Tuesday, November 18, 2014

MEMASARKAN USAHA LEMBAGA PENDIDIKAN



Picture Property: www.tribologyindia.org
Tanya:
Salam sejahtera selalu buat bapak dan keluarga.
Mohon konsultasi bagaimana cara memasarkan Lembaga Pendidikan Komputer, Akuntasi dan Bahasa Inggris.

Samsuri
Via email budicahyadi.bucah@gmail.com

Jawab:
Sdr. Samsuri semoga anda dan keluarga sukses selalu. Berikut saran saya tahapan membangun dan mempromosikan Lembaga Pendidikan Komputer, Akuntansi dan Bahasa Inggris anda.


Produk Yang Spesifik
  1. Pilihlah jurusan atau aplikasi spesifik untuk pendidikan komputer anda yang dan jarang dikuasai banyak orang misal Autocad, Coreldraw, Photoshop untuk tenaga Desain Grafis, pemograman Visual Basic, Java, PHP Web development untuk tenaga Programer atau sekalian Computer For Kids. Akan sulit bila anda membuka kursus komputer dengan aplikasi umum yang semua orang biasa menggunakan, anak-anak saya pun sudah pinter menggunakan Windows MS Word, Excel, Power Point.
  2. Fenomena menarik dari angkatan kerja lulusan Akuntansi saat ini umumnya IPK besar tapi pengetahuan dan skillnya mengkhawatirkan berbeda dengan zaman saya untuk mencapai IPK 2,75 saja sulitnya setengah mati. Kondisi ini saya alami dengan sulitnya mendapat karyawan lulusan Akuntansi yang bisa memecahkan soal Basic Accounting dari perusahaan saya. Fenomena ini bisa dimanfaatkan oleh anda dengan menawarkan kursus Akuntansi Terapan untuk keperluan perusahaan skala Small Medium Entreprise (SME) yang masih banyak manual pembukuannya untuk anda tawarkan jasa pelatihan Akuntansi tersebut. Anda harus memiliki pengajar Akuntansi yang Aplikatif dengan Metode yang Menarik sehingga orang awampun senang belajarnya dan mudah memahami serta mengimplementasikannya dalam pekerjaan. Akan lebih menjual bila ditambahkan dengan pelatihan pajak yang semua perusahaan memerlukannya.
  3. Anda harus memiliki Tagline dan Goals yang jelas dari kursus bahasa inggris anda, Misal 10 Hari Bisa Cas Cis Cus Inggris, Dengan era globalisasi dunia saat ini, conversation menjadi skill terpenting dan paling menjual untuk sebuah kursus bahasa inggris, itulah tantangan anda untuk menghadirkan pengajar yang menguasai metode yang menarik dan mudah bagi peserta mahir conversation.
Segmentasi Target Konsumen 
Segmentasi sangat penting dalam meraih konsumen, yaitu strategi cara menentukan target konsumen sebuah produk. Bidiklah segmentasi yang tepat dari produk lembaga pendidikan anda, sebagai berikut:
  1. Tawarkan kepada calon konsumen bahwa lulusan kursus dari lembaga anda akan disalurkan kepada perusahaan-perusahaan yang pada era digital dan globalisasi saat ini membutuhkan SDM dengan skill komputer, Akuntansi dan bahasa Inggris spesifik tersebut.
  2. Tawarkan kerjasama kepada perusahaan-perusahaan untuk menyediakan SDM bagi yang memerlukannya dengan keahlihan spesifik Komputer, Akuntansi dan Bahasa Inggris sesuai yang anda buka. 
  3. Anda bisa mencoba menawarkan kerjasama dengan sekolah umum yang belum memiliki  kurikulum pendidikan komputer yang spesifikasi milik anda. Sebagai contoh teman saya pemilik kursus Robotik sebelum booming saat ini menawarkan kepada SD dan SMP untuk menjadikan Robotik sebagai salah satu kegiatan extra kulikuler resmi sekolah dan sukses bekerjasama hampir sebagian besar SD, SMP di kota Bandung baik negeri maupun swasta.

Kebijakan Harga Yang Kompetitif
Harga akan sangat menentukan apakah produk kursus anda diminati atau tidak, saran saya lebih baik ambil margin yang tidak terlalu tinggi untuk awal-awal penawaran produk kursus anda, perbaiki sarana kursus yang anda miliki misalnya tempat yang nyaman, pengajar yang kompeten dan sarana yang lengkap. Bila konsumen pelanggan sudah mulai banyak dan lembaga pendidikan anda semakin dikenal karena memang berkualitas, menaikan harga tidaklah sulit untuk anda lakukan tanpa khawatir kehilangan pelanggan. 

Promosi Yang Tepat Sesuai Segmentasi
  1. Rancanglah media promosi yang cocok dengan produk spesifik yang anda buat dengan segmentasi konsumen target anda, misalnya bila anda membuat spanduk selain desain yang menarik dan jelas, tempatkan di lokasi-lokasi yang menjadi kerumuman target konsumen.
  2. Bila anda hendak menawarkan ke perusahaan-perusahaan perihal kursus dan penyedia SDM dengan skill spesifik dari lembaga anda, buatlah surat penawaran dengan menyertakan company profile lembaga anda disertai poin-poin penawaran menarik anda.
  3. Buatlah website atau blog serta akun di media social seperti twitter, Facebook, Linkedin dan lain-lain. Rajinlah memposting informasi terkait lembaga pendidikan anda, upload foto-foto terkait menyenangkannya kegiatan di lembaga pendidikan anda, mintalah para peserta kursus ikut menyebarkan melalui akun medsoc yang mereka miliki.
Demikian jawaban sederhana saya, selamat berjuang, semoga sukses..

Hormat Saya

Budi Cahyadi
Support by:
Perlu Furniture Sekolah? www.dapurmodern.net, Juara Desain, Kualitas & Harganya

Kirimkan Pertanyaan/Konsultasi Anda melalui:
e-mail : budicahyadi.bucah@gmail.com
Whatsapp: +628122193914
BBM: Pin 7E619333

1 comment:

  1. Menarik sekali apa yang telah dijabarkan diatas. Bisa juga di terapkan untuk memasarkan office space..

    ReplyDelete

Entri Populer