Wednesday, November 23, 2011

MEMBUNUH PENGANGGURAN BAGIAN-1

Bismillah, setelah tulisan-tulisan saya tentang motivasi di rasa cukup menjadi pondasi bagi sahabat semua terutama yang belum bekerja atau saat ini masih NGANGGUR, saatnya saya menulis mengenai langkah-langkah memulai usaha mandiri yang dapat sahabat lakukan dengan modal minimal.
Syarat utama memulai usaha, selalu saya katakan adalah "JADILAH PEMBUNUH", dengan membunuh sifat Malas, Malu dan Takut dalam diri kita yang menjadi blok/penghalang dalam memulai bisnis bahkan kesuksekan kita. 
Mari kita mulai dengan berbisnis favorit saya yaitu HOME CAR WASH. 


Step-1, Bunuhlah sifat Malas dengan merutinkan bangun subuh, lalu shalatlah berjamaah di Mesjid, kemudian jangan tidur lagi setelah shalat subuh, tapi isi dengan aktivitas yang bermanfaat. Rutinkan kebiasaan baik ini karena akan menjadi modal paling berharga usaha dan menentukan sukses tidaknya bisnis Home Car Wash anda.


Step-2, Gunakan uang seratus ribu milik anda untuk membeli peralatan usaha Home Car Wash, yaitu:

  • Kain Lap Plass Chamois (umum disebut Kanebo) kualitas baik sekitar Rp. 40,000
  • Ember ukuran sedang sekitar Rp. 15,000
  • Sabun cuci mobil kualitas baik sekitar Rp. 15,000
  • Busa cuci mobil sekitar Rp. 7,500
  • Sikat cuci sekitar Rp. 7,500
  • Semir Ban Mobil sekitar Rp. 10,000
  • Kuas ukuran sedang sekitar Rp. 5,000

Step-3, Silaturahim ke tetangga yang memiliki mobil di lingkungan kita atau komplek terdekat, pilih yang memiliki mobil bagus (he.he.he), hal ini penting untuk menentukan segmentasi konsumen Home Car Wash. Lalu tawarkan jasa cuci mobil di rumah pemilik mobil tersebut dengan waktu layanan yang fleksible, usahakan tawarkan sepagi mungkin bahkan subuh.


Step-4, karena sahabat telah terlatih bangun subuh dalam step-1, maka mulailah melayani customer Home Car Wash pertama anda hasil silaturahim step-3 tadi. Berikan service terbaik dengan mencuci mobil customer anda sepenuh hati, mulai dari eksterior dan interior. Teknik mencuci mobil yang baik silahkan pelajari dengan mengamati proses pencucian di Car Wash yang ada anggap terbaik di kota anda.


Step-5, saat pekerjaan mencuci selesai, serahkan besaran tarif kepada customer, Insya Allah pengalaman beberapa peserta pelatihan Klinik Bisnis atau sahabat-sahabat yang mempraktekan usaha ini, pembayaran dari customer tidak kurang dari Rp. 50,000, lebih besar dari tarif car wash pasaran bukan? Itulah yang disebut "Power of Silaturahim" dengan pengerjaan dari hati, Insya Allah akan terlihat dan mengena di hati customer kita.


Step-5, Saat pelanggan Home Car Wash, sudah tidak tertangani oleh kita sendiri, saatnya merekrut tenaga kerja untuk melayani customer baru yang terus bertambah. Latih karyawan anda untuk menjaga standard pelayanan yang sama jasa Home Car Wash kita.


Step-6, Saving sisa pendapatan usaha Home Car Wash anda, lalu gunakan untuk uang muka kredit dan biaya modifikasi motor untuk memperluas jasa Home Car Wash anda, buat dan sebarlah flyer untuk mempromosikan, jangan lupa cantumkan hotline nomor telepon untuk melayani pesanan dan panggilan dari customer.


Bila step-step di atas sabahat lakukan secara benar dan konsisten, Insya Allah dalam waktu kurang satu tahun anda sudah menjadi JURAGAN HOME CAR WASH, dengan pekerjaan memange karyawan yang anda miliki.


Selamat Mencoba....... Barokallah Sukses......


Budi Cahyadi

4 comments:

  1. Mantafff!
    bgmn ketika rasa malu (gensi)itu muncul?

    ReplyDelete
  2. Pengasuh Klinik BisnisNovember 23, 2011 at 8:17 PM

    Di bunuh saja, lama2 akan hilang sendiri seiring waktu & seringnya kita berinteraksi. Malu tdk bisa buat beli makanan atau biaya anak sekolah kita bukan?

    ReplyDelete
  3. kalau cewek yg mau bkn usaha, gmn mas?
    bgusna opo??

    ReplyDelete
  4. Pengasuh Klinik BisnisNovember 28, 2011 at 8:29 AM

    Sdri Kartika, silahkan baca bagian 2, cocok juga utk perempuan, ikuti terus bagian2 selanjutnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ akan banyak peluang bisnis bagi semua, sukses

    ReplyDelete

Entri Populer