seiring bertambahnya usia, pengalaman, literatur dan makna hidup, bekerja atau bisnis yang membentuk kepribadian kita?

Visi tertinggi manusia adalah "BERTEMU ALLAH DI SURGA". 

Visi Surga ini 180% merubah seluruh hidup saya dan menstimulus seluruh organ tubuh, Akal dan Ruh untuk menyusun dan action untuk berikhtiar dan menjaga trek hidup menuju dan meraih Visi Surga tersebut.

Misi dan strategi saya susun untuk menggapai Visi Surga, sebagai berikut:

DUNIA, tempat kita dilahirkan dan hidup sampai kita dikubur kembali, saya ibaratkan sebagai "LAHAN KERJA" dengan berbagai potensi dan jalan menuju Surga yang penuh jebakan dan godaan yang melenakan kita dari visi Surga.

USIA, jatah usia yang Allah berikan kepada kita dari mulai dilahirkan sampai kematian menjemput kita, saya ibaratkan sebagai "MASA KERJA" yang waktunya terbatas dan harus kita manfaatkan semaksimal dan sebaik mungkin untuk meraih dan menjaga visi Surga.

AGAMA, sebagai seorang Muslim saya jadikan Islam adalah "STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE" (SOP) hidup, yang wajib saya ikuti seluruh seruan dan perintah yang menjadi kewajiban serta menghindari seluruh larangan yang Allah firmankan dalam Al Quran dan atau Allah wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusannya untuk menjadi panutan dan teladan manusia meraih dan menjaga visi Surga.


Strategi tersebut harus saya aplikasikan dalam Action sebagai berikut:

ACTION, bila selama di Dunia sebagai LAHAN KERJA, kita hidup, belajar, bekerja, berbisnis, berkeluarga, bermasyarakat, bersosial, berpolitik dan lain-lain dengan benar sesuai sunatullah, tidak terlena dan tergoda dunia, maka kita sudah di trek yang benar meraih Visi Surga.

ACTION, bila  jatah usia kita sebagai MASA KERJA kita gunakan sebaik-baiknya dan optimal untuk belajar, bekerja, berbisnis, berkeluarga, bermasyarakat, bersosial, berpolitik dan lain-lain, tidak buang-buang waktu, tidak gunakan waktu untuk bermaksiat dan kesia-siaan, maka kita sudah di trek yang benar meraih Visi Surga.

ACTION, bila Islam sebagai SOP hidup saya Imani dan saya jalankan sesuai pasal-pasal yang terdapat dalam Alquran dan Sunnah yang teraplikasikan dalam proses belajar, bekerja, berbisnis, berkeluarga, bermasyarakat, bersosial, berpolitik dan lain-lain, maka kita sudah di trek yang benar meraih Visi Surga.

GOALS, bila action kita sesuai dengan jalan yang Allah ridhoi, maka Pensiun Kita Insya Allah adalah SURGA. 

Sebaliknya bila action kita tidak sesuai dengan jalan yang Allah ridhoi, maka Pensiun Kita Insya Allah adalah di NERAKA.

Pilihan ada di tangan kita, tugas kita manusia sebagai makluk hanya menyusun Visi, Misi dan Action, sedangkan hasilnya hanya Allah yang tentukan ridho atau tidak, Allah hanya berikan parameter kepada kita untuk IKHTIAR.

Wallahualam bishowab

Salam Semangat, sukses untuk sahabat semua

Budi Cahyadi

No comments:

Post a Comment

Entri Populer